Institut Teknologi Bandung, Teknik Fisika

Teknik Fisika ITB (Hanafi)

Teknik Fisika ITB (Hanafi)

Salam kenal, namaku Hanafi Kusumayudha. Orang-orang biasa memanggilku Yudha, atau Hanafi, atau Hank. Saat ini aku merupakan mahasiswa sarjana Teknik Fisika ITB angkatan 2016 yang bulan depan akan lulus. Pada tulisan ini izinkan aku berkisah sejenak, tentang sepenggal pengalamanku selama berkuliah. Selamat menikmati sajiannya.

Teknik Fisika ITB secara Umum

Sejujurnya, sangat sulit mendeskripsikan jurusan Teknik Fisika bahkan untuk kami yang sudah kuliah di sini sekalipun, karena yang dipelajari di jurusan ini sangat luas lingkupnya. Jurusan Teknik Fisika terkenal dengan sebutan ‘jack of all trades’ karena kami ‘membajak’ keilmuan jurusan teknik lain. Kami membajak Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Material, bahkan hingga Teknik Informatika. Secara sederhana, kami mempelajari hampir semua sistem fisis (bunyi, cahaya, listrik, kalor, struktur bangunan, material) dan bagaimana implementasi secara teknisnya di dunia nyata dalam skala luas (tidak hanya skala percobaan laboratorium).

Pasti teman-teman semua tau Iron Man dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) bukan? Nah, kalau boleh berandai-andai di masa depan Iron Man ada di muka bumi ini, aku berani bilang bahwa pasti Tony Stark adalah lulusan Teknik Fisika. Kok bisa? Ya jelas, untuk membuat teknologi semacam itu, Stark perlu keilmuan teknik yang lintas disiplin. Ia harus paham dari A-Z ilmu untuk merakit baju Iron Man yang sangat canggih. Memahami rangkaian listrik saja tidak cukup, karena saat terbang aspek aerodinamis harus ditinjau, saat menerima hantaman pukulan dari musuh kekuatan struktur material harus dihitung, dan masih banyak lagi pertimbangannya. Jurusan yang melingkupi keilmuan seluas ini hanya ada di Teknik Fisika, hehe.

Banyak orang sering mengira bahwa jurusan Teknik Fisika = Fisika, padahal keduanya sangat berbeda. Di ITB sendiri, Teknik Fisika ada di bawah naungan Fakultas Teknologi Industri (FTI), sedangkan jurusan Fisika ada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Apabila di jurusan Fisika belajarnya di skala laboratorium dan berkutat pada ilmu murni, jurusan Teknik Fisika mempelajari bagaimana implementasi ilmu tersebut di dunia nyata. Lulusan Teknik Fisika gelarnya S.T. sedangkan lulusan Fisika gelarnya S.Si. Sudah clear ya bedanya?

Mata Kuliah Wajib Teknik Fisika ITB 

Sistem kuliah di Teknik Fisika ITB secara umum dibagi menjadi mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Biasanya mata kuliah pilihan diambil di semester 6-8 untuk membantu pengerjaan riset Tugas Akhir (skripsi) di laboratorium pilihan tertentu.

Mata kuliah wajib di Teknik Fisika ITB mengajarkan tentang dasar-dasar ilmu fisika dan engineering (teknik) di semua bidang. Saat awal masuk jurusan, mahasiswa Teknik Fisika akan disuguhkan dengan berbagai ilmu-ilmu wajib dalam dunia teknik seperti Termodinamika, Mekanika Fluida, Rangkaian Listrik dan Elektronika, Teknik Komputasi (programming), Probabilitas dan Statistik, dan momok bagi mahasiswa baru jurusan biasanya adalah Medan Elektromagnetika. Mengapa? Karena membutuhkan pemahaman kalkulus tingkat lanjut dan sangat abstrak untuk dibayangkan. Ini adalah mata kuliah pertama di jurusan yang isinya simbol dan huruf semua, sangat sedikit angkanya, padahal perhitungan, hayoloh?

Di tingkat selanjutnya, akan ada beberapa mata kuliah sebagai jembatan untuk impelementasi di dunia nyata seperti Dinamika Sistem dan Simulasi, Sensor dan Aktuator, Metode Pengukuran, Pemrosesan Sinyal, Fisika Material, dan momoknya biasanya adalah Mekanika Kuantum. Jujur bagiku, mata kuliah Mekanika Kuantum adalah mata kuliah yang susahnya level dewa. Banyak di antara kami yang melewati mata kuliah ini tanpa memahami apa yang sebenarnya kami tulis di lembar jawaban ujian. Mekanika kuantum mempelajari bagaimana gerak dan interaksi benda dalam skala atomik.

Kalo mata kuliah wajib favorit?

Mata kuliah wajib favorit saya jatuh kepada Dinamika Sistem dan Simulasi. Mengapa? Karena pada mata kuliah ini, seakan-akan semua yang sudah pernah dipelajari mulai dari listrik, kalor, fluida, dll, semuanya akan dilihat sebagai suatu sistem fisis yang dapat dimodelkan dengan pendekatan yang sama, yaitu pendekatan teori sistem. Mata kuliah ini bagi saya ajaib, karena dari sini saya jadi paham bahwa arus di sistem listrik, mirip dengan kelakuan laju aliran air di sistem fluida, dan mirip dengan kelakuan kalor yang merambat di sistem termal. Menurut saya pribadi, inti knowledge Teknik Fisika ada di mata kuliah ini.

It’s all about connecting the dots.

Kelompok Keahlian dan Mata Kuliah Pilihan yang Relevan 

Bidang-bidang spesialisasi Fisika Teknik antara lain :

  1. Bidang Keahlian Instrumentasi dan Kontrol, isinya tentang otomasi mesin-mesin di industri dan Internet of Things (IoT) dalam berbagai bidang seperti peralatan medis. Mata kuliah pilihan yang relevan seputar sistem kontrol multivariabel, kontrol cerdas, kontrol diskrit, fisika medik, dan Instrumentasi Industri, dan IoT.
  2. Bidang Keahlian Energi dan Termal, isinya melingkupi kenyamanan termal dalam suatu ruangan dan manajemen energi dalam suatu gedung atau kendaraan. Mata kuliah pilihan yang relevan contohnya konservasi energi, sistem energi terbarukan, sistem kendaraan listrik, dan rekayasa lingkungan termal.
  3. Bidang Keahlian Fisika Bangunan, isinya tentang bagaimana mendesain bangunan atau ruangan yang nyaman digunakan bagi penghuninya, baik secara pencahayaan (visual) dan suara (akustik). Mata kuliah pilihan yang relevan melingkupi teknik dan desain pencahayaan, teknik akustik, dan pengendalian bising.
  4. Bidang Keahlian Proses Material, isinya lebih berfokus pada riset jenis material baru yang memiliki fungsi tertentu, dengan cara simulasi skala atomik, hingga pembuatan material secara langsung dan hasilnya diamati menggunakan mikroskop elektron. Mata kuliah pilihan pendukung yang relevan contohnya seperti mekanika kuantum lanjut, termodinamika statistik, dan simulasi sains material.
Instalasi solar pv untuk project & tugas akhir

Tantangan dan Sedikit Saran untuk mahasiswa Teknik Fisika ITB

Tantangan utama yang biasanya dihadapi mahasiswa Teknik Fisika adalah bingung, iya betul bingung. Kok bisa? Karena saking luas dan diverse nya yang kami pelajari, kami sulit menentukan fokus dan merasa ‘kok banyak banget ya’. Bayangkan saja dalam hari yang sama, di pagi hari kamu belajar dan mengerjakan tugas tentang rangkaian listrik, siangnya termodinamika, dan sorenya harus berkutat dengan dunia statistik. Belum lagi apabila ada tugas praktikum yang sangat menyita waktu itu, dan keesokan harinya semua mata kuliah itu akan ada quiz. Ini tentu sangat berbeda dengan jurusan lain, yang antar mata kuliahnya sangat berkaitan satu sama lain.

Sulit memang, namun ya tetap harus dihadapi dan dijalani. Tips dariku yaitu coba latihan memiliki mindset yang adaptif dan fleksibel. Memang harus sedikit dipaksa untuk mudah beradaptasi dan cepat belajar, karena tuntutannya demikian. Saran berikutnya yaitu coba menata isi pikiran, maksudnya gimana? Coba ibaratkan isi otak kita seperti folder di komputer/laptop, kemudian kita membuat subfolder untuk setiap urusan dengan rapi. Kebanyakan orang sulit memisah-misahkan isi dalam otak dan akhirnya membuat ia kebingungan fokus dan terjebak pada folder yang salah. Menata pikiran sangat membantu mahasiswa Teknik Fisika ITB untuk tetap fokus di satu urusan, kemudian beralih fokus ke urusan yang lain di folder yang tepat. Cara menata pikiran setiap orang berbeda-beda, namun yang popular biasanya dengan kebiasaan mencatat dan refleksi diri secara rutin.

Prospek Kerja

Kelebihan lulusan Teknik Fisika adalah kemampuannya untuk memahami permasalahan secara helicopter view. Luasnya keilmuan Teknik Fisika membuat lulusannya memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk bekerja di berbagai bidang. Alumni-alumni Teknik Fisika bisa ditemui sebagai insinyur professional di berbagai macam bidang industri, peneliti di bidang teknologi terapan, konsultan desain bangunan untuk aspek pencahayaan, akustik, dan termal, serta auditor energi independen. Bahkan tidak menutup kemungkinan lulusan Teknik Fisika kerja di dunia pemerintahan di bidang proyek, ataupun di NGO sebagai praktisi bidang tertentu. Ada juga yang mendirikan usaha/startup sebagai entrepreneur yang berkaitan dengan teknologi seperti biogas, proyek pembangkit listrik tenaga mikrohidro, teknologi pertanian, dll. Sangat banyak pilihan bidang yang bisa kami bajak, karena kami adalah bajak laut.

Kami adalah pirates engineer, jack of all trades!

Kode konten: X444

Komen dibawah! 1

  1. I Wayan Suarsa

    Trims infonya dik, jadi lebih paham tentang teknik fisika. Kebetulan anak sekarang semester 7 di tf itb

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *