Institut Teknologi Bandung, Teknik Geofisika

Teknik Geofisika ITB (Ilona)

Teknik Geofisika ITB (Ilona)

Halo sobat intipers! Aku Ilona Jocelyn U. dari jurusan Teknik Geofisika ITB angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Geofisika ITB itu seperti apa?

Teknik Geofisika itu gabungan antara Geologi, Fisika dan Komputasi. Kita mempelajari tentang cara eksplorasi bahan atau minyak bumi yang ada di dalam bumi, fenomena alam yang terjadi di dalam bumi.

Untuk hitungannya lumayan kuat, tapi sekarang kan menggunakan software, jadi lebih ke arah coding juga.

promo-web

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Geofisika ITB?

Dulu kan masuk ke fakultas dulu dan karena tertarik dengan kerja lapangan dan terlihat prospek kerjanya lebih luas jadi milih Geofisika dibanding lainnya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Teknik Geofisika ITB?

Sebenernya kita sama aja belajarnya kaya mahasiswa lain di kelas, tapi kita itu ada lab yang terhubung langsung dengan lab dan kita harus kuliah lapangan juga. Kalau kuliah lapangan aku sendiri belum dapet, pengalaman kakak tingkat kuliah lapangannya itu di Jawa Tengah mengambil data dan cobain alat-alatnya. Alat-alatnya semua udah disediain sama ITB karena memang alatnya itu mahal-mahal juga. Di sana kita mengambil data, cobain alatnya dan analisis data.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kelompok keahlian di Teknik Geofisika itu berbeda dengan jurusan lainnya yang biasanya dipilih di semester tertentu. Kalau kita ada 3 kelompok keahlian untuk fokus tugas akhir dan pemilihan dosen pembimbing skripsi. Ada Geofisika Terapan dan Eksplorasi, Geofisika Global dan Seismologi. Geofisika Terapan dan Eksplorasi fokus membahas eksplorasi daya bumi seperti gas, mineral, geotermal. Geofisika global itu lebih ke arah mitigasi bencana, energi, lingkungan. Seismologi itu berhubungan gempa bumi.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada SNMPTN, SBMPTN dan uji mandiri. Kuotanya itu 35% SNMPTN, 35% SBMPTN dan 30% ujian mandiri. Tahun kemarin, 135 orang, nah di 2018 setahu aku peminatnya 2000-3000. Fyi, mulai tahun 2019 itu ITB membuka prodi ini di kampus Cirebon, sistemnya langsung penjurusan sendiri.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tipsnya, harus mau belajar banget karena ini kan belum pernah dipelajari di SMP atau SMA kecuali pernah ikut olimpiade. Jadi, menurut ku harus belajar banget karena hal ini baru banget. Pertama emang agak kaget, tapi aku udah eksplor tentang kurikulum dan mata kuliah di laman resmi ITB.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja kita lumayan luas, bisa kerja di oil and gas company, perusahaan mineral, pertambangan. Kalau mau ke peneliti bisa ke LIPI. Bisa juga ke badan pemerintahan kaya BMKG di bagian yang lihat gempa, geoteknik bangunan.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Berminat untuk S2 dulu terus baru mulai kerja, tapi kalau misalnya dapet kerja dulu juga gapapa banget sih.

Q&A

  1. Perbedaan Teknik Geologi dan Geofisika itu apa?

Geologi itu kan lebih melihat batuannya kan, lihat strukturnya, dsb. Kalau Geofisika itu lebih ke arah mendapatkan data geologi dan mengimplementasikan pendekatan fisika, misalnya melihat kedalamannya, dan kebutuhannya lainnya. Data yang dihasilkan juga beda. Intinya kalau Geofisika itu belajarnya Geologi juga Fisikanya.

  1. Perbedaan Teknik Geofisika di kampus Ganesha dan kampus Cirebon?

Beda kampus aja sebenernya, karena ITB kan ada perjanjian dengan pemerintah Jawa Barat untuk membuat multikampus, dan selain Teknik Geofisika jurusan lainnya juga akan buka.

Kode Konten: Y250

Komen dibawah! 2

  1. mouza07

    Kak, mau nanya nih. Kira-kira sertif olimpiade kebumian dapat berpengaruh gak ya kalo daftar di fttm?

  2. Clara Agnatasia Matondang

    Kak kalau mau masuk fttm itu sertifikat/mendali olim fisika membantu gasih?? Karna kan aku ga ngerti apa itu kebumian kan belum di pelajari di smp sama sma,, makanya aku fokus ke fisikanya aja

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *