Teknik Geodesi, Universitas Gadjah Mada

Teknik Geodesi UGM (Yesi)

Teknik Geodesi UGM (Yesi)

Halo sobat intipers! Aku Yesi Tri Winarni dari Teknik Geodesi UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Geodesi UGM seperti apa?

Secara garis besar kita belajar tentang pemetaan bumi atau merepresentasikan permukaan bumi. Kadang pada nanya juga bedanya geodesi sama geologi itu apa, kalau geodesi itu fokusnya ke permukaan bumi, baik yang di darat, laut dan udara. Nah, geodesi itu akarnya adalah matematika, jadi kalau pengen masuk Geodesi harus bener-bener disiapin mentalnya untuk ketemu hitungan setiap hari. Hampir 80% itu semua ada matematikanya. Meskipun saintek dan banyak hitungan, di Geodesi UGM itu gak ada kimia sama biologi, yang jelas ada fisika dasar semester 1 nah sisanya pengaplikasian matematika.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan.Ā Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Geodesi UGM?

Aku dulu sebenernya pengen di Geografi UI. Dulu aku coba cari apa yang aku suka, terus aku kalau liat bumi tuh penasaran kenapa bisa ada siang dan malam gitu. Terus aku cari jurusan yang mata kuliahnya itu hampir sama dan nemu di Teknik Geodesi UGM.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Karena kita belajar darat, air, udara bahkan luar angkasa. Kalau di darat itu kita lebih sering survei teritris atau pemetaan. Kalau di air survey hidrografi, sedangkan yang di udara itu namanya fotogrametri atau penginderaan. Mungkin temen-temen sering lihat ada yang pake drone untuk pemetaan, nah itu kami yang mengolah datanya, mulai dari memfoto terus diolah untuk bisa dimodelkan secara 2D/3D.

Mata kuliah yang paling aku suka itu survey informasi geografis. Nah sekarang ini kan lagi di rumah banyak yang sering pesen makan Online, itu tuh namanya info geografis dimana sih rumah kita sampai barang itu bisa sampek tepat depan rumah. Ada lagi survey teritris itu kita di lapangan, bisa melepas penat di sekitar fakultas teknik atau sekitar UGM.

schooters

Praktikum di semester awal itu kita belajar alat seperti theodelit, rambu ukur, dll. Sudah mulai semester awal kita sudah mulai ke sistem informasi geografis dan praktikum keindahan peta, agar semua orang bisa melihat baik itu oleh individu yang mengalami buta warna.

Tugasnya di Geodesi ada beberapa mata kuliah yang praktikum. Kalau gitu banyaknya itu tugasnya dalam praktikumnya, dan banyaknya itu kelompok, jadi cape bareng, pusing bareng gitu. Jarang tugas individu sebenernya.

 

Kegiatan praktikum

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Teknik Geodesi UGM?

Kita yang menentukan konsentrasinya mau dimana, ke darat, laut atau udara. Jadi bener-bener diri kita sendiri yang menentukan. Itu udah mulai dari semester 5 udah bisa mulai pas pengambilan KRS.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Setahuku ada SNMPTN, SBMPTN sama mandiri atau UTUL. Untuk daya tampungnya sekitar 150-160 orang seangkatan.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Jangan malu untuk bertanya kalau bingung, bisa tanya ke temen, kakak tingkat atau asisten praktikum.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya itu luas, bisa di badan pertanahan negara, perusahaan properti juga bisa. Kalau mau di Gojek juga bisa.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Semoga bisa lulus tepat waktu dan bekerja di kementrian perhubungan.

Q&A

  1. Apakah sering membuat peta? Kalau iya pake software apa aja?

Pada dasarnya kan pemetaan, jadi sering juga buat peta dan mulai pake aplikasi di semester 3. Kita pake Arcgis.

Kode Konten: C156

Komen dibawah! 10

  1. Muchammad Fitroh Alfarizi

    1). Kak saya dari SMK Teknik Geomatika. Dan saya gk begitu jago dengan MTK (biasa2 aja). Dan lebih ke Praktek nya. Apakah saya layak bisa Kuliah Teknik Geodesi?
    2). Untuk stratanya ada berapa?
    3). Suasananya pas kakak baru masuk Teknik Geodesi gimana kak? Apa kah tegang bgt?

    • yesitri

      Hallo Muchammad Fitroh Alfarizi, aku coba jawab pertanyaanmu yaaa šŸ™‚ 1) Tentu layak bangett dongg. Kamu tenang ajaa gak usah khawatir karena di Teknik Geodesi UGM disetiap matakuliah yang berhubungan dengan matematika pasti ada asisten dosen kok, yang bakal bantuin kamu.
      2) untuk stratanya kita ada sampai S3. Oh iyaa aku mau kasih tauu juga, kalau Teknik Geodesi UGM ada program diplomanya dan kalau kamu dari SMK Teknik Geomatika apabila daftar di program diploma maka peluang diterimanya besar loh. Karena sekolah vokasi UGM bekerja sama dengan SMK – SMK yang ada di Indonesia 3) Suasananya menuruku seru sihh gak tegang. Karena waktu awal masuk masih banyak matakuliah yang dipelajari di SMA/SMK, mungkin kalau dari aku agak kaget karena harus praktikum di lapangan sihh. Tapi aku yakin kalau kamu pasti akan sangat mudah beradaptasi dengan suasananya karena kamu sudah ada basic di geomatika. Dan di Teknik Geodesi UGM ini, katingnya (kakak tingkat) sangat welcome banget.

      • Muchammad Fitroh Alfarizi

        Waahhh….. Jadi nambah semangat untuk ke UGM???. Kak kalo ingin tau lebih detail tentang kayak fakultas2 & strata2 infonya bisa lihat dimana ya kak?

  2. Icha

    Kalo boleh tau kakak masuk jurusan geodesi jalur SNMPTN/SBMPTN? Kalo SNMPTN rata-rata nilai raport kakak waktu itu berapa ya?
    Makasih kak…

    • yesitri

      hallo Ichaa salamm kenal :). Aku dulu masuk jurusan Teknik Geodesi UGM lewat jalur SNMPTN. Aku agak lupaa sih dulu rata- rata raport ku berapa tapi kira- kira sekitar 87 – 90, Ichaa.

  3. Alfa

    Kak sekolah vokasi Geodesi itu namanya apa? Saya searching2 gk ada. Syarat2 dan cara daftarnya gimana? Saya bingung cari informasi di mana ??

  4. Alfa

    Kok gk ada ya kak yg geodesi/geomatika…. Adanya Teknologi survei dan pemetaan sama SIG aja! Yg vokasi geodesi/geomatika mana kak?

  5. Alfa

    Yg membedakan apa kak dengan geodesi?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *