Institut Teknologi Bandung, Teknik Geodesi

Teknik Geodesi dan Geomatika ITB (Teresa)

Teknik Geodesi dan Geomatika ITB (Teresa)

Halo! Kenalin aku Teresa Amalia Purba dari jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika ITB. Sekarang aku semester 4 di ITB. Simak ya intipes!

Apa aja yang dipelajari di jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika ITB?

Kita belajar tentang bumi karena judulnya “geo”, spesifiknya kita belajar pengukuran dan representasi dalam bentuk 3 dimensi. Kita juga mempelajari masing-masing medan gaya magnet, yang dipelajari itu bumi dan benda langit.

unisa

Ketika kita daftar di ITB kita tidak langsung dijuruskan, tapi melalui tahap TPB di fakultas selama 1 tahun. Setelah itu kita baru bisa masuk ke jurusan yang diinginkan. Nah, di Geodesi ITB ada 4 kelompok keahlian:

  1. Hidrografi
  2. Survey pemetaan
  3. Geodesi
  4. Hidrografi

Oh ya banyak yang bilang jurusan Geodesi ITB itu jurusan bar-bar karena banyaknya itu cowo, cewenya itu paling 20-30 aja.

Tugas kuliah di Teknik Geodesi dan Geomatika ITB kaya gimana?

Jadi sebenernya di ITB suasana akademiknya lumayan kental. Geodesi ITB sendiri sudah punya akreditasi internasional, jadi pembelajarannya based on learning kaya problem solving gitu.

pmb2-min

Apa mata kuliah Teknik Geodesi dan Geomatika ITB dan dosen favorit aku?

Dosen favorit ku itu bu Dina Anggraeni karena beliau itu cewe yang jadi dosen karena jarang banget di jurusan teknik seperti Geodesi, Tambang, Geologi. Terus beliau juga kalau menyampaikan materi itu jelas banget.

Mata kuliah favorit aku itu Geodesi Geometrik itu 4 sks karena itungan semua jadi gak perlu pake teori atau hafalan. Meskipun kalau yang lain banyak yang gak suka.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Sebenernya aku gak ada kepikiran kuliah di jurusan ini, karena awalnya  mau di Geografi UGM atau orang tua ku inginnya aku masuk kedokteran. Jadi karena aku suka sama cowo yang masuk ITB, akhirnya aku belajar dan keterima SNMPTN di ITB. Mungkin ini bisa jadi motivasi buat temen-temen.

Tantangannya adalah ITB itu terlalu akademik jadi tantangannya itu banyak tugas, kuis, UTS, UAS itu susah banget menurut aku. Banyak juga temen-temen yang terlena di keorganisasian, ada kasus yang waktu TPB IP nya bagus, tapi setelah masuk jurusan jadi anjlok.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Banyak yang kerja di sektor migas, bahkan satelit di luar negeri sampai NASA. Ada juga di bidang enterpreneurship kaya Gojek dan Grab karena mereka butuh sumbit data pemetaan dari kita. Jadi prospek kerjanya luas banget gitu, gak perlu khawatir.

Tips buat kamu yang udah masuk jurusan ini?

Daftar ITB dulu ya pasti, jalani TPB dengan semangat, banyak doa, jaga kesehatan. Sebenernya gak terlalu stres di ITB, cuma perlu relasi yang baik. Setelah TPB harus fokus sama pembelajaran, insya allah bakal dapat pembelajaran, nilai yang baik dan lulus tepat waktu.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Aku pengen S2, tapi karena ada dosen yang cerita dapat proyek 2M jadi aku pengen kerja dulu. Kerja di BUMN atau perusahaan lainnya.

Kode Konten: Y151

Komen dibawah! 5

  1. Annisa

    Kan kakakknya lulus SNMPTN tuh, nah kalo boleh tau, nilai rata-rata raport kakak brp ya saat daftar SNMPTN?

    • GD 18

      Halo..
      Puji Tuhan dulu SNMPTN dengan nilai raport dan beberapa piagam. Untuk rata-ratanya sendiri sekitar 95 an untuk mata pelajaran yang diujiankan (Matematika Wajib dan Peminatan, Biologi, Kimia, Fisika, Bhs. Indo, dan Bhs. Inggris). Untuk seluruh mata pelajaran sendiri, rata2 raport dari semester 1-5 sekitar 94 an.
      Semoga menjawab yaa

      ~ Salam

  2. GD 16

    Kelompok keahliannya mungkin bisa di koreksi:
    1. Hidrografi (SSKWPL)
    2. Pengindraan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (INSIG)
    3. Survey dan Kadaster (Surkad)
    4. Geodesi

    Thanks!

  3. Herman Hidayat

    Teresa, sekarang di jurusan GD banyak cewek nya ya. Jaman saya dulu tahun 1972 gak ada cewek nya. Palingan di angkatan 1970 ada cewek nya ibu Ningsih.
    Soal karier jangan kawatir bisa jadi apa saja. Karena di GD kita diajarin sistimatika berfikir.
    Salam.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *