Institut Teknologi Bandung, Teknik Elektro

Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (Adit)

Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (Adit)

Halo sobat intipers! Aku Aditya Anandita Dharma Putra dari Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung seperti apa?

Secara umum kita membahsa seputar rangkaian listrik, mulai dari perhitungannya, mendesainnya, pengaplikasiaannya, mempelajari pengoprasiannya sistem, ada sistem sinyal, sistem digital, kontrol, kendali, dan lain sebagainya. Kadang-kadang ada orang bilang teknik elektro kerjanya tentang rangakain doang, ternyata di elektro ga sesempit itu, mau jadi engineer macam apa bisa di sini, karena kita belajar berbagai hal, mulai dari koding bagi yang suka programing, suka sama ngolah data, sinyal-sinyalan kaya telekomunikasi ada, jadi ga sesempit itu.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung?

Awalnya ga tau mau jurusan apa, tapi tau rumpunnya apa. Pertama minatnya di dunia teknologi, tapi ga tau informatika, elektro, atau yang lain. Lalu cari kampus yang belajarnya umum atau general aja dulu. Pas cari-cari ternyata ITB menyediakan hal tersebut. Pas tahun pertama ada yang namanya TPB, tahun pertama memilih fakultas dulu. Selama itu kita mempelajari dasar-dasar jurusan yang ada di fakultas tersebut baru memilih. Pas mencoba teknik elektro enak gitu, ngitung-ngitung, suka matematika tapi bingung pengaplikasiannya dimana. Pas tau belajar elektro ternyata ada mempelajari hal matematika yang disukai dan pas dicoba ternyata rumus trigonometri itu pas SMA liat-liat tiang doang dan sekarang lebih dari pada itu.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada beberapa mata kuliah yang menjadi landasar dasarnya dari elektro, ada yang namanya rangkaian elektrik, elektronika yang tertarik cip di HP atau prosesor di laptop, kita belajar dari sifat-sifatnya, pengaplikasian dan segala macam. Operasi sinyal seperti ada sistem digital, bagaiaman caranya mengencode kode sampai mengrecord kode lagi, sistem lainnya kita pelajari di sini.

Sekarang kita lagi online, dimana melihat cara praktikum ga bisa gitu, ternyata teknik elektro menyediakan alatnya itu buat sekian mahasiswa teknik elektro, pas praktikum di kirim ke rumah, mencoba mengutak-atik walaupun kaya arusnya kecil, kadang kalo kita salah, dan aku sempet membakar satu komponen, udah salah dikit aja kaya gini, dan dapetin hal baru. paling kita praktiknya memperbaiki, kalo sekarang udah tahap lanjutannya jadi asik aja. Terus ada mempelajari koding kaya ADL, kita langsung mengimplementasikan pada alat.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Fokusnya ada kita, pertama kita mempelajari integrasi sikruit atau mengenal cip yang ada di HP temen-temen gitu. mempelajari tentang automasi industri, kalo pernah ke suatu pabrik ada alat yang bergerak sendiri, kita mempelajari bagaimana mengatur, merancang, biar alat tersebut bergerak sesuai yang kita mau. Terakhir buat yang tertarik robotik, mempelajari sistem kontrol, sistem kendali, itu hal yang penting, salah satu pengaplikasiannya kaya gitu. Integrasi sikruit dipelajari semseter 2 pengenalan, dasar-dasar dulu, rangakain biasa. Lanjut pembelajaran sampai semester 4 masih di pelajari, semester 5 masih ada lagi. Robotik di semester 5 dan 6, automasi industri juga sama di semester 5 dan 6. Konsentrasi di pelajari semuanya tapi bener-bener bertahap dari semester-semester sebelumnya, pas di semester akhir baru mau pilih yang mana buat tugas akhir. Sampai sekarang masih tertarik di robotik.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Jalur masuk ada 3, SNMPTN atau jalur raport dan prestasi, SBMPTN dengan daftar UTBK dulu untuk nilainya baru ikut SBMPTN, kemudian ada jalur mandiri. Daya tampung lumayan, setiap fakultas rata-rata 300, untuk STEI tahun aku 520an orang dan untuk tahun setelahnya juga 500an juga, jadi banyak kuotanya, tahun sekarang kan ITB ada 3 tempat ada yang di kampus utama di Ganesha, ada yang di Cirebon, dan ada di Jatinangor, di Jatinangor udah buka lagi STEI, bakalan lebih sih dari 500 bahkan denger-denger bisa sampai 700an. Kita milih jurusan di tingkat 2, nilai kita akan di rangking dari semester 1 dan 2, kuota teknik elektro 70-90an, nanti ada seleksi kedua sesuai nilai semester 1 dan 2.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung?

Kalo masuk STEI, berjuang mempelajari dari dasar, ada matematika dasar, kimia dasar, fisika dasar, ada TTKI (Tata Tulis Karya Ilmiah), bahasa inggris, silahkan di gas lagi, agar nilai temen-temen bagus, pas mau milih jurusan bisa masuk ke jurusan yang mau biar ga ke lempar ke pilihan ke dua dan ke tiga. Kalo yang udah masuk jurusan, tipsnya cobalah mencari circle atau pergaulan sebanyak-banyaknya secepat mungkin di saat kamu mendapatkan lingkungan baru, agar koneksi kamu banyak, kalo kamu lagi ada kesusahan ada yang bantu, karena kita tahu dunia kuliah gampang-gampang susah, kita membutuhkan orang lain, cari lingkungan senyaman mungkin supaya bisa survive di jurusan temen-temen sendiri.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Lulusannya bisa memiliki kualifikasi di bidang karir hampr segala lini industri. Konsentrasinya banyak di industri, ternyata hampir semua orang menggunakan listrik, sistem teknologi dan elektronik lainnya. Pasti sektor industi itu memerlukan ahli profesional untuk membangun, memperbaiki, merancang alat-alat yang mereka miliki. Kemudian ga tentang lini industri, mungkin temen-temen tertarik untuk berwirausaha. Tertarik komponen dan membuat usaha sendiri. kita mempelajari juga koding, apa yang dipelajari informatika walaupun fokusnya bukan itu. Bisa jadi data saintis, sofwer developer. Kalau ingin mengajar menjadi dosen teknik elektro atau guru di teknik lainnya, karena di elektro matematika bisa dibilang kuat jadi cocok di FMIPA atau bidang matematika gitu. Masuk elektro dibukakan ini dunia engineering tinggal temen-temen tentukan mau ke mana.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Awalnya pengen fokus di elektronika, udah cari-cari jurusan S2 di luar negeri, kemarin sempet liat di daerah Australia atau Swedia, sebenernya masih berjuang soalnya TOEFLnya agak kacau, harapannya bisa S2 di Australia dan pengen jadi ahli robotika, karena ngulik-ngulik robot itu asik.

Kode konten: C524

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *