Teknik Elektro

Teknik Elektro USU (Revando)

Teknik Elektro USU (Revando)

Hallo intipers!! Perkenalkan nama saya Revando Blessyro Andaneo dari Jurusan teknik elektro USU atau Universitas Sumatera Utara angkatan 2018. Nama panggilan saya Revan. Nah pada kesempatan ini, saya mau berbagi kepada sahabat sekalian seputar kehidupan di jurusan saya. Daripada menunggu lama lagi, yuk kita intip sama” bagaimana kkehidupan di jurusan saya.Let’s check this out.

Apa sih itu Teknik Elektro?

Teknik elektro merupakan jurusan yang memplajari ilmu terapan yang berhubungan dengan kelistrikan. Kalau kita lihat” yang sering bergantungan memasang instalasi listrik itu contoh dari  orang” teknik elektro. Orang sering mengkaitkan kalau orang teknik elekro itu tamat kerjanya memperbaiki barang yang rusak seperti memperbaiki Tv yang rusak atau barang” elektronik saja. Padahal kenyataanya para mahasiswa teknik elektro seperti saya, memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dan bukan hanya perbaiki barang” yang rusak saja ya. Yang pastinya tetap berhubungan dengan dunia kelistrikan.

Apa saja sih ciri khas pelajaran yang di pelajari di Teknik Elektro?

Nah kalau soal plajaran di jurusan teknik elektro pastinya tidak akan lepas dari membahas tentang energi listrik. Cakupan energi yang dipelajari bisa berupa pengenalan sumber energi listrik untuk arus kuat(Sumber kelistrikan rumah) maupun untuk arus lemah(barang barang elektronika). Jurusan teknik khususnya elektro tidak akan lepas dari namanya praktikum. Jadi kita slama dikuliah dapat teorinya dikelas dan prakteknya saat praktikum di laboratorium. Kalau untuk aku sendiri paling minat dengan mata kuliah Sistem Digital dan Sistem Tenaga Listrik. Soalnya di mata kuliah itu aku dapat hubungan cara pengaturan tenaga listrik menggunakan basis komputernya.

promo-web

Apakah di Teknik Elektro USU memiliki konsentrasi jurusan didalamnya?

Di teknik elektro sudah disediakan beberapa konsentrasi jurusan didalamnya. Pada umumnya memliki tiga konsentrasi jurusan yaitu Energi,Telekomunikasi dan Komputer. Konsentrasi jurusan membahas dari menghasilkan hingga ke pengaturan energi menjadi sumber listrik. Contohnya ini yang dilakukan para teknisi PLN di negeri kita ini. Konsentrasi jurusan telekomunikasi membahas tentang proses dan cara kerjanya hingga ke inti dari sistem telekomunikasi. Jadi di sub jurusan ini kita akan dapat ilmu lebih luas mengenai dunia telekomunikasi. Terakhir adalah konsentrasi jurusan komputer. Kalau di konsentrasi ini kita akan belajar sepertu anak ilmu komputer pelajari. Disini akan dibahas ilmu mengenai pemograman, pengendalian komputer hingga masuk kedalam pembahasan ilmu tentang robotika. Buat yang suka komputer skaligus pingin tau tentang energi listrik teknik elektro bisa jadi pilihannya nih.

Tips buat kamu yang sedang kuliah di jurusan teknik elektro

Aku ada beberapa tips buat kamu yang sedang kuliah di teknik elektro. Pertama, hindari yang namanya menunda pekerjaan. Sebenarnya ini merupakan hal yang umum,  tapi di teknik khususnya elektro kita akan dihadapkan dengan situasi harus bisa membagi waktu antara kuliah di kelas dengan praktikum di laboratorium. Ditambah laporan yang harus dikerjakan selama praktikum.

Kedua,usahakan pelajaran di kuliah diterapkan di kehidupan sehari”. Dunia teknik tidak lepas dari namanya terapan. Karena itu lebih baik ilmu yang dikuliah diterapkan melalui event” atau suatu project yang berhubungan dengan dunia elektro. Hal ini juga bia membuat kita lebih matang akan ilmu yang diplajari serta ngga perlu lagi buat sistem kebut semalam (SKS) saat ujian. Dan yang terakhir perluas pertemanan baik sama kawan,dosen maupun senior. Hal ini berguna untuk menambah wawasan kita yang belum kita kuasai serta berguna juga sebagai jaringan kita ketika membutuhkan suatu informasi. Ini juga ngga terlepas dengan kehidupan anak teknik yang identik dengan senioritas.

Bicara prospek kerja lulusan teknik elektro, tidak ada yang dikhawatirkan selama kita memliki skill yang dibutuhkan. Lulusan teknik elektro dibutuhkan disemua sektor pekerjaan tanpa terkecuali. Baik itu dari pihak negeri maupun swasta. Hal ini tidak terlepas semua sektor pekerjaan membutuhkan jasa orang teknik elektro yang menguasai disiplin ilmu dibagian energi, telekomunikasi dan komputer. Karena jika kita menekuni ilmu yang diplajari di teknik elektro dengan disiplin dan ketekunan maka jadilah kita seorang insinyur teknik elektro yang berguna dan diminati.

Saya sendiri memiliki rencana kedepannya selepas saya lulus dari teknik elektro USU yaitu melanjutkan pendidikan saya ke jenjang magister teknik ke luar negeri. Semoga doa dan usaha yang saya lakukan selama ini bisa menjadi buah yang manis dan diberkati Tuhan setiap rencana yang saya miliki. Semoga artikel ini bisa menginspirasi dan berguna bagi pembaca dalam memilih jurusan pendidikan yang menentukan masa depan kita. Salam sukses sahabat intipers!!

Kode Konten: X194

Komen dibawah! 1

  1. TIMOTHY SANTAMA

    Bang izin tanya. Abang ada kumpulkan sertifikat seminar atau kegiatan ekskul gitu tidak ? Saya maba USU dan terbatas info akibat masa pandemi. Jika memang perlu, untuk keperluan apa ya dan menurut abang berapa jumlah sertifikat minimal yang perlu dikumpulkna dan jenisnya yang seperti apa? Terima kasih Bang.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *