Institut Teknologi Bandung, Teknik Dirgantara

Teknik Dirgantara ITB (Syifanggita)

Teknik Dirgantara ITB (Syifanggita)

Halo! Nama ku Syifanggita Hatami Kirana jurusan Teknik Dirgantara ITB angkatan 2017.

[Versi Video dari artikel ini, klik play]

Apa aja yang dipelajari di jurusan Teknik Dirgantara ITB?

Teknik dirgantara itu kebanyakan belajar tentang pesawat,. Belajarnya mulai dari basic-basic tentang mesin yang fokusnya ke pesawat terbang. Teknik dirgantara itu punya dua sub jurusan yaitu aeronautika dan aviasi yang fokusnya lumayan berbeda. Kalau aeronautika fokus belajar teknik dan perancangan pesawat, sedangkan aviasi itu fokusnya belajar operasi pesawat terbang, maintenance dan perawatan sama sistem kebandaraan. Dua sub jurusan ini dipilih di semester 4 ke 5.. Nah setelah pilih sub jurusan, di semester selanjutnya temen-temen bisa pilih kelompok keahlian. Ada 3 kelompok keahlian:

  1. Struktur ringan, belajar struktur pesawat, material dan bentuk pesawat
  2. Desain, operasi dan perawatan yang belajar desain pesawat terbang, operasi di bandaranya gimana dan cara merawat pesawat
  3. Aeronautika belajarnya fokus ke dinamika terbang pesawat kaya gimana pesawat itu terbang di atas, belok-beloknya gimana terus tentang aliran udara di pesawat dan cara kerja mesin pesawat

Tugas kuliahnya kaya gimana di Teknik Dirgantara ITB?

Kalau tugas tergantung pada dosen. Ada yang ngasih PR tiap minggu dikumpulinnya online, ada juga yang ngasih tugas tiap selesai pembahasan per bab, ada juga nih namanya take home test. Ini tuh kaya sistem ujian tapi dibawa pulang karena saking susahnya, biasanya durasinya 5 sampai 7 hari pengerjaan, bisa gak tidur itu 2 hari. Take home test ini sih yang ngebedain sama jurusan lain di ITB karena jarang banget jurusan lain yang dapet take home test.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Mata kuliah favoritku itu ada analisis struktur ringan sama statika struktur yang menganalisis struktur pesawat terbang yang harus ringan untuk bisa terbang.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku

Tantangan dulu ada pertama kali mau masuk jurusan, di ITB ada program TPB sebelum masuk ke jurusan, katanya kalo masuk jurusan ini harus pinter karena bisa aja kebuang kalau IP nya gak mencukupi. Terus cowonya banyak banget dan cewenya dikit banget. Tantangan selanjutnya itu beban kuliahnya itu disamakan, gak pandang gender. Ya harus bisa bertahan dengan kondisi akademik yang bisa dibilang gak gampang, akademiknya harus bagus biar bisa bersaing sama temen-temen lainnya.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Banyak banget yang ngira jurusan ini nantinya jadi pilot atau direktur penerbangan.. enggak ya, kita itu lebih pada menjadi teknisi pesawat. Alumni biasanya lanjut S2 karena pelajarannya cukup rumit jadi perlu belajar lagi. Nah, kalau langsung kerja di perusahaan manufaktur kaya PT Dirgantara Indonesia, Garuda, Airlines lain, atau Garuda maintenance facility yaitu bengkel pesawat terbang terbesar di Indonesia. Tapi kita juga bisa kerja di bidang lain, malah ada juga yang kerja di bidang Oil and gas, loh!

Tips buat kamu yang udah masuk jurusan ini?

Tips untuk maba-maba ya harus disiapkan mental, kuat belajar dan pas udah masuk jurusan itu jalin pertemanan yang luas, solidaritas angkatan dibangun baik-baik karena banyak banget tugas-tugas besar yang kelompok. Punya temen yang supportive, karena bakal bisa jadi tempat saling bantu. Perhatiin dosen juga ya karena materi perkuliahan biasanya pake Bahasa Inggris tapi dosennya ngejelasin pake Bahasa Indonesia ] dan kerjain PR nya, jangan nyontek jadi kalau gak bisa harus bertanya, karena soal ujian itu basicnya kaya soal PR. Selanjutnya, belajar mandiri karena materi yang diberikan dosen bisas aja belum sepenuhnya, jadi kita harus belajar lagi sendiri.

Kode Konten: Y167

Komen dibawah! 2

  1. Adelia

    Kak ada tips nggak supaya kita dapat jurusan yang kita pilih setalah TPB?🙏
    misalnya pinginnya jurusan teknik dirgantara kak🙏

  2. Lisa Pebri Yanti

    Kak klo jurusan ini bisa konversi ga kak? Aku lulusa. D3 Teknik pesawat udara nah mau lanjutin S1 di sini di jurusan ini. Apa di ITB bisa kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *