Teknik Elektro, Universitas Bengkulu

Teknik Elektro Universitas Bengkulu (Dani)

Teknik Elektro Universitas Bengkulu (Dani)

Halo sobat intipers! Aku Dani Fazli dari Teknik Elektro Universitas Bengkulu angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Teknik Elektro Universitas Bengkulu?

Prodi Teknik Elektro, mungkin orang-orang berpikir bahwa kita itu hanya sekedear menservice dan berurusan dengan listrik, padahal ga sebatas itu aja. Teknik elektro bener-bener ngasih pengalaman baru sih. Hampir 80% kita belajar hitungan seperti matematika teknik dan kalkulus yang emang bener kalau kita ga expect akan mempelajari itu, tapi ternyata sebelum belajar kelistrikan kita belajar matematika dulu. Di teknik elektro jua kita dituntut untuk tekun dan teliti karena rata-rata hitungan kita ada yang masuk aplikasi juga. Elektro di Unib ga hanya belajar kelistrikan, kita juga belajar coding dan program-program computer karena kita mengacu pada digitalisasi.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Teknik Elektro?

Kalau untuk alasan memilih jurusan ini, memang dari awal aku pengen masuk teknik karena aku hobinya dilapangan. Aku dari dulu memang selalu memilih teknik elektro. Ilmunya fleksibel dan berkembang terus, serta prospek kerjanya luas. Contohnya aja kita belajar bikin robot dan lainnya, itu menarik banget buat aku. Aku hobinya memang mengobrak-abrik barang yang membutuhkan ilmu elektronika dasar.

Apa mata kuliah khas atau tugas yang ada di Teknik Elektro?

Kalau untuk mata kuliah, kita kebanyakan matematika sih. Contohnya matematika teknik dan kalkulus. Kita belajar juga elektronika dasar, bagaimana sih kita dapat menghidupkan lampu, kemudian belajar rangkaian listrik. Untuk praktikum, setiap semester kita akan menemukan praktikum. Praktikum kita rata-rata menganalisis. Misalnya mungkin kita tahu rangkaian seri dan parallel, lalu kita akan menganalisis kenapa sih lampu itu bisa berganti-ganti hidupnya secara parallel? Kita akan mempelajari analisis prinsip-prinsip dasar seperti itu. Kita menciptakan teknokrat dalam bidang elektronika.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Teknik Elektro Universitas Bengkulu?

Untuk di Teknik Elektro Unib ada 3 konsentrasi, yaitu telekomunikasi dimana kita akan mempelajari jaringan telekomunikasi, lalu ada teknik instrumentasi kendali yang mempelajari kendali seperti arus lemah dan tegangan rendah. Kita diajari cara mengendalikan service-service misalnya robot. Terakhir ada teknik tegangan tinggi. Kita belajar tahap-tahap tegangan tinggi, misalnya bagaimana standar kabel-kabel listrik yang ada dijalan. Kita juga diajari instalasi yang ada dipabrik. Kita akan diajari kenapa sih mesin dipabrik gaboleh hidup semua dalam waktu bersamaan, dan hal-hal terkait tegangan tinggi lainnya. Lalu kita juga belajar pembangkit listrik sebagai salah satu energi baru dan terbarukan. Kita ada tren baru kan tentang G20, kita disini menghadirkan energi baru dan terbarukan.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Untuk jalur masuk di Unib sama seperti PTN lainnya, ada SNMPTN, SBMPTN dan ujian Mandiri. Untuk ujian mandiri Unib adalah SMMPTN Barat, jadi belum diadakan oleh Unib sendiri, masih ikut kerjasama di SMMPTN Barat yaitu seperti SBMPTN namun diadakan diwilayah Indonesia bagian barat.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Kalau untuk tips masuk yang pertama belajar dengan giat. Di Teknik Elektro kita dituntut untuk berpikir kritis. Apabila teman-teman sudah masuk teknik elektro nanti, pasti kalian berpikir teknik elektro terlalu berat. Harus kuat mental dan berprinsip bahwa kita harus bisa bertahan. Kita tidak sendirian menjalani perkuliahan dijruusan teknik elektro. Jangan down kalau nilai kalian kurang memuaskan, kalian harus tetap semangat. Disini gaada yang berpikir kompetitif karena ngejalaninnya bareng-bareng.

Prospek kerja dan alumni jurusan Teknik Elektro seperti apa?

Prospek kerja kita udah pasti dibidang kelistrikan, kita juga bisa masuk ke mesin-mesin. Kita juga bisa masuk kerja dibidang IT dan software. Teknik Elektro ini prospeknya luas karena Indonesia lagi gencar-gencarnya G20, Indonesia akan beralih ke energi baru dan terbarukan dan tentunya membutuhkan teknokrat dibidang kelistrikan untuk mengisi posisi-posisi yang diperlukan. Setiap pembangkit juga akan membutuhkan mahasiswa elektro. Contoh lagi, mobil listrik lagi dikembangkan di Indonesia, nah in ikan juga membutuhkan mahasiswa teknik elektro.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Sekarang kan sedang marak-maraknya tuh oprec besar-besaran BUMN, harapanku setelah lulus nanti saya ingin mendaftar ke BUMN tersebut. Karena aku juga hobi dibidang engineer jadi tertarik banget. Kalau ga di BUMN, aku juga mau mendaftar menjadi engineer di pembangkit-pembangkit listrik.

Q&A

  1. Apa bedanya teknik elektro dan teknik listrik?
    Dulu sebenarnya hampir sama saja, tapi kalau sekarang teknik listrik itu cakupannya lebih spesifik dimana mempelajari arus kuat dan lemah, tapi kalau di elektro kita sudah mempelajari telekomunikasi, biomedis dan yang lainnya. Jadi teknik elektro cakupannya lebih luas.

Kode konten: C951

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.