Teknik Bioproses, Universitas Brawijaya

Teknik Bioproses Universitas Brawijaya (Desy)

Teknik Bioproses Universitas Brawijaya (Desy)

Halo sobat intipers! Aku Desy Hani Dhiasari dari Teknik Bioproses Universitas Brawijaya angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini 

Secara umum, jurusan Teknik Bioproses Universitas Brawijaya seperti apa?

Teknik Bioproses itu kalau di luar negeri dikenal dengan Biochemical Engineering. Itu tuh gabungan dari cabang ilmu bioteknologi dan kimia. Kita itu belajar rekayasa genetika dengan agennya itu biologis untuk menghasilkan suatu produk. Dari segi teknik kimianya, bioteknologi itu hasil produknya sangat banyak dan manfaatnya banyak juga. Nah, dengan teknik kimia kita belajar merancang dan konstruksi proses produksi dalam skala yang lebih besar. Secara umum basisnya itu belajar matematika, biologi, kimia dan fisika

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Bioproses Universitas Brawijaya?

Pertama sih ngeliat dari namanya teknologi arena di zaman sekarang teknologi itu sangat penting, apalagi di masa yang akan datang. Terus pas SMA juga saya suka pelajaran biologi dan kimia, setelah mencari lebih dalam ternyata bioproses mendalami biologi dan kimia. Saya juga milih teknik bioproses UB karena jurusan ini ada di bawah naungan fakultas teknologi pertanian, sedangkan Indonesia ini kan kaya akan keanekaragaman hayati apalagi di sektor pertanian yang jadi kebutuhan manusia yang gak pernah habis, apalagi di biang pangan energi terbarukan, biomaterial. Jadi saya melihat prospek ke depannya itu bagus.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kita belajar dari bahan-bahan yang akan kita gunakan, itu ada mata kuliah mikrobiologi umum, bioteknologi, biologi, kimia pangan, dsb. Kalau belajar alur proses kita belajar termodinamika, teknik bioseparasi, teknik reaksi kimia, dsb. Kita juga bealjar merancang alat dan pabrik, dampak untuk lingkungannya seperti apa. Manajemen juga dipelajari.

Teknik bioenergi jadi mata kuliah favoritku, karena mungkin awalnya pengen kerja di bidang energi. Di mata kuliah ini aku belajar tentang bioethanol, biodiesel. Kita juga ada praktikum, kunjungan industri dan pameran.

Praktikumnya itu di lab, biasanya sebelumnya ada tiket masuknya. Kita harus ngerjain soal, ada pre-test baru kita proses di lab, abis itu post test baru laporan praktikum. Di lab kita belajar tentang mesin terus biologi juga pake mikroskop. Favorit itu praktikum biomaterial, itu kita bikin pasti beo-degradable. Kalau kunjungan industri waktu itu kita ke Yakult di Mojokerto dan pabrik rumput laut.

Tugas di jurusan ini tuh banyaknya itu makalah, presentasi gitu. Paling susah sih di pameran, waktu itu kita bikin rancang alat fermentasi itu bioreaktor. Itu jadi project seangkatan.

Teknik Bioproses Universitas Brawijaya

Praktek kerja lapang di kalbe nutritionals mengamati proses produksi salah satunya produk susu bubuk

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Gak ada. Jurusan ini resmi ada di UB tahun 2015, sebelumnya udah ada tapi sebagai peminatan di 2011.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

SNMPTN, SBMPTN sama SM UB. Informasi tentang ujian mandiri bisa cek di selma.ub.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Bioproses Universitas Brawijaya?

Pertama, semangat terus jangan pantang menyerah. Kalau di tengah merasa ada rintangan atau ternyata bukan passionnya, tenang aja karena prospek jurusan ini tuh luas. Kita juga bisa melatih softskill di kegiatan lain seperti organisasi, tapi jangan lupa fokus utama kita itu apa. Jangan takut, mau belajar, mau bersosialisasi, mau berjuang. Pokoknya kakak tingkatnya juga baik-baik kok. Untuk membangkitkan semangat, coba tengok ke belakang gitu proses yang dilalui sudah panjang, masa mau disesali, pokoknya semangat terus.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja dan alumni banyak yang bekerja di industri pangan, kosmetik, energi alternatif dan lingkungan, perusahaan teknik. Banyak yang jadi akademisi juga.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Setelah lulus mau kerja dulu cari pengalaman 2-3 tahun, kalau ada rezeki insya allah lanjut S2.

pek kerja dan alumni banyak yang bekerja di industri pangan, kosmetik, energi alternatif dan lingkungan, perusahaan teknik. Banyak yang jadi akademisi juga.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Setelah lulus mau kerja dulu cari pengalaman 2-3 tahun, kalau ada rezeki insya allah lanjut S2.

Kode konten: C165

Komen dibawah! 12

  1. jasmine

    untuk akreditasi prodi teknologi bioproses UB sendiri masih C, apakah itu berpengaruh terhadap dunia kerja? bisa dong kak sharing setelah lulus (fresh graduate) apply di perusahaan mana? dan apakah biasanya perusahaan itu memandang akreditasi prodi?

  2. Rula Aprillianti

    untuk kebutuhan kaya praktek dan lain-lain, apa biaya yang dibutuhkan atau dikeluarkan tinggi dalam prodi bioproses UB kak?

  3. Sabrina Maharani

    Kak akreditasi Bioproses itu masih C yaa? Atau sudah update? Soalnya dari web itu beda²

  4. shel

    dari website ban-pt nya masih C sampe tgl 2 mei 2022

  5. cindy

    hi ka! boleh tau ngga kak passing grade untuk masuk teknik bioproses di ub itu gmn apa ketat bgt atau kira2 skor min utbknya brp? aku pingin bgt masuk teknologi bioproses ub tp kmrn udah di tolak di snm semoga di sbm bisa lolos minta doanya ya kak:)

  6. seviarulysantika

    untuk akreditasi prodi teknologi bioproses UB sendiri masih C, apakah itu berpengaruh terhadap dunia kerja?
    lalu passing grade untuk masuk teknik bioproses di ub itu gmn apa ketat bgt atau kira2 skor min utbknya brp?

  7. nendra

    akreditasi nya kan masih c ya apakah berpengaruh terhadap dunia kerja? makasii

  8. aisyah

    kak, akreditasi teknologi bioproses UB masih C, apakah pengaruh untuk masuk di dunia kerja?

  9. Mutiara

    untuk akreditasi prodi teknologi bioproses UB masih C, apakah itu berpengaruh terhadap dunia kerja dan kedepannya? kira kira setelah lulus (fresh graduate) bisa apply di perusahaan mana ya kak? dan apakah biasanya perusahaan itu memandang akreditasi prodi?

  10. Maryani

    Akreditasinya msh C apakah nanti lulusannya akan susah mencari kerja?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *