Teknik Alat Berat

Teknik Alat Berat Politeknik TEDC Bandung (Jhon)

Teknik Alat Berat Politeknik TEDC Bandung (Jhon)

Halo intipers. Perkenalkan nama saya Jhon Hendrawan. Saya mahasiswa jurusan Teknik Alat Berat Politeknik Tedc Bandung angkatan 2019. Disini saya akan membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui di jurusan Teknik Alat Berat. Yuk teman teman, simak pengalaman saya.

Oh iya bagi teman teman yang mau bertanya seputar jurusan alat berat di Indonesia terkhususnya di kampus saya Politeknik Tedc Bandung bisa komen dibawah artikel ini. Nanti akan saya balas satu persatu dan jawabannya akan masuk ke email kalian. Pastikan kalian baca artikel ini terlebih dahulu sebelum anda bertanya.

Gambaran Besar Jurusan Teknik Alat Berat Politeknik TEDC Bandung

Teknik alat berat adalah jurusan yang mempelajari mesin mesin berat/besar dalam kegiatan kontruksi. Mesin-mesin berat/besar disini yang dimaksud excavator,bulldozer,grader,wheel loader,forklift,dan sebagainya. Dalam program studi ini, kalian akan mempelajari teknik perancangan dan produksi alat berat, serta metode perawatannya. Program studi Teknik Alat Berat sendiri di Indonesia termasuk di kampus saya masih berbasis vokasi dengan jenjang Diploma 3(D3).

promo-web

Sobat intipers! Sebelum saya banyak berbicara mengenai jurusan Teknik Alat berat ada baiknya kalian terlebih dahulu mengenal kampus saya yaitu Politeknik Tedc Bandung. Saya akan memberikan informasi sedikit menganai kampus saya. Politeknik Tedc Bandung adalah Politeknik Swasta yang berada di Jawa Barat tepatnya di kota Bandung.

Pada tahun 2019 kemarin kampus saya berhasil mendapatkan 3 penghargaan sekaligus! Wow keren bukan? Apa aja penghargaannya? Pertama kampus saya mendapatkan predikat perguruan tinggi vokasi terbaik ke-43 di Indonesia. Kedua mendapatkan gelar manajemen inovasi terbaik ke-2 di Indonesia. Ketiga pemeringkatan Klaster penelitian menduduki peringkat Madya. Gimana sobat intipers keren bukan? Meskipun perguruan tinggi tempat saya menempuh pendidikan ini swasta, penghargaannya tidak kalah keren dengan Perguruan Tinggi Negeri.

Kita lanjut ke pembahasan kita sobat intipers, sumber daya alam yang tersedia di Indonesia ini sangatlah berlimpah. Untuk memanfaatkan sumber daya tersebut tentu manusia membutuhkan tenaga yang kuat dan tenaga itu bisa di bantu oleh alat berat. Karena alat berat punya peran penting dalam dunia pertambangan dan konstruksi, kalau kalian ingin masuk ke jurusan Teknik Alat Berat, tidak cukup dengan hanya suka mempelajari matematika dan fisika, kamu juga harus memiliki fisik yang kuat. Tidak heran, jika dibayangkan besarnya komponen komponen mesin alat berat, kan?

Mata kuliah Yang Ada Di Jurusan Teknik Alat Berat Politeknik TEDC Bandung

Matkul di jurusan Teknik Alat Berat sangat lah banyak. Seperti fundamental engine, sistem hidrolik, kelistrikan, pengoprasian alat berat, perawatan mesin, sistem pendingin, sistem penggerak, mekanika fluida dan masih banyak lagi.

Lalu, mata kuliah favorit adalah fundamental engine. Pada mata kuliah ini kita akan belajar mengenai nama nama komponen mesin alat berat. Itu menurut saya sangat penting ketika kita berkuliah di jurusan alat berat. Kita harus mengetahui komponen komponen dari alat berat tersebut.

Mata kuliah favorit saya yang kedua adalah sistem hidrolik. Pada mata kuliah ini kita akan belajar menganai sistem hidrolik pada alat berat. Sistem ini sangat lah penting untuk dikuasai karena hampir semua alat berat menggunakan sistem hidrolik. Pada dasarnya sistem hdirolik merupakan pelajaran yang tergolong dalam katagori sulit karena sebagian mahasiswa sendiri banyak sekali kesulitan untuk mempelajarinya. Tapi jangan takut sobat intipers bukan kah setiap kesulitan bakalan ada jalan keluarnya? Sekedar tips banyak lah membaca materi tentang sistem hidirolik dari berbagai macam sumber. Jika tetap tidak mengerti bisa langsung berkonsultasi langsung dengan dosen apabila masih kesulitan dalam memahaminya.

foto waktu itu saya pelatihan operator di dinas ketenagakerjaan PUPR di Bogor Cileungsi

Tips-tips Untuk Maba Di Jurusan Teknik Alat Berat Politeknik TEDC Bandung

1.Rajin dan Teliti

Kalian para mahasiswa baru harus lah rajin dari awal perkuliahan karena dijurusan alat berat sendiri sangat banyak tugas tugas yang akan diberikan dosen sehingga membutuhkan sikap yang rajin serta teliti agar tidak salah dalam mengerjakan tugas yang banyak diberikan dosen.

2.Senang bekerjasama dengan team

Team disini adalah teman teman kalian yang satu jurusan dengan kalian disini kerjasama sangat lah penting mengingat tugas yang akan diberikan dosen tidak sepenuhnya bakalan ada jawabannya di google kalian harus bertukar pikiran dengan teman kalian bahkan bisa juga dengan kakak tingkat yang sama jurusan nya dengan kalian yang mana mereka jauh lebih berpengalaman dari kalian, dan bukan hanya dalam segi tugas praktikum di alat berat juga biasanya dilakukan perkelompok karena akan tidak mungkin sekali jika kalian mengerjakan praktikum sendirian.

3.Banyak-banyak mencari informasi dan melakukan riset mengenai alat berat

Sebagai mahasiswa jurusan Teknik Alat Berat kalian harus pandai mencari informasi seputar pelajaran kalian karena dosen biasanya tidak akan memberikan sepenuhnya penjelasan mengenai materi kalian, kalian harus pandai mecari informasinya dan banyak melakukan riset mengenai pelajaran kalian.

Prospek Kerja dan Alumni biasa Kerja dimana?

Sepengetahuan saya untuk di kampus saya Politeknik Tedc Bandung, Sebagian besar alumni lulusan jurusan Teknik Alat Berat kebanyakan bekerja di perusahaan Trakindo Indonesia karena kampus Politeknik Tedc Bandung merupakan salah satu kampus di Indonesia yang bekerja sama dengan perusahaan Trakindo Indonesia, Tapi tidak menutup kemungkinan kalian akan bekerja di pertambangan juga seperti alumni juga ada banyak yang bekerja di Kalimantan,sumatra dan bahkan papua di PT Freeport. Yang mana memang teknisi teknisi alat berat sangat dibutuhkan di perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan.

Harapan dan Rencana Setelah Lulus?

Harapan saya ketika lulus saya ingin menjadi seorang lulusan terbaik dari kampus Politeknik Tedc Bandung dan rencana saya kedepannya saya ingin menjadi sebuah pengusaha alat berat di Indonesia dan mendalami lagi pengetahuan tentang alat berat.

Kode konten: X425

Komen dibawah! 5

  1. Tedy

    salam,!!,..mohon pencerahan ,…anak kami kemarin ikut seleksi penerimaan alat berat trakindo hasil test peserta status 1.coop,..2.reguler….3. Failed,…dan anak sy hasil test sy di reguler(tdk masuk ke trakindo)
    pertanyaan nya apakah nanti setelah beres kuliah,..apakah kesempatan karir sy sama besarnya di dunia kerja,..karena anak sy hanya masuk di reguler,.dan apakah praktek & materi pelajaranya disamakan?…mohon penjelasan secara detail,.terimakasih

    • jhonhendrawan

      Hello tedy oke saya akan sedikit menjelaskan iya ada sebagian kampus yang bekerja sama dengan trakindo salah satu nya kampus saya sekarang ini yaitu politeknik tedc bandung,dalam tahapannya mahasiswa akan melewati proses yang namanya falidasi coop dan non coop yang mana jika kita terpilih menjadi mahasiswa yang artinya bahwa kita nanti ketika masuk yang namanya ojt atau bisa disebut praktek kerja lapangan yang mana merupakan syarat lulus maka untuk mahasiswa coop akan praktek langsung di trakindo sedangkan untuk yang reguler diberikan kesempatan memilih tempat praktek selain trakindo bisa magang di perusahaan perusahaan yang memang bergerak di teknik alat berat, sedangkan untuk kesempatan kerja itu sama saja tidak ada yang dibedakan nantinya setelah wisuda berakhir trakindo akan mengadakan tes yang mana itu bisa diikuti oleh semua mahasiswa alat berat baik itu coop maupun non coop jadi peluang kerja sama saja dan sistem pembelajaran sama saja tidak ada yang dibedakan yang membedakan hanyalah tempat praktek saat ojt/magang di dunia industri menurut saya itu saja sih sudah cukup jelas jika memang masih ada yang ditanya kan saya sangat terbuka terima kasih tetap semangat meskipun non coop/reguler karena kerja atau tidaknya kita itu kita sendiri yang menentukan selama masa perkuliahan jadi cukup bersungguh sungguh belajar insha allah nanti ketika trakindo mengadakan tes untuk bekerja bisa masuk dan dinyatakan lulus.semangat !!!

  2. Reen

    Salam maaf saya lagi cari alumni tedc bnadung angktan 2013 TAB.. bisa dibantu ?

  3. hamba allah

    hallo kak sangat menarik

  4. Kadek

    Halo kak, saya mau tanya.
    Dulu saya sekolah jurusan perhotelan, tapi setelah tamat saya lebih berminat ke alat berat. Apakah bisa dari lulusan sekolah perhotelan dan ingin berpindah kuliah ke jurusan alat berat?.
    Terima kasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *