Institut Teknologi Bandung, Teknik Geologi

Teknik Geologi ITB (Habil)

Teknik Geologi ITB (Habil)

Halo sobat intipers! Aku Habil Hidayat dari Teknik Geologi ITB angkatan 2019 . Kali ini aku ingin sharing peng mbalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Geologi ITB seperti apa?

Secara umum kayanya temen-temen juga udah tahu kalau geologi itu membahas tentang batu batuan. Jadi sebenernya teknik geologi secara umum itu ilmu yang mempelajari tentang bumi. Kita belajar tentang inti bumi, kerak bumi, dll. Lebih spesifiknya geologi itu terbagi jadi macam-macam. Ada geologi pertambangan, geologi perminyakan. Jadi cakupan geologi sebenernya lebih luas gak hanya tentang batuan. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Geologi ITB?

Alasannya sih simpel, karena cakupan geologi itu luas jadi seandainya kita mau masuk pertambangan, perminyakan itu juga bisa. Cakupan geologi itu luas gak hanya ke satu jurusan secara spesifik gitu, jadi nanti buat masuk kerja nanti lebih luas jangkauannya. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Baru semester 4 di ITB, jadi belum banyak mata kuliah yang geologi. Apalagi kalau di ITB kan tahun pertama itu di fakultas dulu, setelah itu bersaing lagi buat masuk jurusan yang diminati. Jadi, kalau di jurusan baru 1 tahun apalagi online, jadi belum bener-bener terasa mata kuliah apa yang disenengi. 

Selama 1 tahun pertama kita belajar materi SMA cuma versi lebih advance nya. Ada mata kuliah kalkulus, kimia, dsb. Bisa dibilang kaya SMA kelas 4. Ada beberapa mata kuliah yang ilmu kebumiannya. Tugas-tugas di ITB itu kebanyakan tugas kelompok. Kalau pas di jurusan itu lebih banyak tugas individu, meskipun gitu kerjainnya bareng-bareng juga kan ada himpunannya. 

Kalau Teknik Geologi itu masuk fakultas ilmu dan teknologi kebumian. Itu ada 4 jurusan, yaitu teknik geologi, teknik geodesi dan geomatika, oseanografi sama metereologi. Buat masuk jurusan di ITB itu sesuai minat dan IPK kita masing-masing. Ibaratnya kaya UTBK lagi, berebut IPK tinggi buat masuk jurusan. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, di geologi itu kalau gak salah nanti di semester 7 bakal ada pengelompokkan. Misalnya, ada geologi petrolium itu dari namanya kan berarti geologi yang lebih menjangkau ke bidang perminyakan. Selain itu, ada juga geologi yang lebih spesifik ke mineral, mau ngambil tentang besi atau nikel, dll. Ada lagi geologi hidrologi yang membahas tentang air tanah, juga ada geo sains yang lebih condong ke penelitian. Banyak sih sebenernya pengelompokannya lebih dari yang aku sebutin barusan. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Jalur masuknya kaya kampus lain, ada SNMPTN, UTBK sama jalur mandiri. Aku dulu masuk lewat jalur mandiri. Sebelumnya aku udah keterima di Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir. Aku ikut UTBK tapi ngisinya ngasal gitu, jadi ikut mandiri juga iseng sebenernya aku lulusan 2018. Sebelumnya udah nyoba di ITB tapi belum rezeki, di 2019 karena udah keterima di STTN dan juga udah bayar makanya pas ngambil mandiri ITB tuh iseng karena penasaran. Ternyata Alhamdulillah lulus dan karena ITB itu kampus yang udah diminati dari SMA jadi ya pilih ITB. 

Oh ya di ITB itu ada asramanya di ITB Ganesha, ada juga asrama buat mahasiswa internasional. Sifatnya gak wajib sih. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Geologi ITB?

Sebelum di ITB aku udah pernah kuliah di UPN Yogyakarta. Tahun pertama di ITB sebenernya gak terlalu beda jauh sama di UPN. Itu gimana kita menyesuaikan dari SMA ke perkuliahan, harus disiplin lagi karena kita gak terlalu diatur kaya pas sekolah. Kan udah kuliah mah terserah kita mau masuk ya masuk, mau enggak ya udah yang rugi kita sendiri. Hal yang bikin beda itu jadi berjuangnya 2 kali setelah masuk fakultas terus ke jurusan. Tahun pertama di ITB tuh jadi bener-bener ngurangi aktivitas organisasi karena mau fokus ngambil jurusan yang dipengen.

Namanya dari SMA ke perkuliahan, namanya culture shock itu pasti ada. Itu wajar cuma itu harus bener-bener kita tangani. Kita harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru supaya kita bisa berprogres ke depannya. Lalu, kebiasaan-kebiasaan jelek pas sekolah harus dikurangi kalau sudah jadi mahasiswa. Mahasiswa juga kan tanggung jawabnya lebih gede, gak cuma ke diri sendiri tapi juga ke masyarakat. 

Rencana dan Harapan setelah lulus kuliah?

Pasti pengennya kerja dulu, kalau rezeki udah mencukupi mau lanjut S2. Setelah S1 gak mau ngerepotin orang tua lagi. Ibaratnya setelah lulus itu mau mengimplementasikan ilmu yang kita dapat selama jadi mahasiswa, bener-bener harus berdampak ke masyarakat. 

Q&A

  • Ada mata kuliah biologi-biologi gitu gak kak?

Mata kuliah biologi gak ada, tapi yang nyerempet ke biologi ada. Ada mata kuliah yang ngebahas tentang fosil-fosil gitu, ketemu istilah biologi tapi gak kaya biologi pas SMA. 

Kode konten: C586

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *