IAIN, Pendidikan Fisika

Tadris/Pendidikan Fisika IAIN Batusangkar (Intan)

Tadris/Pendidikan Fisika IAIN Batusangkar (Intan)

Halo sobat intipers! Aku Intan Yolanda Prasita dari jurusan Tadris/Pendidikan FisikaIAIN Batusangkar angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Tadris/Pendidikan Fisika IAIN Batusangkar itu seperti apa?

Jadi untuk Tadris Fisika itu sama dengan Pendidikan Fisika, jadi untuk kampus kampus berbasis Islamseperti UIN, IAIN, atau STAIN, itu dikenal dengan Tadris/Pendidikan. Pendidikan Fisika sendiri itu merupakan salah satu jurusan dimana kita tidak hanya mempelajari ilmu-ilmu fisika saja, tetapi kita juga mempelajari metode-metode pembelajaran yang efektif, yang nantinya bisa diterapkan di dunia pendidikan dan pengajaran.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Dalam jurusan Fisika ini banyak sekali asumsi dan stigma yang beredar terutama di kaangan siswa yang akan mengikuti dunia perkuliahan. Banyak yang bilang kalau Fisika itu sulit, Fisika itu menghafal rumus, apalagi kalau untuk pendidikan itu nantinya hanya fokus prospek kerjanya menjadi guru. Sebenarnya untuk fisika sendiri itu tidak sesulit yang dibayangkan, dan untuk Fisika itu tidak menghafal rumus, tetapi kita diminta untuk memahami konsep-konsep fisika, dimana konsep-konsep fisika itu antara materi yang satu dengan materi yang lain itu saling berkaitan. Pendidikan Fisika sendiri itu prospeknya tidak hanya menjadi guru saja. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Tadris/Pendidikan Fisika IAIN Batusangkar?

Waktu aku masih SMP itu aku sangat suka sekali dengan mata pelajaran IPA, Matematika. Nah pas udah masuk SMA itu kan IPA udah ada pembagiannya. IPA ada Fisika, Kimia, Biologi, sama Matematika Peminatan. Aku lebih suka menghitung gitu, sama mempelajari tentang gerak benda, Sains bumi dan antariksa. Itu bagian dari fisika yang aku sukai. Aku paling gak suka menghafal. Menghafal itu sulit sekali, aku lebih suka konsep. Di fisika itu kita tidak hanya berhitung aja, kita juga harus paham dengan konsepnya. Fisika itu sangat menantang, jadi ketika kita tidak menemukan satu persoalan, kita bisa mencari sumber, bertanya ke teman, atau bertanya ke dosen. Maka itulah aku sangat suka sekali dengan fisika. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Di jurusan pendidikan fisika ini untuk tahun pertama, mata kuliahnya mata kuliah umum. Seperti Bahasa Indonesia, PKN, atau mata kuliah yang berhubungan dengan jurusan kita. Tahun pertama mata kuliah yang dipelajari adalah Fisika dasar 1 dan 2. Selain kita mempelajari mata kuliah yang berhubungan dengan jurusan. Karena kita adalah pendidikan, jadi kemarin aku juga belajar tentang mata kuliah kependidikan. Seperti ilmu pendidikan, perkembangan peserta didik, psikologi pendidikan, dan ada juga bimbingan dan konseling pendidikan. 

Jadi seorang calon pendidik itu tidak hanya bisa memahami konsep fisika saja. Kita juga memahami kondisi peserta didiknya beserta perkembanganya. Lalu memecahkan solusi-solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh peserta didiknya. Seorang guru juga harus bisa mengatur dan memanajemen kelas dan sistem pembelajaran dengan baik.

Slide1

Pada saat tahun pertama kuliah, aku juga belajar tentang biologi dan kimia dasar. Sebenernya kan itu fisika tidak hanya di SMA saja, tapi di SMP juga ada. Fisika belajarnya hanya biologi dan kimia yang dasar-dasarnya saja, tidak sedalam dari yang dipelajari oleh jurusan yang bersangkutan. Karena kampus Islam, jadi kita juga belajar tentang mata kuliah Islam. Seperti Al-Quran hadits, Aqidah akhlak, Ilmu tafsir, dan Ilmu fiqih, tapi itu nanti di semester atas, di tahun ketiga atau keempat. 

Mata kuliah fisika itu ada fisika modern, fisika matematika. Di fisika matematika itu kita harus paham dulu kalkulus. Jadi di semester satuitu kita ada belajar kalkulus. Nah kalkulus itu sama dengan matematika waktu kita SMA, tetapi dengan pemahaman materi yang lebih tinggi. Setelah kita paham dengan kalkulus, jadi ada prasyaratnya baru kita bisa ambil fisika matematika. Untuk fisika matematika ada dua, ada fisika matematika satu dan dua. 

Praktikum di Tadris/Pendidikan Fisika IAIN Batusangkar

Karena jurusan aku itu termasuk MIPA, jadi ada praktikumnya juga. Praktikumnya itu ada praktikum fisika dasar, elektronika, alat ukur listrik. Bagian dari praktikum yang paling berkesan buat aku itu adalah praktikum fisika dasar. Dalam praktikum itu, kita ada enam materi dalam satu semester. Jadi satu materi satu minggu praktikumnya. Sebelum praktikum, kita diminta untuk mempersiapkan materi-materi laporan awal seperti prosedur, tata cara, terus juga tujuan dari praktikum tersebut. 

Praktikum yang paling berkesan buat aku itu adalah praktikum viskositas. Jadi kita membuktikan nilai koefisien viskositas, kemudian membuktikan tetapan gravitasi itu 10m/s2. Kemarin waktu praktikum viskositas itu jadi kan ada dua tabung cairan gitu, karena di kelompok itu tangan aku paling kecil, jadi aku yang masukin bola kelereng itu kedalam cairan gliserin sama oli. Dalam praktikum viskositas ini juga laporannya yang paling banyak, jadi tiga kali lebih tebal dari laporan praktikum lainnya, dan pengolahan datanya juga banyak. 

Disaat ujian praktikum itu kita sendiri, kalau praktikum kan biasanya rame-rame sama temen-temen kelompok, tapi kalau ujian praktikum kita sendiri. Jadi kalau ada enam materi dalam satu semester itu, kita harus paham semuanya dari mulai prosedurnya, tata caranya, pengolahan datanya, sampai analisis datanya. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk di IAIN Batusangkar ini tidak ada konsentrasi atau kelompok keahlian karena memang fokusnya pada prospek pendidikan dan pengajaran. 

Ada tips buat mahasiswa baru Tadris/Pendidikan Fisika IAIN Batusangkar?

Buat temen-temen Intip Kuliah, dan ade-ade yang mau masuk ke jurusan fisika, atau mahasiswa baru yang baru kuliah di jurusan pendidikan fisika. Fisika itu yang pertama kali jangan anggap fisika itu suatu hal yang sulit, jadi anggaplah fisika itu menyenangkan, dan ketika kita senang, nanti kita akan ikhlas mempelajari mata kuliah dan belajar di jurusan fisika. Kedua, jangan menghafal rumus, kebanyakan paradigma itu banyak yang menghafal rumus. Kadang dosen gak mau menghafal rumus, tapi asal rumusnya itu gimana, jadi pahamilah konsep fisika, baru pahami bagaimana penjabaran rumusnya, dan juga di fisika ini kita dibutuhkan ketelitian dan ketekunan. Karena pada saat penyelesaian soal fisika, dibagian pertama sudah salah, berarti bagian seterusya akan salah. Jadilah orang yang teliti, tekun, karena fisika itu tidak bisa sekali langsung mengerti, tapi kita harus latihan yang banyak. Jadi perbanyak latihan, pelajari juga buku-buku sumber, dan banyak bertanya dari senior-senior yang lebih dulu berpengalaman di jurusan fisika. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Terutama belajar dengan senior itu kita paling butuhkan adalah pada saat kita praktikum, karena kadang dari asdos sendiri kita tidak mengerti langsung dengan apa pengolahan data, dengan saran-saran dari asdos kita gak langsung paham. jadi harus banyak bertanya dengan senior, terus pelajari juga buku-buku senior, jadi kita bisa rajin untuk bertanya. 

Keg Sapa Maba Jurusan T. Fisika tahun 2019

Keg Sapa Maba Jurusan T. Fisika tahun 2019

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk jurusan Pendidikan Fisika ini, kita tidak hanya jadi guru, jadi teman-teman bisa jadi laboran, peneliti, ataupun buka bimbel. Banyak dari tenaga pendidikan memilih untuk melanjutkan membuka bimbel, selain mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, teman-teman juga bisa membuka lapangan kerja bagi teman-teman yang lain. 

Kode konten: C329

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *