Teknik Biosistem

Teknik Biosistem Institut Teknologi Sumatera (Nurul)

Halo sobat intipers! Aku Nurul Aini dari Teknik Biosistem Institut Teknologi Sumatera angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Biosistem Institut Teknologi Sumatera seperti apa?

Banyak orang-orang yang beranggapan prodi aku tekniknya biologi atau ga ada hitungannya sama sekali, sebenernya di biosistem banyak hitungannya karena hampir 80% mata kuliahnya itu fisika dan matematika. Biosistem ini ilmu keteknikan yang bergerak di bidang pertanian, ada energinya, lingkungan, ada juga biologinya mungkin 20%. Jadi teknik biosistem itu mirip pertanian, cuman lebih ke mekanika, mesin, gimana caranya program pertanian yang berkelanjutan kaya apa. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Biosistem Institut Teknologi Sumatera?

Dulu belum tau tentang biosistem, tapi waktu itu aku pengen teknik yang ga ada fisikanya, berharap kenanya kimia, tapi ternyata salah. Ada sedikit tips buat milih jurusan, kalian cari tahu dulu mereka itu bahas apa sih dan mata kuliahnya terkait apa. Awalnya aku pengen masuk pertanian atau argoteknologi, tapi setelah aku mencari-cari ada teknik biosistem dan langka karena yang punya baru di ITERA aja, aku tertarik, dia itu lulusannya baru sedikit, ya udah deh coba aja. Untuk yang bener-bener biosistem aja baru ada di ITERA aja. Awal-awal aku mikir salah jurusan, ternyata salah besar, karena belum kenal sama prodinya, aku anti fisika, tapi akhirnya karena sering ketemu jadi suka. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada dua mata kuliah khas, namanya hubungan lingkungan makhluk hidup sama dasar-dasar budidaya. Hubungan lingkungan makhluk hidup itu membahas interaksi antara lingkungan dengan manusianya. Dasar-dasar budidaya mempelajari cara menanam, budidaya, jadi selain belajar mekanika dan pertanian, kita tuh kaya membahas tanaman gitu. Ada fun fact sedikit tentang menanam, mungkin orang-orang kaya ngeliat nanem itu gampang, kaya cuman sebar bibitnya, sinar matahari dan di siram, ga semudah itu, kemarin dasar-dasar budidaya ada praktikumnya juga, kemarin aku sempet praktikum nanam kangkung, aku liat temen ku kangkungnya bernutrisi kaya yang di jual di pasaran, tapi ternyata aku yang nanam, kangkung aku kecil, kurus, kuning, jadi menanam itu ga segampang yang kita lihat dan kita kira

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada banyak, mulai dari irigasi, pasca panen, ergonomika, energi terbarukan. Irigasi itu fokus ke pengairannya. Pasca panen kita mikirin dari itu udah di panen umur simpannya berapa lama, pengemasan yang cocok kaya gimana biar bahan pertanian aman dan ga rusak. Kalo ergonomika ngebahas gimana manusia kaitannya dengan sistem, gimana sistem aman di pakai sama manusia. Kalo energi terbarukan apa sih energi yang bisa di perbaharui, contohnya sekam padi mikirnya cuma limbah pertanian dan ga bisa dimanfaatin lagi, tapi ternyata bisa kita alokasiin jadi pembangkit tenaga listrik. Penjurusan di ambil pada semester 5, aku tertarik ke ergonomika.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN, SBMPTN, sama mandiri. Jalur mandiri di ITERA sendiri namanya SMMPTN Barat, diamana mereka cuma bisa ngambil PTN yang bagian barat, kalo punya prestasi bisa banget masuk jalur prestasi. Informasi lebih lanjut bisa di cek di website resminya SMMPTN Barat. Secara keseluruhan dari angkatan aku kuotanya 130an.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Biosistem Institut Teknologi Sumatera?

Kaya kalian ngerasa jurusan ini banyak biologinya tapi ternyata ga sama sekali, tenang aja kalian ga sendiri, mungkin aku dan temen-temen aku juga pernah berpikir kaya gitu, tapi tetep di jalanin, lama-lama tertarik aja, untuk kalian semester 1 dan 2 ngerasa salah jurusan, jangan dulu deh, jadi kalian itu harus cari tahu literasi lebih lanjut atau kakak tingkatnya jurusan ini tuh kaya gimana.  

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Biosisitem itu luas, selain terjun di pertanian bisa terjun di mekanikanya, untuk prospek kerjanya banyak banget mulai dari tenaga kerja, pengajar atau dosen, ada yang jadi konsultan pangan, konsultan mekanika, jadi wirausaha, jadi akuntan juga bisa, karena banyak banget kalo aku sebutin satu-satu.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Semoga aku bisa mengaplikasikan ilmu yang aku dapat, untuk rencana lebih lanjut, aku pengennya setelah lulus sekolah lagi, untuk sekarang cita-cita aku pengen jadi dosen.

Q&A

  • Kalo udah lulus teknik biosistem bisa kerja di bidang apa aja?

Jawaban: biosistem ini bergerak di bidang pertanian dan mekanika, jadi untuk yang mikirn harus kerja di mana, kalian bisa kerja kaya di Mayora, Unilever, atau bisa tenaga pengajar.

Kode konten: C509

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *