Institut Teknologi Sumatera, Teknik Geofisika

Teknik Geofisika Institut Teknologi Sumatera (Mutiara)

Teknik Geofisika Institut Teknologi Sumatera (Mutiara)

Halo sobat intipers! Aku Mutiara Islamia jurusan Teknik Geofisika Institut Teknologi Sumatera angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Teknik Geofisika Institut Teknologi Sumatera itu seperti apa?

Sama kaya belajar Geologi, ibaratnya geologi itu sebagai medianya dan yang fisika sebagai alat untuk mengetahui apa saja yang ada di dalam bumi itu.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Geofisika Institut Teknologi Sumatera?

Awalnya saya gak ada minat sama sekali sama geofisika. Saya gak tau geofisika itu apa, yang saya cuman tau geofisika itu orang BMKG, pasti ini tentang kegempaan gitu yang ada di pikiran saya waktu SMA. Waktu SMA ada bimbel gitu, saya liat-liat tentang perkuliahan, dan say aberpikir kalau geofisika keren juga dan saya coba-coba saja dan Alhamdulillaah saya lulus.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau mata mata kuliah sama tugas yang khas gak ada sih, palingan itutuh emang mempelajari tentang geologi, fisika, instrumentasi. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di jurusan teknik geofisika ada konsentrasi, kalau di institut teknologi sumatera itu bertahap. Tahun pertama itu tahap persiapan bersama, kita itu mempelajari mata kuliah dasar kaya matematika, fisika, kimia dasar. Pada tahun kedua, semester tiga dan empat baru kita mempelajari ilmu geologi. Pada semester lima baru mempelajari metode. Semester enam ini baru kita mengambil atau menentukan pilihan kita itu mau kemana nantinya misalnya kita mau bekerja di migas, geothermal, terus ke kegempaan, dan lainnya.

pmb2-min

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Jalur masuknya sama kaya negeri biasa, ada SNMPTN, ada SBMPTN, dan ujian mandiri. Terus ada jalur prestasi sama hafidz.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Geofisika Institut Teknologi Sumatera?

Tips buat mahasiswa baru, karena kita itu anak teknik dan pasti banyak ke lapangan. Persiapkanlah mental sama fisik harus lebih kuat, karena anak teknik itu lebih banyak ke lapangan apalagi pas kuliah lapangan nanti, kuliah lapangan itu paling parah karena kita itu emang turun langsung memakai semua metode kaya metode sesmit, listrik, semuanya dipake dan kita itu gak ada misalnya yang cewe harus dikasihani gitu tuh gak ada.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau prospek kerjanya itu bisa ke pertambangan, bisa ke oil and gass, geothermal juga dan bisa juga kerja di instansi pemerintahan kaya sumber daya mineral energi, sama di BMKG. Lebih ke geo sains

Harapan dan tujuan kamu setelah lulus

Rencana saya mau lanjut studi S2, karena kalau kerja belum kepikiran jadi mau lanjut kuliah aja.

Kode konten: C346

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *