Teknik Elektro

Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Rio)

Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Rio)

Halo sobat intipers! Aku Rio Muhammad Munir jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta itu seperti apa?

Ada mitos-mitos di teknik elektro itu kalau ada apa-apa yang rusak contohnya televisi, kita disuruh untuk memperbaiki padahal kita belajar untuk menjadi tenaga ahli bukan reparasi, jadi tolonglah untuk temen-temen kalau ada kerusakan sesuatu jangan ke teknik elektro. Teknik elektro kan dibagi beberapa ada yang arus kuat, arus lemah,dan sebagainya. Kalau dia jurusannya arus kuat ada televisi yang rusak dan lain sebagainya itukan masuk arus lemah, kan kita juga gak paham di bagian itunya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Jurusan teknik elektro di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini ada tiga gambaran, yang pertama itu ada pendalaman arus kuat contohnya pembangkit, transmisi, instalasi, arus lemah itu robotika, dan ada jaringan komunikasi yaitu 4G dan lain sebagainya.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta?

Alasan pertama kan saya dulu SMK nya ambil teknik audio vidio, di jurusan SMK itu kan ada arus lemahnya, jadi untuk memperdalam itu aku ngambil teknik elektro. Kemudian alasan kedua kan saya tinggal di kalimantan, nah di kalimantan otomatis banyak perkebunan kelapa sawit, atau perusahaan yang menggunakan mesin kelistrikan kaya motor listrik, generator, dan lain sebagainya dan itukan memerlukan ketenagaan listrik.

Alasan ketiga saya hobinya di audio enginer kaya power ampli, penguat, itukan juga masuk di teknik elektro, jadi saya ambil teknik elektro universitas muhammadiyah, jadi saya ingin memperdalam ilmu dari SMK saya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Yang pasti praktikum, habis itu laporan praktikum, magang atau kerja praktik. Itu sih yang khas atau yang pokoknya lah di teknik, kalau S1 itu dipresentasikan itu praktikumnya 30% teorinya 70% karena kita disiapkan untuk tenaga ahli.

Kalau praktikumnya mulai dari pengantar, instalasi, mesin-mesin listrik, karena teknik elektro di universitas muhammadiyah itu jurusannya masih umum, jadi masih mempelajari arus kuat, lemah, dan jaringan komunikasi, beda sama univ lain kalau milih arus lemah ya dari awal sampai akhir dia akan mendalami arus lemah, kalau disini masih di campur, baru di semester akhir difokuskan untuk memilih.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di teknik elektro ini ada 3 yaitu arus kuat, arus lemah , dan jaringan komunikasi. Konsentrasi ini difokuskan untuk tugas akhirnya, kita mau nyusun dimananya gitu. Kalau arus kuat contohnya pembangkit listrik, arus lemah itu kaya robotika. Jaringan komunikasi itu kaya jaringan 4G dan lain sebagainya.

Kalau gelar dan sebagainya itu sama aja. Hal yang ngebedaian itu fokusnya aja buat ke skripsi. Konsentrasi ini dipilih di semester 6.

Ada kuliah lapangan di Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta?

Ya kuliah lapangan contohnya di magang, contohnya kita magang di sebuah perusahaan kita mengerjakan sebuah projek, kalau untuk di lapangan sendiri saya kan masuk di club robotic UMY, sekalian pegang langsung itu ya disitu mulai dari pemrogramannya, elektriknya, mekaniknya, gak teori aja tapi terjun langsung. 

Kalau untuk mengikuti perlombaan itu ada seleksinya, contohnya ada seleksi perlombaan kelompok robot indonesia setiap tahun ada, itu otomatis harus ada seleksi dia minatnya apa, basicnya apa, dan lain sebagainya, kalau untuk ngoprek bareng-bareng, mengimplementasikan teori itu kita barneg-bareng.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Jalur masuk yang saya ketahui itu ada jalur masuk dan jalur khusus, jalur khususnya ada jalur prestasi dan jalur-jalur lainnya. Untuk informasi bisa ke web nya umy.ac.id untuk informasi lebih lanjutnya.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta?

Mungkin ada beberapa tips, yang pertama harus kuat mental harus kuat begadang. Waktu di semester 3 itu kita ada 4 praktikum. Setiap praktikumnya itu ada laporan hasil praktikum. Otomatis ada 4 tugas, belum tugas-tugas lain berarti kan kita harus mempersiapkan itu. Terus yang kedua penunjang atau fasilitas, bukannya gimana ya karena kita kan pake aplikasi penunjangnya ada yang berat. Ada autocad, prosteus, minimalnya laptop yang spesifikasinya 4 gb itu harus dipersiapkan.

Ketiga jangan takut masuk teknik elektro. Mungkin temen-temen gatau fungsinya buat apa atau mungkin gambarannya itung-itungan semua. Kan ada pepatah yang mengatakan weteng tresno jalarangsa sakulino kalau kamu udah terbiasa, otomatis itung-itungan juga gampang. Intinya jagan gampang menyerah, nikmatin aja.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk prospek kerja yang utama itu PLN, Pertamina. Dari lulusan ada yang jadi tenaga pengajar, ada juga di perusahaan.  Ada yang kerja di PT kebanyakan yang saya ketahui dari lulusan teknik elektro.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Setelah lulus harapannya itu tujuannya mau kemana. Kalau kita mau kuliah-kuliah aja, saya anggap itu gampang. Hal yang penting itu kita kuliah ada tugas di kerjain, suruh masuk itu ya masuk, keluar ya keluar, yang susahnya itu kita habis kuliah mau ngapain. Jadi kalau kita tidak tau habis kuliah mau ngapain, itu persiapannya juga kan waktu kuliah. Contoh kita mau kerja di PLN, kita harus tau PLN itu standarnya gimana IPK nya berapa, yang harus dikuasai itu apa. Kan kita menyiapkannya pada saat masih kuliah. Jadi menurut saya yang susah itu bukan saat kuliahnya, tapi pada saat setelah kuliahnya. 

Q&A

  • Ada skripsinya gak sih kak?

Kalau skripsi pasti ada, kalau tugas akhir setau saya kita membuat alat atau kita menganalisis, membuat alat yang belum ada, atau mengembangkan alat yang sudah ada, atau kita analsis tegangannya gimana. 

  1. Kak caranya gimana kalau mau lulus cepet gimana?

Kalau lulus cepet ini ya kita masuk terus, tugas dikerjain, kalau di teknik elektro kita lulus cepet ini ada 3,5 tahun paling cepet ya itu tadi mengerjakannya tepat waktu jangan molor-molor.

Kode konten: C424

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *