Teknik Geodesi, Universitas Gadjah Mada

Teknik Geodesi UGM (Khynant)

Hai teman-teman intipers ! Perkenalkan namaku Khynant Fadil Muhamad kuliah di jurusan Teknik Geodesi UGM angkatan 2018. Kali ini, aku akan sharing pengalamanku selama 4 semester yang ku lewati di Teknik Geodesi. Yuk, disimak !!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Teknik Geodesi itu apa sih?

Secara harfiah, kata Geodesi berasal dari bahasa Yunani, Geo (γη) yang berarti bumi dan daisia / daiein (δαιω) yang memiliki arti membagi. Jika disambung, kata geodaisia atau geodeien berarti membagi bumi. Menurut Asosiasi Geodesi Internasional (International Association Of Geodesy, 1979), Geodesi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan perepresentasian dari Bumi dan cakrawala. Sederhananya, geodesi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pemetaan Bumi baik di darat, udara, dan perairan; bahkan di angkasa beserta benda-benda langit lainnya. Dengan penambahan kata Teknik yang berarti rekayasa, maka dapat diartikan Jurusan Teknik Geodesi merupakan jurusan yang mempelajari tentang perekayasaan pemetaan Bumi.

Pahami baik-baik ya, intipers! Bahwasanya Teknik Geodesi dan Teknik Geologi berbeda loh ! Karena Teknik Geologi mempelajari tentang perekayasaan proses dan material yang berada di dalam Bumi untuk pemanfaatan bagi manusia. Sedangkan, Teknik Geodesi mempelajari perekayasaan pengukuran dan pemetaan pada permukaan Bumi.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Teknik Geodesi UGM belajar apa ?

Pada jurusan Teknik Geodesi sendiri memiliki beberapa lingkup keilmuan.

schooters
  1. Pemetaan : Survei Terestris, Fotogrametri, dan Survei Hidrografi.
  2. Ilmu dan Seni Pembuatan Peta : Kartografi.
  3. GIS : Sistem Informasi Geografis.
  4. Administrasi Pertanahan dan Properti.
  5. Manajemen Wilayah Perbatasan.

Survei Terestris merupakan salah satu bidang ilmu pemetaan yang melakukan kegiatan pengambilan data ukuran untuk pembuatan suatu peta. Seperti ; Peta Jalan. Sedangkan, Survei Hidrografi ilmu yang mempelajari mengenai pemetaan di perairan. Dengan melakukan pengukuran untuk mengetahui kedalaman serta topografi pada suatu perairan. Lain halnya dengan Fotogrametri yang merupakan ilmu yang menggunakan wahana berawak ataupun nir-awak seperti drone untuk melakukan pemetaan melalui foto udara dengan hasil berupa peta foto atau model.

Selain ilmu yang berupa eksakta, Teknik Geodesi pun mempelajari ilmu tentang estetika. Yakni, Kartografi. Kartografi merupakan bidang ilmu yang mempelajari mengenai keindahan dalam pembuatan peta. Hasil yang didapat berupa peta 2D maupun 3D.

Teknik Geodesi memiliki bidang ilmu yang luas serta mengikuti perkembangan zaman. Pada era Digital ini terdapat bidang ilmu yang memadai. Yakni, Sistem Informasi Geografis (SIG). Sistem Informasi Geografis merupakan bidang ilmu yang digunakan untuk membangun, menyimpan, mengolah data, dan menampilkan informasi geografis. Contoh hasil dari ilmu Sistem Informasi Geografis salah satunya berupa GoogleMaps.

Selain Ilmu Eksakta dan Ekstetika, Teknik Geodesi pun belajar pada bidang hukum dan sosial salah dua contohnya, yaitu : Administrasi Pertanahan dan Properti, dan Manajemen Wilayah Perbatasan.

Ada Apa dengan Teknik Geodesi UGM?

Kuliah di Teknik Geodesi itu sangatlah menantang. Karena praktikumnya bervariasi. Alat-alatnya pun sangat menarik. Mulai dari mempelajari alat, menggunakan alat di lapangan, dan juga menghasilkan produk dari praktikumnya. Tugas yang dikerjakan ( biasanya kami sebut Tugas Akhir Semester) sangatlah beragam. Dari Tugas Akhir tersebut, kami pun lebih sering bersama-sama satu angkatan. Mengerjakan tugas, berdiskusi maupun bercengkerama. Ohya, jika biasanya Jurusan Teknik identik mengenai sedikitnya perempuan yang ada, beda halnya dengan Teknik Geodesi. Karena Teknik Geodesi di “Kampus Kerakyatan” ini di setiap angkatan baru selalu bertambah perempuan-perempuan tangguh yang hadir. Menarik bukan ?

Selain itu, ilmu yang telah dipelajari setiap satu semester amat sangat berguna dan biasanya pada saat libur semesteran teman-teman ku banyak yang magang di instansi-instansi yang membutuhkan jasa dengan modal ilmu yang dipelajari tersebut. Selain uang tambahan untuk jajan, magang yang telah dilakukan pun dapat digunakan untuk menambah pengalaman.

Teknik Geodesi bisa dibilang dapat dihitung jari yang telah dibuka di universitas dalam lingkup Nasional. Baik Negeri maupun Swasta. Karena masih sedikit yang dibuka masyarakat awam pun masih sedikit yang mengetahui. Namun, ilmu yang sangat diperlukan menjadikan prospek kerja dari lulusan Sarjana Teknik Geodesi begitu luas.

Tips & Trik di Teknik Geodesi ??

  • Biasakan diri berteman dengan banyak angka ya! 

Karena di Teknik Geodesi kamu akan banyak urusan nih sama perhitungan dan juga pengukuran. Makanya, Jangan sampai musuhan ya!! Tapi engga semua mata kuliah ada hitungan kok. Masih ada beberapa mata kuliah yang tidak pernah tampak angka-angka yang ruwet nan menjelimet.

  • Praktikumnya melimpah ruah

Buat kamu yang lebih suka kuliah di lapangan karena jenuh kalau kuliah menghadap papan tulis terus-menerus. Teknik Geodesi menjadi pilihan tepat! Karena praktikum yang diberikan pun melimpah ruah. Dari menggunakan alat di sekitar Fakultas Teknik, sekitar Universitas, praktikum di lab, menggunakan laptop, sampai praktikum di danau ataupun waduk!  Yakin gamau ?

  • Sedia payung sebelum hujan

Pepatah ini bukan sembarang pepatah. Namun, kamu pun harus selalu siap sedia membawa payung! Kenapa? Karena ketika praktikum di lapangan dan kondisi tiba-tiba hujan. Maka, hal yang sangat diutamakan adalah gunakan payung kamu untuk melindungi alat praktikum dari terjangan hujan. Sayangi alat praktikummu lebih dari pacar kamu (kalau punya) ya! hehe.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek Kerja Lulusan Teknik Geodesi UGM?

Sebenarnya, sangatlah banyak lapangan pekerjaan yang membutuhkan peranan lulusan Teknik Geodesi di dunia kerja. Karena begitu luas ilmu yang dipelajari di Teknik Geodesi. Beberapa contoh perusahaan yang membutuhkan jasa seorang geodet, yakni :

  • Lembaga Pemerintah : Badan Pertanahan Nasional (BPN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).
  • Kontraktor Bangunan : WiKa
  • Akademisi dan penelitian : Dosen, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).
  • Industri Kreatif : GoJek, Grab.

Kode konten: X393

Komen dibawah! 10

  1. Diva

    Saya dari SMK Kehutanan jurusan Teknik inventarisasi dan pemetaan, dalam jurusan saya belajar pengukuran pemetaan digital , dan juga sistem informasi geografis namun lebih untuk keperluan kehutanan .. apakah bisa dari smk saya masuk geodesi? Terimakasih ?

    • kunthara45

      Halo, Diva. Salam kenal!
      Dari SMK kamu dengan pemahaman mengenai pengukuran pemetaan digital serta sistem informasi geografis lebih dulu sangat besar peluang kamu untuk kuliah di Geodesi.
      Sebenarnya, masuk kuliah tidak terlalu memandang berasal dari jurusan apa pada saat SMA/SMK dahulu. Yang terpenting, adanya niat juga kesesuaian syarat yang ada pada SBMPTN. misal, karena Teknik Geodesi masuk ke dalam lingkup SAINTEK maka pada saat SBMPTN harus memilih SBMPTN tipe saintek.
      Semoga cukup jelas, jika kurang jelas boleh sekali bertanya kembali ya!

  2. Icha

    Kak kalo boleh tau kakak lulus jalur SNMPTN atau SBMPTN? Kalo SNMPTN rata-rata nilai raport kakak dulu brp?

    Makasih kak…

    • kunthara45

      Hai, icha! Salam kenal.
      Kebetulan aku lulus di SBMPTN hehe.
      Tapi, temen-temen ku yang lolos SNMPTN kebanyakan lolos dengan nilai rata-rata rapot sekitar 89-91 hehe semoga membantu??

  3. Fahan Rayhan

    Halo kak. Apakah bisa menang jalur snmptn dengan rata-rata nilai 92,43 dan memiliki sertifikat medalis olimpiade sains bidang matematika, sekolah akreditasi A, tapi belum ada alumni di jurusan teknik geodesi UGM, bahkan di UGM sama sekali belum ada?
    Terima kasih

  4. Yanuar Putra

    Salam kenal…
    Sy Yanuar Putra dr Pekalongan
    Anak sy diterima di Geodesi UGM 2020
    Sy bisa minta no WA nya Mas… Maaf pengin konsultasi lebih lanjut ttg Geodesi
    No WA sy 081548048855
    Nuwun…

  5. Anggielsa

    Haloo, saya dari smk jurusan rekayasa perangkat lunak appa bis masuk geodasi?

  6. Beni

    Kak, salam kenal. Saya pengin kuliah di Geodesi, tapi pengin kerja di tambang. Gimana Tips ya kak ? Terima kasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *