Institut Teknologi Bandung, Teknik Fisika

Teknik Fisika ITB (Nawwaf)

Teknik Fisika ITB (Nawwaf)

Halo sobat intipers! Aku Nawwaf Zahra jurusan Teknik Fisika ITB angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Teknik Fisika ITB itu seperti apa?

Kalau teknik fisika sih mungkin orang-orang masih banyak yang kurang familiar ya sama jurusannya karena teknik fisika di Indonesia sebenernya gak banyak univeristas yang punya teknik fisika, dan orang-orang tuh biasanya sering bingung bedanya teknik fisika dan fisika. Bedanya fisika dan teknik fisika itu kalau fisika itu kan jurusan yang mempelajari tentang fisika murni, jadi ilmu fisis yang ada di alam sementara teknik fisika sendiri sebenernya kita mempelajari permasalahan-permasalahan engineering tapi kita berusaha memecahkan persoalan tersebut menggunakan ilmu fisika.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

kalau teknik fisika sendiri sebenernya itu salah satu engineering yang sangat luas karena memang kita belajar aspek-aspek keilmuwan dari ilmu engineering yang lain. Jadi di teknik fisika itu ada ilmu teknik elektro, teknik informatika. Terus ada juga kita belajar ilmu dari teknik sipil, jadi bener-bener kombinasi dari ilmu engineering yang lain, dan kalau arti jurusan teknik fisika yang dulu pernah diajarin waktu aku masih ospek, salah satu pendiri teknik fisika sebenernya teknik fisika itu ilmu yang menjembatani antara keilmuwan sains dengan keilmuwan engineering.

Slide5

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Fisika ITB?

Aku dulu sebenernya tertarik sama keilmuwan teknik dirgantara, terus aku ingin mempelajari sesuatu yang gak langsung fokus, karena kalau kita melihat perteknikan sudah fokus ke satu bidang aja kaya teknik dirgantara, aku ingin belajar sesuatu yang luas karena kan sebenernya aku juga merasa di masa depan bisa aja keinginan berubah dan akhirnya aku ketemu sama teknik fisika, baca-baca dan ternyata teknik fisika adalah teknik yang sangat luas dan teknik fisika itu gabungan dari ilmu engineering yang lain, jadinya aku memutuskan untuk ngambil teknik fisika karena ilmu yang sangat berpotensi karena ilmu yang bisa dikembangkan, misal bisa lanjut ke teknik sipil, teknik mesin, bener-bener sangat fleksibel sebenernya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Karena tadi aku udah sempet bilang ya, kalau teknik fisika itu banyak ngambil dari jurusan lain, jadi sebenernya mata kuliah kita itu isinya ya kita kaya nyomot-nyomot dari jurusan lain, ada mata kuliah-mata kuliah dari teknik sipil, teknik elektro, teknik informatika, terus tugas-tugasnya juga sama sih, contohnya kalau misalkan tahun ini di semester 3 dan 4 kemarin, kita ada maata kuliah mekanika teknik, mekanika fluida, ada sistem logika dan digital, belajar komputasi dan bahasa jadi belajar koding-koding juga. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Teknik Fisika ITB ?

Ada empat kelompok keahlian, jadi kalau di teknik fisika ITB itu  yang pertama ada kelompok keahlian fisika bangunan, instrumentasi dan kontrol, teknik fisika, sama kelompok keahlian material fungsional laju. Masing-masing kelompok keahlian itu ada laboratoriumnya sendiri, nanti kalau udah masuk tahun ketiga bisa memilih salah satu dari laboratorium tersebut, jadi supaya nanti keilmuwan kita itu lebih fokus lagi. 

Kalau kelompok keahlian teknik fisika itu mereka membahas tentang material dan energi seperti tadi ada pemrosesan material, lab material. Kemudian kelompok keahlian material fungsional laju itu membahas tentang ilmu-ilmu nano teknologi, terus kalau di fisika bangunan itu ilmu tentang bangunan, jadi nanti berkaitan sangat erat dengan keilmuwan yang ada di teknik sipil. Kemudian instrumentasi bangunan itu fokusnya ke otomasi, investment in technology

Kalau laboratorium ada fisika bangunan, instrumentasi medik,  lab ai control and automation, terus ada lab instrumentasi kontrol dan decision sistem, dan ada lab material fungsional maju, lab pemrosesan material, lab komputasi material, sama lab manajemen energi.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau di teknik fisika sama sih sama jurusan yang lain, ada tiga jalur masuk yaitu ada SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Di ITB itu beda ya, ketika kita mendaftar ke ITB itu kita daftarnya tuh bukan ke jurusan tapi ke fakultas. Teknik fisika itu masuknya ke fakultas teknologi industri. Jadi waktu itu aku daftarnya ke fakutas teknologi industri. Teknik fisika itu bisa dibilang jurusan yang spesial di ITB karena itu masuk ke jurusan peminatan. Jurusan peminatan itu jadinya kita bisa langsung daftar ke jurusan itu gak ke fakultas dulu. Jadi kita gak masuk dulu ke TPB. Waktu jaman aku, jurusan peminatan itu bisa diambilnya kalau masuk lewat jalur SNMPTN sama Mandiri.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Fisika ITB?

Tipsnya jangan terlalu takut sama pelajaran, praktikum dan kegiatannnya. Ketika pertama kali aku juga bertanya-tanya ini apa? Kok membingungkan sekali, mata kuliahnya juga kan aku baru tau, tapi ya namanya juga kuliah kan ya jadi kita harus belajar yang sangat sunggu karena udah beda kan sama SMA, kalau kalian gak ngerti jangan takut bertanya, karena kita disini sama-sama lagi belajar, disini terbuka banget dan dosen-dosennya pun sangat terbuka kalau misalkan kita pengen konsultasi diluar jam kuliah misalkan kita kesusahan sama soal.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya snagat luas ya, alumni teknik fisika ITB ada yang jadi mentri, jadi dirut di pertamina, bener-bener seluas itu. Kalian juga bisa jadi engineer, bisa jadi produk engineer, atau engineer manajer, atau mungkin yang suka pemrograman bisa jadi programmer, software engineer, bisa jadi data analyst.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau rencana aku pengen lanjut S2, sebenernya masih bingung sih bidang yang akan diambil. Sampai sekarang aku masih tertarik mengambil erasmus engineering, tapi gatau juga apakah itu akan menjadi kenyataan, masih ada dua tahun lagi untuk berpikir-pikir lagi. 

Q&A

  • Dulu masuk jalur apa kak?

aku masuk jalur SBMPTN

Kode konten: C377

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *