Teknik Geodesi, Universitas Gadjah Mada

Teknik Geodesi UGM (Romi)

Teknik Geodesi UGM (Romi)

Halo sobat intipers! Romi Fajar Prihutomo Jurusan Teknik Geodesi UGM angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Teknik Geodesi UGM itu seperti apa?

Secara garis besar, sebenernya kami itu belajar tentang pengukuran. Nanti di aplikasikan ke peta, basicnya matematika. Temen-temen yang suka matematika cocok bangetlah di teknik geodesi ini, tapi matematikanya beda sama yang biasanya, jadi matematika terapannya gitu.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Di geodesi ini gak cuman tentang darat, jadi nanti ada kita memetakan laut juga, kita memetakan darat pakai drone, satelit gitu, jadi menarik.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Geodesi UGM?

Kalau alasanku ambil jurusan ini gak ada kimia, karena aku dari SMA gak bisa kimia, gak tertarik kimia juga, jadi lebih suka hitung-hitungan gitu. Kemudian waktu aku cari-cari itu apa sih yang jurusannya gak ada kimianya, eh ternyata geodesi gak ada kimianya. Terus liat prospek kerjanya juga luas banget, bisa ke bangunan gitu, kontraktor, ke BPN, pokonya banyak banget yang dibutuhin dari lulusan teknik geodesi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau dari geodesinya sendiri itu nanti awal-awal belum keliatan, soalnya kita masih umum banget, kita bikin peta yang bisa dibilang itu peta bisa bikin, tapi nanti kalau udah masuk semester 3,4,5 dan seterusnya praktikum terus, kita ada pembuatan jalan misalnya kita harus memperhitungkan jalannya bagaimana, titik-titiknya bagaimana, kemudian membuat jembatan, bandara, kita mempertimbangkan dan lain-lainnya, kita harus mempertimbangkan sudut, tapi di geodesi ini satuan sudut itu dibagi lagi, jadi ada derajat, menit, dan detik. Jadi 1 derajat itu 60 menit, 1 menit itu sangat teliti nanti jadinya gitu.

pmb2-min

Sebenernya kalau temen-temen tau gojek, itu kan ada icon driver, terus ada basemap nya gitu, itu sebenernya yang ngurus-ngurus itu dari teknik geodesi pakai satelit. Jadi buat mengsinkronkan drivernya dimana dan keadaan aslinya itu pakai ilmu yang ada di geodesi juga. Jadi sebenernya teknik geodesi banyak di lapangan, karena kita untuk ngambil data harus ke lapangan.

Seperti yang udah aku bilangin tadi survey edugrafi, kita itu harus praktikum ke perairan langsung, kaya naik kapalnya, atau kita mencelupkan alat-alatnya ke perairan tersebut. Kalau misal survey terestris tadi yang tanah, kita harus mengambil ke lapangan langsung. Kalau misal foto drone, kita gak perlu jauh-jauh, walau di lapangan kan drone yang jalan-jalannya.

Sebenernya tergantung konsentrasi yang kita pilih, kita mau yang banyak di lapangannya atau yang fokus di depan komputer gitu. Jadi nanti pengolahan data banyaknya di komputer, jadi untuk memperoleh data banyaknya di lapangan, kalau ngolah data banyaknya didepan komputer, untuk peta yang diinginkan costumer.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Sebenernya dari mulai semester 3 kita diperbolehkan untuk memilih mata kuliah peminatan, jadi untuk masing-masing mahasiswa terserah mau milih kemana. Secara garis besar peminatannya ada 3: pertama terestris, terestris itu tanah dan kita belajar ada totally station, teleodolit, water pass.

Kemudian ada peminatannya perairan, nah ini kita survey nya menggunakan kapal, mpss, pokonya alat-alat yang menunjang kegiatan kita, misal ada juga alat yang nyari keberadaan ikan, jadi kalau nelayan modern pakai alat itu dan dipakai juga sama anak geodesi. Terus juga ada peminatan yang SIG sama penginderaan jauh gitu, jadi kita memetakannya pake drone atau satelit, misal kita ambil pemetaannya dari google earth engine, terus kita oleh untuk membentuk suatu peta yang dibutuhkan. Nanti lebih dalemnya lagi di semester 5. Jadi nanti setiap semesternya ada mata kuliah wajib ada 20 sks, nanti ada 4 sks yang kalian boleh milih mata kuliah pilihan.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau di UGM ada SNMPTN, SBMPTN, atau UTBK, UTUL, ada PBU (Penelusuran bibit unggul). Kalau temen-temen penasaran, ada di websitenya UGM, sangat singkat dan jelas.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Geodesi UGM?

Buat maba tahun 2020-2021 ini kan full online, sedangkan di teknik geodesi ini banyak praktikum. Kalau praktikum online kan kita liat video orang ngedidik, makai alat itu beda dengan praktikum langsung. Jadi buat mahasiswa baru, kalau nanti ada praktikum offline, kalian harus manfaatin bener-bener jangan sampai nanti kalian udah semester semakin tinggi, kalian gak tau cara penggunaan alat.

Terus pas awal-awal tuh suka ada perasaan menyesal, kok aku di geodesi, kok geodesi kaya gini. Kalau temen-temen masih ada minat dalam diri, kalian bisa tekunin semester 1 dan 2, karena untuk semester awal masih terlalu dini kalian menebak apa itu geodesi, namun nanti semester 3 dan 4, baru ketauan geodesi kaya gimana. Prospek kerja juga menjanjikan, jangan cuman fokus di akademik, tapi bkan berarti menyepelekan akademis. Perbanyak temen, karena kan IPK tuh maksimal 4, ada 96 lain yang harus temen-temen cari diluar itu tapi jangan menyepelekan 4 tadi, karena tanpa 4 itu gak akan bisa jadi 100.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau untuk di lembaga pemerintahan banyak nya itu di BPN (Badan Pertanahan Nasional). Kemudian ada di BIG (Badan Informasi Geospasial) kemduian ada lembaga penerbangan dan antariksa nasional atau LAPAN. Jadi temen-temen tau gak sih yang waktu puasa itu kita nentuin hilal, itu LAPAN kan yang nentuin, nah kita bisa jadi disitu. Kalau kontraktor bangunan bisa di wika, adikarya, dll. Terus kalau akademisi dan penilitian kita bisa jadi peneliti di LIPI, lalu bisa ke BPPT.

Kalau industri kreatif itu kita bisa ke gojek, grab, asri (yang memproduksi software pemetaan gitu). Pertambangan juga bisa, bisa di pertamina, dan lain-lain. Jadi gak usah panik kalau mengenai prospek kerjanya.

Kalau BPN sendiri, nanti kita bagian kerjanya di pemetaan, nah kita yang ngurusin sertifikat tanah yang bagian ngeplot tanahnya berapa dll itu luasnya harus tepat, karena luas tanah itu mahal. Kita harus ngukur yang bener dan teliti, dan antara tanah satu dan tanah lain yang bersebelahan, kita enggak boleh ada tumpang tindih, jadi gak boleh ada perselisihan antara tanah tersebut, kemudian kita juga ngurusin sertifikat, kalau ada sertifikat tanah yang hilang, kita harus ke rumahnya ngukur ulang baru bisa menerbitkan sertifikat barunya.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau rencana sekarang, ingin lulus 4 tahun dan dapat predikat cumlaude dan inginnya sih kerja di pertamina, emang minat kerja disana dan pengen jadi engineer disana. kalau di pertamina kerjanya kita misal kita bisa cari titik minyak tersebut, jadi awal pertama-tama ada anak geologi pakai ilmunya, berdasarkan batuan dibawah sini ada minyaknya nih, tapi gatau ada dimana, nah nanti sarjana geodesi yang menepatkan titik tersebut, misal di koordinat sekian, mengebor di kedalaman sekian. Karena kan pengeboran itu biayanya mahal, jadi kalau misal kita salah ngebor dan minyaknya gak keluar, itu rugi banget, jadi harus punya ketelitian yang tinggi.

 

Q&A

  1. Bedanya geodesi, geofisika, geologi apa ya dan bedanya geodesi dengan geomatika?

Jadi untuk di UGM sendiri, geofisika masuknya bukan ke teknik jadi masuknya ke fakultas MIPA, jadi nanti gelarnya juga beda. Kalau geofisika sendiri setau aku, lebih ke penghitungannya gitu, jadi kebanyakan nanti dari geofisika masuknya ke BMKG. Kalau geologi sendiri di UGM sama masuknya ke teknik seperti geodesi, kalau di geologi sendiri lebih fokus ke dalam-dalamnya, kan kalau ke geodesi lebih ke permukaannya, kalau geodesi dan geomatika itu kalau di UGM itu ada ya sekolah vokasi geomatika, jadi yang aku tau geomatika itu lebih ke informatikanya gitu, tapi kalau tekniknya S1 itu geodesi, dan S2 nya geomatika temen-temen. Jadi geomatika itu lebih ke pengolahan data dan web nya gitu.

  1. Bedanya teknik geodesi sama geodesi di FMIPA?

Kalau di UGM sendiri gak ada geodesi di FMIPA ya temen-temen, adanya cuman teknik geodesi.

  1. Dulu skor UTBK nya berapa? Dan tips untuk seimbang akademik dan organisasi dong kak?

Jadi taun 2019 aku UTBK dan aku cuman sekali dan skornya sendiri 663 rata-ratanya, tapi aku lebih tinggi di bagian TPS daripada TKA nya, kalau TKA nya aku tingginya di matematikanya. Emang keliatannya kuliah itu sibuk banyak tugas dll, cuman kalau kuliah cuman berfokus di akademik, kalian cuman belajar dan belajar aja, apa kalian enggak bosen? Kalau aku sendiri, organisasi itu buat hiburan juga, jadi ketika aku bosan dengan akademis, kita bisa sharing hal-hal lain diluar akademik, jadi kita bisa bikin organisasi buat pelarian dari pusing akademik.

  1. Bagaimana cara membagi waktu antara akademis dan organisasi?

Kalau buat akademik ini temen-temen harus selangkah lebih maju, bisa nanya sama kakak tingkat dulu, jadi temen-temen bisa belajar lebih dulu daripada temen-temen yang lain. Jadi waktu dikasih dosen kita tinggal ngulas. Setiap dosen memiliki kriteria yang berbeda-beda untuk tugas, dan nilai-nilainya. Jadi yang penting kalian gak anek-aneh.

  1. Gimana sih cara nentuin jurusan buat orang-orang yang gak tau keahliannya apa?

Mungkin banyak yang bilang passion ya. Jadi temen-temen ini misalnya gak tau senengnya dimana dll, coba temen-temen petakan dulu hal-hal yang gak kalian sukai dulu, terus minta pendapat temen-temen apa yang kalian tuh jago, biasanya temen kalian yang lebih tau kelebihan diri kalian

 

 

Kode konten: C636

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *