Fisika, Universitas Gadjah Mada

Teknik Fisika UGM (Andikha)

Teknik Fisika UGM (Andikha)

Halo intipers, perkenalkan nama saya Andikha Wira Perkasa. Saya adalah mahasiswa Teknik Fisika UGM / Universitas Gadjah Mada angkatan 2018. Disini saya akan sharing sedikit banyaknya pengalaman saya selama berkecimpung di program studi yang sedang saya tempuh saat ini. Langsung saja, cekidot !! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok,pastiin kalian baca sampe beres dulu artikel ini.

Di Teknik Fisika UGM belajar apa aja sih?

Teknik Fisika adalah salah satu program studi teknik atau engineering yang dibekali dengan landasan ilmu-ilmu sains dasar. Mencakup fisika, matematika, dan kimia yang kuat disertai ilmu rekayasa yang luas. Dengan itu mampu menghasilkan inovasi dan invensi dalam merespon perkembangan kebutuhan yang baru dalam kehidupan serta menjembatani berbagai problem keteknikan dengan berbagai bidang ilmu lainnya. So, Teknik Fisika memanglah ilmu yang luas. Karena begitu luasnya Teknik Fisika mempelajari berbagai matakuliah yang mungkin ditemukan pada program studi teknik yang lainnya seperti Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia serta Teknik Material.

unisa

Matakuliah yang dipelajari di Teknik Fisika UGM sangat beragam. Dasar-dasar ilmu sains seperti kalkulus, metode numerik, kimia dasar, elektromagnetika, fisika atom, optika, dan rangkaian listrik sangat dibutuhkan sebagai pondasi dasar untuk menguatkan ilmu-ilmu rekayasa. Ilmu rekayasa seperti elektronika analog dan digital, termodinamika, mekanika fluida, fisika material, kontrol otomatis dan perpindahan panas dan massa. Selain itu juga terdapat matakuliah yang menjadi ciri khas Teknik Fisika seperti biofisika, fisika bangunan, teknologi sensor dan aktuator, komunikasi data serta perancangan sistem instrumentasi. Di program studi ini kita juga mengadakan praktikum untuk meningkatkan kemampuan. Praktikum yang ada di Teknik Fisika ada praktikum kimia dan fisika dasar, pemrograman computer, elektronika analog dan digital, sistem sensor dan aktuator, sistem pengukuran serta komunikasi data.

Lalu, bedanya dengan Fisika Murni apa ya?

Tak sedikit yang bertanya hal ini kepada saya. Memang sepintas kedua program studi ini terdengar sama namun kenyataannya bukan begitu. Fisika lebih cenderung mempelajari berbagai fenomena dan gejala-gejala fisika untuk mencari keteraturan yang menjelaskan bagaimana alam bekerja. Prodi Fisika condong mengarah pada teoritik dan eksperimental. Teknik Fisika condong mengarah pada praktik dan aplikasi dari fenomena-fenomena fisika itu. Intinya ilmu di Teknik fisika terletak pada kemampuan rekayasa teknologi sistem multi-fisika. Jika lulusan Teknik Fisika disebut sebagai Engineer, maka lulusan fisika disebut sebagai seorang Saintis.

Fun Fact Teknik Fisika UGM

Teknik Fisika UGM paling dikenal sebagai program studi neraka se-Fakultas Teknik UGM. Seperti yang telah saya jelaskan diatas. Teknik Fisika mempelajari berbagai bidang termasuk bidang teknik yang lain. Hal ini membuat Teknik Fisika memiliki spektrum ilmu yang luas dan relatif dianggap berat oleh. Eh tapi jangan cepat mengambil kesimpulan dulu ya! Di Teknik Fisika UGM kita akan memilih matakuliah pilihan sesuai bidang yang kita kuasai dan minati. Jadi tidak semuanya juga ilmu fisika dan rekayasa yang dihantam sampai kita lulus. Disini kita dikuatkan pada dasar-dasar ilmu sains dan rekayasa guna menghasilkan output berupa solusi untuk menjawab berbagai problem keteknikan di kehidupan kita. Lalu apa saja kah kelompok matakuliah pilihan yang ada di Teknik Fisika UGM? Yuk simak berikut ini.

pmb2-min

Matakuliah pilihan di Teknik Fisika UGM

Jika di program studi lain mengenal istilah konsentrasi jurusan, maka di Teknik Fisika UGM lebih mengenal istilah matakuliah peminatan. Ada 4 kelompok matakuliah peminatan di Teknik Fisika UGM yang berorientasi pada arah pengembangan program studi itu sendiri. Kita bebas memilih matakuliah yang terdapat pada 4 kelompok studi tanpa terpaku pada salah satu kelompok studi saja. Inilah alasan mengapa istilah peminatan lebih dipakai di Teknik Fisika UGM daripada konsentrasi karena mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih satu kelompok maupun lebih dengan jatah sks matakuliah pilihan yang telah ditetapkan. Berikut adalah kelompok matakuliah pilihan tersebut.

Yang pertama, Peminatan Sistem Instrumentasi. Di kelompok studi ini kita akan mempelajari berbagai tools dan device yang diaplikasikan pada suatu sistem instrumen yang lebih kompleks seperti instrumentasi industri, robotika, sistem audio, otomasi proses dan bangunan serta programing logic control (PLC). Yang kedua, Peminatan Sistem Energi Berkelanjutan. Di kelompok studi ini kita belajar berbagai jenis sumber daya energi terbarukan dan berkelanjutan untuk diaplikasikan pada teknologi pembangkit, penyimpanan, dan pendistribusian energi. Sumber daya energi yang dipelajari adalah air dan gelombang laut, panas bumi, surya, angin serta biomassa. Yang ketiga, Peminatan Sistem Pengkondisian Ruang dan Lingkungan Bangunan.Ā  Dikelompok studi ini kita belajar berbagi fenomena fisis di dalam ruangan dan lingkungan terbangun. Fenomena fisis yang dipelajari adalah termal, kondisi udara, akustika, pencahayaan dan parameter-parameter lingkungan lain untuk menciptakan ruang dan bangunan yang nyaman ditempati oleh manusia.

Lalu, setelah lulus mau jadi apa?

Di ranah engineering, lulusan Teknik Fisika bisa bekerja di berbagai bidang teknik khususnya bagian pengendalian instrumen (intrument control). Bisa di berbagai BUMN dan perusahaan multinasioal yang bergerak di bidang intrumentasi industri dan konversi energi sepeti Pertamina, PLN, GMF, PGN, Schneider dan masih banyak industri lainnya. Salah satu dosen saya di kampus pernah mengatakan bahwa lulusan Teknik Fisika itu dikenal sebagai seorang Instrument Engineer.

Lalu apa yang membedakan kita dengan lulusan teknik lain yang juga bekerja di bidang instumen? Dosen yang sama mengatakan kalau teknik lain menguasai berbagai tools untuk menyelesaikan suatu problem keteknikan. Khususnya di dunia industri yang sesuai dengan keahlian mereka. Kebalikan dengan Teknik Fisika, kita mulai mengamati dan menganalisis suatu problem keteknikan terlebih dahulu baru dengan asumsi dan hipotesis yang ada kita menentukan tools apa yang akan digunakan. Selain itu lulusan Teknik Fisika juga bisa bekerja bidang non-engineering seperti Kementerian ESDM dan PUPR, peneliti di LIPI dan PUI, bahkan juga bisa bekerja di Start Up sekalipun. Jika masih ingin berkecimpung d idunia pendidikan, setelah lulus S1 bisa lanjut S2 atau S3 untuk menjadi dosen sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi.

Tips buat Maba di Teknik Fisika UGM

Bersyukurlah kalian yang berada di program studi ini, karena begitu luas sekali wawasan dan skill kalian di bidang sains dan engineering. Kalian bisa bersaing dengan teman-teman kalian di teknik yang lain dengan menonjolkan keunggulan kita sebagai mahasiswa Teknik Fisika. Jangan takut akan stigma-stigma yang sering terdengar tentang jurusan ini. Nikmati prosesnya secara perlahan. Yang paling penting adalah jangan pernah merasa salah jurusan. Kuatkan niat bahwa setelah lulus nanti kita akan menciptakan suatu inovasi rekayasa teknologi sistem multi-fisika yang akan menjawab berbagai problem dan tantangan dunia keteknikan khususnya yang ada di Indonesia.

Harapan saya setelah lulus?

Sampai sejauh ini saya sangat tertarik dengan isu-isu pengembangan teknologi energi terbarukan di Indonesia. Kelompok studi peminatan energi berkelanjutan menjadi wadah bagi saya untuk terus belajar dan mengembangkan diri di bidang energi terbarukan. Sejak memasuki tahun ke-2 kuliah pun saya sudah sering membaca jurnal tentang energi terbarukan. Saya berencana magang di BUMN yang bergerak di pengembangan energi terbarukan untuk mengeksplorasi lebih dalam dan praktik langsung di lapangan sebelum terjun ke dunia kerja. Jika ada kesempatan buat saya mendapatkan beasiswa untuk lanjut S2. Saya berencana untuk mengambil kesempatan itu untuk melanjutkan studi saya di bidang yang saya minati.

Kode Konten: X141

Komen dibawah! 10

  1. Dimas Fredy Prakasa

    1. Gimana kak biar bisa lulus ke ugm jurusan teknik fisika?
    2. Mata kuliahnya apa aja yang dipelajari di teknik fisika?
    3. Apa aja yang harus mampu kita kuasai, agar tidak kesulitan saat kuliah di jurusan teknik fisika ini?

    • andikhawirap

      Halo Dimas !

      1. Untuk masuk ke teknik fisika UGM bisa melalui jalur SNMPTN, UTBK, Mandiri (Ujian Tulis) dan jalur prestasi (Penelusuran bibit unggul). Untuk SNMPTN dan Prestasi bisa dengan memaksimal nilai rapor terkhusus pada mata pelajaran matematika dan fisika. Namun alangkah bagusnya kalau punya sertifikat prestasi tingkat prov atau nasional.

      Untuk SBMPTN dan Mandiri bisa dengan mengerjakan soal ujian dengan baik agar didapatkan skor yang bagus. Silahkan konsultasi bersama guru atau pengajar bimbel terkait persentase kelulusan peminat per daya tampung teknik fisika UGM dari tahun ke tahun agar dapat menyusun strategi dalam mengerjakan soal dan memaksimalkan peluang.

      2. Untuk matakuliah yang dipelajari terdapat pada tulisan yang telah saya paparkan di artikel intipkuliah. Secara garis besar terdiri dari matakuliah matematika, sains dasar, rekayasa materi dan energi, listrik dan komputasi, serta berbagai praktikum untuk melatih psikomotorik ilmu pengetahuan konseptual yang telah dipelajari di kelas.

      3. Untuk bisa bertahan dan betah di teknik fisika UGM setidaknya kita menguasai matematika dan tentunya fisika. Selain itu kita juga harus mengikuti isu-isu perkembangan teknologi modern yang erat kaitannya dengan dunia keteknikan.

      Sekian, terimakasih.
      Semangat !

  2. Alifa

    Salam kenal kak, saya Maba jurusan teknik fisika UGM šŸ™‚
    Bagaimana cara belajar kakak selama perkuliahan ?
    Dan kita harus bagaimana supaya tetap bisa mengikuti perkuliahan dengan lancar/tidak ketinggalan dengan teman” yng lain?
    Terimakasih

    • andikhawirap

      Halo Alifa !

      Cara belajar saya selama di teknik fisika kurang lebih sama seperti mahasiswa pada umumnya. Kalo di kelas saya biasa mendengarkan dosen dulu baru mencatet materinyadi rumah/kos atau juga bisa di kampus jika sempet. Kalo tugas saya usahakan kerjakan sendiri terlebih dahulu baru minta bantuan sama temen yg jago kalo kita bingung atau tidak paham. Kalo ujian saran saya jangan belajar H-1 krna tidak semua matkul/dosen/metode ujian yg bisa dipelajari H-1. Tetep jalin relasi yg luas dengan berorganisasi agar tidak hanya punya hardskill tp juga softskill. Semangat kuliahnyaa?

  3. Susilo

    Kak…dimana membeli atau mendapatkan buku2 kuliah ?

    • andikhawirap

      Halo Susilo

      Untuk pembelian buku kuliah saya tidak pernah membelinya, jadi tidak tahu pasti dimana bisa dibeli. Selama ini saya cuma fotokopi buku kuliah yang tutun temurun dari kakak tingkat sebelumnya atau kalo beruntung bisa dapet pinjaman dari kakak tingkat jadi ga perlu keluar uang. Terima kasih susilo atas pertanyaannya, semoga membantu.

  4. isyaah

    kak izin bertanya, sebaca saya artikel kaka, dituliskan bahwa ada 4 mata kuliah peminatan di teknik fisika, namun saat dipaparkan kaka hanya menyebutkan 3, satu lagi apa ya kak?

    • andikhawirap

      Halo Isyah !

      Ya benar, disitu saya menuliskan ada 4 kelompok peminatan di Teknik Fisika UGM namun menulis penjelasannya cuma 3 hehe..jadi kelompok peminatan ke-4 adalah matakuliah pilihan bebas. Dibilang bebas karena kelompok mata kuliah ini tidak berhubungan dengan 3 kelompok mata kuliah sebelumnya namun masih berhubungan erat dengan dunia keteknikan (engineering) dan visi dari teknik fisika itu sendiri. Mata kuliah di kelompok tersebut adalah Rekayasa Semikonduktor, Nanoteknologi, CFD (Computational Fluids Dynamics), Teknik Kehandalan, dan Manajemen Teknik Lingkungan.
      Saya tidak menuliskan materi ini di konten karena keterbatan jumlah kata di blog nya. Terima kasih Isyaah atas pertanyaannya, semoga membantu.

  5. Vito

    Izin bertanya kakk,saya tidak terlalu bisa dalam pelajaran fisika tapi saya suka dengan matematika, kira-kira orang seperti saya bisa survive di teknik fisika kak?

    • andikhawirap

      Halo vito, tentu saja bisa kok. Karena di Teknik Fisika juga ga melulu soal fisika. Karena kita Teknik, tentu saja matematika menjadi dasar keilmuan kita juga. Di tahun pertama kita malah banyak belajar matematikanya. Kenapa? Karena di Teknik Fisika kita dikuatkan pondasinya, terlebih dahuku, yaitu matematika. So, jangan khawatir kalo ga terlalu jago fisika yaa..siapa pun bisa survive kok, asalkan mau belajar dan berusaha. Terima kasih vito atas pertanyaannya. Semoga membantu ya.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *