Bahasa Jerman

Ta’aruf dulu dengan bahasa Jerman yuuu!

Ta’aruf dulu dengan bahasa Jerman yuuu!

Part #1

Hallo alle Freunde! Wie get’s heute  temen-temen Jerman semuanya? Kenalin, Aku Indri Anisamitri dari jurusan Sastra Jerman, Universitas Padjadjaran, angkatan 2017 ?. Kalau ditanya kenapa ambil Sastra Jerman, aku biasanya jawab simple aja, walaupun sebenernya banyak sekali alasan yang menyebabkan aku memilih jurusan Sastra Jerman sebagai jalan ku untuk mendapat gelar S.Hum (Amin Ya Rabbal’alamin)..  mungkin aku ga bakal basa-basi lagi tentang perihal pribadi aku sendiri, sekarang langsung aja aku beri tajuk artikel pertama ini dengan …

Ta’aruf dulu dengan bahasa Jerman yuuu!

Supaya temen-temen terbayang dan lebih kenal dengan jurusan Bahasa dan Sastra Jerman, di laman ini Mimin akan kasih hadiah indah buat temen-temen semua yang tertarik di dunia yang bernuansa Ke-Jermanan. Berhubung ini tulisan pertama Mimin, jadi Mimin mau cerita dulu nih gimana sih bahasa jerman itu? Sulit  nggak sih belajar bahasa Jerman? apa sih perbedaan bahasa Jerman dengan bahasa lainnya? Dan kenapa kita perlu kenal dan paham bahasa asing terutama bahasa Jerman ?. Mimin akan jawab semua pertanyaan itu berdasarkan pengalaman Mimin yaaa ? Mimin akan menjawabnya secara rangkum aja, bahasa Jerman itu asyik dan seru, karena ternyata bahasa Jerman membuka wawasan logika kita, bahwasanya tak hanya kehidupan manusia saja yang yang dituntut berubah, tetapi juga bahasa alias media komunikasinya juga berubah, maksudnya apa? nanti Mimin akan jelaskan.. kalo masalah sulit ato mudahnya Mimin kembalikan kepada pribadi yang bersangkutan, kalo niat belajarnya memang bener dan nggak males-malesan Insyaallah Allah akan mudahkan… dan semua akan berasa menyenangkan, tapi ingat jangan lupa tanamkan semangat yang kuat dan bilang ke diri kita terlebih dahulu bahwa “saya belajar bahasa Jerman itu bukan hanya sekedar mendapatkan ilmu semata, tapi jauh dari hal tersebut yaitu mendapatkan keberkahan dari-Nya”. Untuk perbedaannya bahasa Jerman dengan bahasa lainnya, menurut Mimin buat huruf ato abjad bahasa Jerman itu sendiri tak jauh berbeda dengan Indonesia dan Inggris, karena alfabet yang digunakan sama seperti huruf Indonesia yaitu huruf Latin,  tapi ada huruf-huruf yang memang khusus, hanya ada dalam bahasa Jerman itu sendiri seperti : ä, ö, ü, dan ß. Dan untuk pengucapan (die Aussprache) hurufnya bahasa jerman hampir sama dengan bahasa kita Indonesia, apa yang tertulis itu yang dibaca kecuali ada beberapa huruf yang saling berdekatan contoh (zum Beipiel) : huruf “ei” maka dibaca “ai” seperti angka 1 (ditulis eins, dibaca ains). Untuk kata kerja  ato jenis kata (Wort Klasse) lainnya (kata kerja, preposisi, personal pronomen (kata ganti), numeral, adjektiva dll)  dalam bahasa Jerman memang unik dan Mimin merasa dan menganggap mereka seperti “Bunglon” ? kenapa? Karena semuanya akan berubah tergantung  pada subjek dan kondisi (kasus) tertentu. Dan yang paling BEDA adalah kata benda (nomen) dalam bahasa Jerman memiliki jenis kelamin (die  der das), makin penasarankan? . Untuk pemahaman lebih lanjutnya Mimin akan bahas  pada laman berikutnya yaaa. Sabar semua akan indah pada waktunya heheheee ?, kemudian jawaban yang terahir, Mimin merasa belajar bahasa asing penting sekali, apalagi di zaman yang penuh dengan perkembangan dalam segala aspek kehidupan semakin pesat dan tak bisa dielakkan lagi, ada baiknya kita sebagai generasi milenial bisa berkomunikasi, tak sekedar fasih dalam bahasa tanah air kita saja, tapi juga bahasa asing, khususnya bahasa Jerman. Apalagi Indonesia adalah negara yang banyak menjalin bekerja sama dengan perusahaan luar negeri ato menjalin hubungan bilateral dengan jerman diantaranya di bidang industri, perekonomian, teknologi, pendididikan, dan lain sebagainya. Jadi kita dituntut tak hanya fasih berbahsa Indonesia ato bisa bahasa Inggris aja, tetapi mampu berbahasa asing selain itu. Nah, kali ini Mimin mengajak temen-temen semua untuk belajar dan mengenal lebih tentang bahasa, budaya dan sastra Jerman bareng nih, belajar dengan tenang, gamblang dan berasa gampang. Bagi temen-temen yang masih ada pertanyaan silakan klik di kolom komentar dibawah yaaa.  Untuk menjawab rasa penasaran gimana rasanya belajar bahasa jerman, temen-temen jangan lupa selalu cek tulisan selanjutnya yaaa..

Semoga bermanfaat, tschüss buat temen lovers Jerman semuanya…

Vielen Dank alle zusammen…

 

ig : @indrianisamitri

e-mail : indrikiting2016@gmail.com

 

Kode Konten : KL029

 

Komen dibawah! 3

  1. al

    Halo kak, pertama-tama, aku baru baca tulisan kakak yang ini; terima kasih tulisannya. Jadi, aku bisa belajar bahasa Jerman juga secara enggak langsung. Rencananya, aku mau milih jurusan sastra Jerman Unpad di SBMPTN nanti walau belum yakin di pilihan pertama atau ke-2 soalnya aku masih bingung karena aku bener-bener cuma tau bahasa Jerman secara dasarnya aja. Kira-kira ada enggak sih, teman seangkatan kakak yang kuliah sastra Jerman tapi kondisinya kemungkinan sama kayak aku (belum bener-bener paham bahasa Jerman) dan menurut kakak apa bisa aku survive di perkuliahan nanti? Makasih sudah membaca maupun menjawab pertanyaan aku ya kak, sehat selalu, semoga lancar terus perkuliahannya!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *