IPB University, Teknik Lingkungan

Teknik dan Manajemen Lingkungan IPB (Firza)

Teknik dan Manajemen Lingkungan IPB (Firza)

Halo sobat intipers! Aku Firza Setiawan dari Teknik dan Manajemen Lingkungan IPB angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik dan Manajemen Lingkungan IPB seperti apa?

Secara garis besar jurusan ini tuh teknik yang mempelajari cara mengolah dan memanajemen lingkungan, permasalahan yang ada di lingkungan. Ada plot-plotnya juga, ada air, udara, tanah. Itu masing-masing ada plot tersendiri. Misalnya kalau air ada teknik beo remediasi, instalasi pembuangan air limbah, ada parameter-parameter udara, kaya gitu. Kita juga mempelajari tentang permasalahan lingkungan dan cara memanajemen permasalahan.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik dan Manajemen Lingkungan IPB?

Alasannya sih klasik banget ya karena suka lingkungan. Awalnya sebenernya aku tuh pengen teknik dan kebetulan suka juga sama lingkungan. Terus nyaris-nyari jurusan yang sesuai, eh ada di IPB dan emang niat banget masuk jurusan ini dan Alhamdulilah keterima.

Slide5

Sebelum masuk jurusan ini aku ekspektasinya banyak belajar Biologi, ternyata setelah semester 2 malah banyak Kimia.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau di semester 1 itu ada Ekologi, semester 2 ada mikrobiologi dan kimia dasar lingkungan. Disitu kita belajar tentang mikrobiologi terus cara pengolahan berdasarkan parameternya. Semester 3 ada konservasi tanah dan air, itu kita belajar cara membuat saluran air di tanah yang miring, datar atau sawah, perkotaan. Terus ada juga klimatologi, kita belajar tentang iklim, terus faktor-faktor penentu terjadinya hujan. Semester 4 itu ada Gambar Teknik sama Konservasi. Nah itu kan sakral banget kan di teknik. Kita gambar itu tapi lebih ke gimana instalasi pembuangan air, penekanan tanahnya juga. Kalau konservasi kita belajar tentang hubungan tumbuhan dan hewan di lingkungan.

Kalau kita itu tugasnya lebih ke praktikum sih, lebih ke lapang. Ada mata kuliah analisis sosial budaya, nah dalam memanajemen lingkungan kan perlu memanajemen orang-orangnya. Kita pernah ada tugas ke lapang untuk lihat budaya di lingkungan A, B, C terus pemanfaatannya seperti apa.

Suka duka selama kuliah di Teknik dan Manajemen Lingkungan IPB

Selama kuliah banyak banget suka duka pastinya. Semester 2 dan 4 yang menurutku jadi yang terberat sejauh ini. Di semester 2 ada mikrobiologi sama kimia dasar lingkungan, karena tugasnya berat terus harus fokus juga karena melibatkan bahan kimia yang ada juga yang berbahaya, makanya harus fokus sedangkan kadang-kadang kitanya suka ngantuk juga. Pas banget juga semester genap itu pas banget sama bulan puasa, jadi kita harus bisa stay puasa ditambah mata kuliah yang berat.

Di semester 4 itu ada gambar teknik, itu ga boleh telat 1 menit pun, karena kita harus belajar disiplin. Menurut kita maupun dosen, di gambar teknik itu 1 menit itu bener-bener berharga, karena dalam 1 menit kita udah bisa bikin segala macam. Apalagi kalau telat 15 menit itu udah gak boleh masuk. Banyak juga nih mata kuliah yang kotor-kotoran, kita main lumpur banget terus main-main tanah, apalagi Bogor kan daerah sering hujan jadi kaya udah kotor-kotoran hujan pula, udah jadi double double banget. Disuruh bikin laporan juga setelahnya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi itu ada 3

  1. Manajemen itu ada ekonomi lingkungan
  2. Teknik itu ada gambar teknik
  3. Pengelolaan ada K3

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 2 jalur, itu yang pakai nilai rapot dan reguler yang tes. Tesnya itu kaya matematika, biologi, kimia. Fisika. Infonya bisa dicek di admisiipb.ac.id itu lengkap banget di sana.

Oh ya, satu angkatannya itu ada 116 orang, biasanya 120 orang per angkatannya.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Harus bisa bangun teamwork sih, karena banyak banget mata kuliah yang dijadiin kelompok. Jadi, kalau misalnya kita gak bisa teamwork kita bakal ketinggalan sama temen-temen, sama materinya juga.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Alumni tersebar banyak banget karena kita teknik juga, manajemen juga. ibaratnya kita bisa dimana-dimana. Paling banyak di bidang konsultan Amdal, di HSE tambang bisa, makanan juga. Di kementrian PU, Kementrian LH, BUMN dan K3 juga ada.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Banyak sih harapannya. Aku pribadi pengennya di BUMN.

Kode Konten: C115

Praktikum mata kuliah ilmu lingkungan dalam menjaga kualitas pupuk kandang agar tetap dalam keadaan prima, menggunakan plastik agar terhindar dari gangguan hewan, ataupun cuaca yang tidak menentu

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *