Pendidikan Matematika

Tadris Matematika IAIN Lhokseumawe (Suhaimi)

Tadris Matematika IAIN Lhokseumawe (Suhaimi)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halo semuanya. Perkenalkan nama saya Suhaimi Zefri Lubis. Saya seorang mahasiswa dari kampus pulau barat Indonesia yaitu IAIN Lhokseumawe Aceh dengan jurusan Tadris Matematika. Panggilan popular saya dikampus yaitu Zefri kalian dapat memanggilku dengan sebutan tersebut. Saya akan menceritakan mengenai perkuliahan saya dijurusan Tadris Matematika dan saat ini saya sedang menempuh dijenjang semester 4. Simak baik-baik ya teman-teman!

Apa si jurusan Tadris Matematika itu?

Tadris Matematika merupakan salah satu program studi dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Kompetensi utama lulusan yang diharapkan adalah untuk menghasilkan pendidik pada mata pelajaran matematika di tingkat MTs/SMP dan MA/SMA/SMK yang berkepribadian baik.

Dan fokus pada penyiapan tenaga ahli dan terampil sebagai guru Matematika, dengan kekhususan sebagai pendidik yang mempunyai berbagai keterampilan khusus sebagaimana tertuang dalam struktrur kurikulum Program Studi Tadris Matematika. Nah dijurusan ini apalagi diPTKIN terdapat perbedaan dengan jurusan Matematika dikampus umum, selain mempelajari seluruh mata kuliah yang berkaitan dengan Matematika, juga disuguhi mata kuliah keislaman seperti ilmu Al-Qur’an dan tafsir, hadis, fiqih, dan pelajaran lain yang bernafaskan Islam. Disinilah keuntunganny kuliah diPTKIN selain ilmu umum kita juga mendapatkan ilmu agamanya.

Mata Kuliah, Tugas, dan Dosen Favorit

Setiap semester dimasa perkuliahan banyak perbedaan yang disuguhi baik dari mata kuliah, tugas, dan bahkan dosen-dosen pengampu disetiap masing-masing mata kuliah yang diambil.

  • Mata Kuliah dijurusan Tadris Matematika

Seperti yang penulis untaikan diatas selain mata kuliah yang berkaitan dengan Matematika, diPTKIN banyak menyuguhkan mata kuliah Islam. Dijurusan Matematika adapun mata kuliah yang dipelajari seperti, aljabar elementer dan linear, program linear, statistika, kalkulus, geometri, analisis real, teori bilangan dan lain-lain. Tentu bagi kita yang suka sekali dengan matematika akan semakin penasaran ternyata matematika banyak seluk-beluknya, selain itu matematika bukan hanya mengajarkan ilmu hitung-hitung saja, ini yang harus diperhatikan, banyak orang-orang yang menganggap matematika itu sulit karena rumit dengan perhitungannya, padahal bagi kita yang mengerti dan sebagaimana yang diketahui matematika bukan hanya ilmu hitung-hitungan semata. Melainkan matematika adalah ilmu pengetahuan dengan penalaran deduktif mengandalkan logika dalam meyakinkan akan kebenaran suatu pernyataan. Faktor intuisi dan pola berpikir induktif banyak berperan pada proses awal dalam merumuskan suatu konjektur (conjecture) yaitu dugaan awal dalam matematika.

Proses penemuan dalam matematika dimulai dengan pencarian pola dan struktur, contoh kasus dan objek matematika lainnya. Selanjutnya semua informasi dan fakta yang terkumpul secara individual ini dibangun suatu koherensi untuk kemudian disusun suatu konjektur. Setelah konjektur dapat dibuktikan kebenarannya atau ketidakbenarannya maka selanjutnya ia menjadi suatu teorema. Sungguh luar biasa bukan? dalam matematika kita juga bisa menunjukkan bukti sebagai argument yang logis dengan menjelaskan kebenaran suatu pernyataan.

  • Mata Kuliah Paling Menantang!!!

Geometri Euclid, sejuta pembahasan mengenai pembuktian disuguhkan pada mata kuliah ini, ini menurut saya pribadi adalah mata kuliah paling menantang, mengapa demikian? Kita sama sekali tidak belajar hitung-menghitung seperti mata kuliah matematika lainnya melainkan membuktikan banyak teorema.

Disini saya mulai berpikir mengapa kita perlu membuktikan? Didalam matematika, bukti adalah serangkaian argument logis yang menjelaskan kebenaran suatu pernyataan. Argumen-argumen ini dpat berasal dari premis pernyataan itu sendiri, teorema-teorema, definisi dan akhirnya dapat berasal dari postulat dimana sistem matematika tersebut berasal. Yang dimakasud logis disini adalah semua langkah pada setiap argument harus dijustifikasi oleh langkah sebelumnya. Jadi kebenaran semua premis pada setiap deduksi sudah dibuktikan atau diberikan sebagai asumsi.

  • Tugas

Untuk tugas dijurusan matematika ini tidak jauh beda dengan jurusan lainnya. Hanya saja proses pengerjaan dan prosedur yang berbeda dalam mengerjakan/menyelesaikan. Kita banyak mendapatkan tugas dengan berbagai macam soal-soal. Dan mata kuliah statistika kita juga ada praktikum yaitu dengan mengaplikasikan statisika dalam penggunaan excel.

  • Dosen Favorit

Dikampus saya sendiri yaitu IAIN Lhokseumawe, di jurusan matematika banyak dosen baik master maupun doktor lulusan universitas baik dalam maupun luar negeri. Jadi banyak pengalaman dan ilmu yang bisa didapatkan dari mereka. Jangan berpikir dosen matematika semua killer. Ada kok dosen matematika dikampus kami yang bisa dibilang dosen paling asyik banget. Beliau adalah dosen pengampu mata kuliah kalkulus, cara beliau mengajar dikelas serius, santai dan asyik, beliau bisa menjadi teman bagi kami. Nah, asyik tidak? Jadi jangan berpikir semua dosen matematika itu killer/galak semua ya kawan-kawan.

Tips dan Tantangan dijurusan Tadris Matematika

Bagi kalian calon mahasiswa/mahasiswa baru dijurusan ini kalian harus benar-benar ekstra ketika belajar mengenai semua konsep matematika. Di perguruan tinggi ini kalian dituntut untuk aktif, kerja keras dan pantang menyerah. Kalian harus bisa yakin dengan pilihan kalian. Jika hati kalian sudah memantapkan pilihan dijurusan ini, maka semangatlah untuk terus berjuang. Ingatlah disetiap semester nantinya kalian akan diwarnai berbagai tantangan baik perihal akademik dan perihal kepribadian kalian sendiri. Maka dari itu teruslah berusaha untuk belajar dan jangan lupa juga selalu untuk berdoa. Berikut ini beberapa tips agar kuliahmu lancar dan luar biasa manfaatnya:

  • Niat dan semangat yang tinggi

Yang paling utama adalah tekadkan dan mantapkan niat kalian jika memang berkuliah dijurusan Matematika, ingatlah semua yang akan kita jalani nanti berawal dari niat dan hati kita, jika suatu perkara yang kita jalani tidak sesuai dengan hati kita, bagaimana kita bisa menjalaninya dengan mudah? Jadi orang yang kuat pendirian dan berkomitmenlah terhadap pilihanmu, satu hal yang perlu diingat kembali, kita harus menunjukkan totalitas kita dengan penuh semangat jika tidak bersemangat? Bagaimana kita bisa bergairah? Maka dari itu bersemangatlah ingat akan impian kita, niatkan semua demi meraih ridha Allah dan membahagiakan keluarga kita terutama sebagai kado kesuksesan untuk kedua orangtua yang kita cintai.

  • Change your mindset

Kita sudah menjadi mahasiswa lo teman-teman, bukan anak kecil yang berbuat suka-suka dan tidak memikirkan apa konsekuensinya kedepan. Banyak orang-orang diluar sana yang menganggap Matematika itu adalah jurusan yang sulit, sehingga menghambat perkuliahn sampai terlambat lulus, bahkan gagal lulus (DO)? Sungguh miris bukan, tapi perlu kalian ingat teman-teman buanglah jauh-jauh semua perkara buruk itu dari pikiran kalian, jadilah mahasiswa yang selalu menerapkan positif thinking ini berguna untuk kita selalu siap menghadapi segala situasi dengan kepala dingin dan mudah dalam menemukan solusi dari permasalahan yang kita hadapi.

  • Knowing your purpose

Kuliah tapi tidak tahu harus apa? Ada tidak kira-kira mahasiswa seperti ini? Ada dan bahkan banyak! Kuliah tidak tahu tujuannya apa hanya sekedar ikut-ikutan demi status sosialitas agar terpandang. Ini harus kamu pikirkan baik-baik sebelum kamu ingin melanjutkan studimu kejenjang kuliah, kamu harus mengerti tujuanmu berkuliah itu apa, kamu harus apa ketika kuliah nanti, dan apa rencanamu setelah lulus kuliah nanti, semuanya harus ada plan supaya kamu semakin mengerti dan bersemangat dalam menjalani hari-hari kuliahmu, ingatlah awal kesuksesan berawal dari sebuah rencana yang matang.

  • Belajar

Ini adalah senjata ampuh yang kamu jadikan sebagai perisai kamu dalam medan perang perkuliahanmu, kamu harus bisa mengolah waktumu baik-baik untuk belajar dengan fokus, jadilah mahasiswa yang giat, gigih, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, merasa tidak puas akan ilmu yang sudah didapatkan sehingga haus ilmu dan selalu mau untuk belajar.

  • Ikut Organisasi dan Program Beasiswa

Nah, ini adalah hal lain yang perlu kamu ingat sebagai mahasiswa, kamu dituntut juga untuk tidak belajar dibidang akademismu saja, tetapi kamu harus bisa belajar melatih jiwa bersosialmu, menunjukkan dan mengasah potensi bakat dan minat kamu, dimana bisa kamu dapatkan? Ikutlah organisasi dikampusmu setiap perguruan tinggi banyak menyuguhkan berbagai macam organisasi seperti UKM, BEM, dan organisasi lainnya.

Selain itu, banyak juga program beasiswa yang dibuka dari berbagai instansi yang bekerja sama dengan kampusmu. Kamu bisa ikut dan cari pengalaman sebanyak-banyaknya dengan begitu kamu memiliki relasi dengan koneksi yang kuat, dan berpengaruh terhadap prospek kamu setelah lulus kuliah nanti.

  • Doa

Ingatlah semua perjuangan harus disertai dengan doa, kamu juga harus rajin beribadah agar segala proses perkuliahan kamu dilancarkan oleh Allah SWT.

Prospek Kerja Jurusan Tadris Matematika

Adapun prospek kerja lulusan Tadris Matematika antara lain: bank, guru, pns, perusahaan swasta, institusi pemerintah, dosen, peneliti, akademisi, dan pengusaha, dana banyak dibidang-bidang lainnya. Matematika merupakan tenaga ahli yang paling banyak dibutuhkan. Sebagian besar alumni kami saat ini ada yang bekerja sebagai dosen, bank, guru, pns, dan pengusaha.

Rencana Studi Setelah Lulus?

Mengenai rencana saya setelah lulus jadi sarjana nantinya saya ingin terus melanjutkan dijenjang S2 . Karena impian/cita-cita saya ingin menjadi soreang dosen Matematika. Insya Allah, semoga Allah selalu mencurahkan rezeki selalu kepada saya dan senantiasa mampu untuk melanjutkan studi saya sampai jenjang yang tinggi dibidang Matematika.

Kode Konten: X222

Komen dibawah! 1

  1. Zia Nurmaulidah

    Kak tolong kasih tau materi materi pas awal masuk kuliah, saya ingin memanfaatkan waktu untuk belajar sebelum menjadi mahasiswa tadris matematika

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *