Teknik Industri ITS (Diah)

Halooo, teman-teman!!! Perkenalkan aku Diah Kusuma Indrawati dari Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember / Teknik Industri ITS 2018 semester 5. Disini aku ingin berbagi tentang sekilas jurusan ini dan hal-hal yang dipersiapkan apa saja sebelum kuliah. Langsung simak aja ya teman-teman semoga bermanfaat. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

APA ITU TEKNIK INDUSTRI ITS?

Pertanyaan tersebut biasa sering kali terdengar apabila seseorang baru tahu tentang jurusan ini. Jurusan ini kenapa ditanyakan karena menurut saya belum ada focus pembelajaran pada bidang tertentu karena pada dasarnya jurusan ini mempelajari semua atau bidang dari keteknikan lain  contohnya mulai dari statistika, program, permesinan, sampai hal manajemen juga dipelajari di jurusan ini. Kenapa hal itu dipelajari? Karena jurusan ini outputnya adalah bagaimana dapat merancang suatu sistem dalam industri yang baik untuk mencapai suatu tujuan semaksimal mungkin selain itu output dari hal yang dipelajari adalah agar mahasiswanya memiliki kemampuan dalam memecahkan suatu masalah dengan pendekatan multi-disiplin teknik industri yang telah diajarkan.

Jadi, dari hal tersebut dapat digambarkan bahwa jurusan ini memiliki materi yang luas mulai dari perancangan, pembuatan produk, sampai support apa saja yang ada didalamnya atau kalau teman-teman pernah mendengar pada suatu Business Process yaitu CIMOSA (Computer Integrated Manufactured Open of Stategy Architectured). Nah, disitu adalah rangkuman secara garis besar apa yang akan dipelajari seorang mahasiswa Teknik Industri selama 8 semester kedepannya. Kalau kalian masih penasaran silakan cari tahu tentang CIMOSA sebagai bekal untuk yang berminat masuk jurusan ini.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

APA SAJA YANG DIPELAJARI DAN TUGAS SEPERTI APA DI JURUSAN TEKNIK INDUSTRI ITS?

Yang dipelajari pada jurusan ini sebenarnya sudah saya sebutkan contohnya tadi. Tetapi,  disini saya mengambil contoh untuk mata kuliah salah satunya yaitu operation research, apabila kalian suka bermain dengan namanya suatu logika dan hal-hal perhitungan sekaligus mengira-ngira kondisi yang akan menghasilkan profit yang banyak, saya merasa mata kuliah ini mungkin sangat cocok karena secara garis besar mata kuliah ini bertujuan untuk bagaimana mencari nilai maksimum profit dengan meminimkan penggunaan sumber daya yang ada dengan suatu perhitungan atau meminimumkan adanya cost. Intinya mengoptimumkan suatu hal tidak hanya profit tapi hal lainnya juga. Ohhh….. iyaaa untuk secara garis besar mata kuliah di Teknik industri dibawah laboratorium yang menaungi, berikut laboratorium yang berada di Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember :

  1. Sistem Manufaktur

Laboratorium ini bertujuan mewadai keilmuan Teknik Industri dalam hal perancangan sistem manufaktur agar dapat mencapai tingkat efisiensi serta efektivitas terutama pada bidang perancangan sistem manufaktur contohnya bagian produksi.

schooters
  1. Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja

Laboratorium ini bertujuan untuk perancangan sistem kerja karena pada dasarnya yang diperhatiakan tidak hanya mesin tetapi manusia juga atau disebut hubungan antara manusia dan mesin. Nah, dari hal terseput laboratorim ini bertujuan untuk memciptakan sistem kerja yang Efektif, Aman, Sehat, dan Efisien sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja manusia

  1. Quantitative Modelling and Industrial Policy Analysis

Labolatorium ini bertujuan untuk mendukung pencapaian dalam bidang analisa optimalisasi evaluasi kuantitatif yang akan digunakan untuk keputusan alternative dari suatu permasalahan. Nahh,,,untuk labolatorium ini biasanya labolatorium untuk suka hitung menghitung.

  1. Perancangan Sistem dan Manajemen Industri

Labolatorium ini bertujuan untuk mendukung mahasiswanya dalam hal bidang manajemen yang berkaitan dengan hal seperti ekonomi dan perhitungan juga seperti forcasting.

  1. Logistic and Supply Chain Management

Laboratorium ini bertujuan untuk bidang manajemen logistik agar efektif dan efisien bagaimana caranyaa.

Nahh, dari semua labolatorium itu ada nanti matakuliah yang ada atau bahasanya serumpun hehehe.

PERSIAPAN APA SAJA UNTUK MAHASISWA BARU?

Wahhhh ini hal yang sering pertanyaan muncul saat sosialisasi disekolahku. Aku ingin berbagi kisah tentang kesalahanku saat aku menjadi mahasiswa baru yaaa. Dahulu saya di SMA termasuk pada kategori siswa yang dapat memegang antara akademik serta organisasi, dan hal tersebut membuat diriku merasa sudah cukup bekal yang saya bawa ke kuliah atau perguruan tinggi selanjutnya. Nah, setelah saya berhasil mendapatkan kampus dan memulai bangku perkuliahan ternyata saya kaget dengan semuanya. Mulai dari lingkungan dan teman serta pembelajarannya. Sehingga pada saat awal mahasiswa baru, saya mengalami masalah dalam diri saya selama 1 tahun perkuliahan. Nahhh, dari cerita singkat itu menurut saya hal yang paling penting dipersiapkan sebagai mahasiswa baru salah satunya adalah bagaimana dengan tepat untuk memposisikan diri pada lingkungan baru karena menurutku hal itu sangatlah penting . Berikut hal-hal atau tips dalam beradaptasi pada lingkungan baru :

  1. Jangan pernah berhenti belajar. Intinya jangan merasa pandai sendiri serta tetap fokus pada tujuan kalau disini kita belajar.
  2. Perbanyak relasi teman. Jadi jangan malu untuk mengajak kenalan yaaa.
  3. Akif pada hal-hal yang disukai. Dari beberapa hal yang telah saya dapati ada beberapa hal yang disayangkan apabila kita tidak aktif dalam bangku perkuliahan padahal di SMA itu sangat aktif.
  4. Jangan pernah merasa rendah diri karena hal itu dapat memutuskan motivasi,
  5. Selalu berusaha berfikiran positif pada hal-hal baru disekitar kita.

Nah dari hal tersebut, silakan teman-teman boleh memakainya atau tidak karena itu menurut pandangan saya yaaaa. Terimakasih.

BAGAIMANA PROSPEK KERJA JURUSAN Teknik Industri ITS?

Jika siswa ingin menentukan pilihan jurusan kuliah atau study selanjutnya, mungkin pertanyaan ini juga terbesit. Disiplin ilmu yang didapat dalam keilmuan teknik Industri sangat kompleks yaitu mempelajari setiap elemen dalam suatu sistem khususnya industri. Nah, maka dari itu prospek di Teknik Industri itu luas karena dapat mengarah pada bidang lainnya seperti industri manufaktur atau jasa, perbankan, akademisi, dan lain-lain. Kalau ingin tahu lebih banyak bisa teman-teman cek di info lowongan kerja. Boleh banget cek yaa itu karena biar bisa memperkirakan !!!

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

APA RENCANA DAN HARAPAN SETELAH LULUS?

Harapan dan rencana saya setelah lulus kuliah adalah tentunya bisa bekerja sesuai dengan bidang yang telah dipelajari. Memiliki rencana dalam pengembangan usaha agar dapat membuka lapangan pekerjaan serta bermanfaat bagi orang lainnya.

Kode konten: X388

Komen dibawah! 18

  1. Rico Tampaty

    Hallo kaka, disini saya mau nanya sebagai maba, apa si bedanya manufaktur di mesin dengan industri, padahal kan salah satunya pembidangan di TI itu manufaktur

    • Diah Indrawati

      Haii salam kenal, kalau menurut saya manufaktur di mesin lebih mendalam pembelajarannya , kalau di TI secara garis besar supaya untuk memperkenalkan serta agar tahu tentang apa yang di praktekan dalam industri manufaktur seperti alat dan mesin, perhitungan-perhitungan berkaitan produksi dll. Dan kalau masalah design dengan menggunakan CAD untuk prototipe dll mungkin di teknik mesin lebih paham dengan software software nya.

      • Rico Tampaty

        mau nanya ni lagi ni kak, disini kan kita sebagai anak Teknik industri gtu kan kak, menurut kakak ada nggak hal2 yg perlu di permahir sebagai softkill untuk seorang anak industri sendiri agar tidak kewalahan menempuh dunia kerja nanti kak, misalnya, kayak anak teknik sipil, mereka kan harus bisa autoCAD sebagai modal awal di dunia perkuliahan, kalau kita gimana menurut kakak? Supaya nantinya kita jadi seorang frashgraduate yg bisa di andalkan gitu lah kak, terimakasih kak?? mohon maaf atas waktunya…

        • Diah Indrawati

          halooo kak terimakasih…..yaa kalau menurutku bisa hal tersebut design seperti aplikasi autoCAD itu bisa menambah nilai plus banget didunia kerja. Kalau di Teknik Industri sendiri yang terpentinng dalam kuliah itu membentuk pola pikir kalau masalah pembelajaran mungkin ke arah logika ya karena menurutku pemecahan masalah itu juga termasuk softskill sperti membentuk permasalahan ke dalam model matematika begitu contohnya.

  2. dewinainggolan

    Kak sebagai maba apa sih materi atau aplikasi teknologi untuk tekind yg harus udah kita pahami dalam jurusan teknik industri yang bisa mempermudah kita kedepannya?

    • Diah Indrawati

      kalau masih maba yang dipelajari masih dalam lingkup pengantar, kalau untuk ilmu yang digunakan untuk mempermudah kariier kedepannya menurut saya analisa dalam suatu permasalahan serta pemberian solusi itu menunutsaya salah satu pola pikir yang harus dibentuk untuk anak teknik…. Semoga bermanfaat 🙂

  3. Ibnu

    Kak,teknik industri ITS itu nerima buta warna parsial gak sih kak? terimakasih kak

    • diah kusuma

      halo dek , diterima kok dek setahuku nggak ada syarat khusus untuk masalah kesehatan persoalan hal tersebut kecuali teknik kimia tidak diperbolehkan

  4. Ridzky

    Kak,mau tanya soal biaya pertama masuk sama per semesternya brapa ya?maaf mengganggu waktunya

  5. Manda Karistalia

    Kak mau nanya, saya masih kelas 2 SMA nih. Nah untuk nilai minimal raport untuk snmptn agar diterima di jurusan Teknik Industri ITS itu berapa ya kak?

    • Diah Indrawati

      Banyak faktor juga dek kalau pengen snmptn mungkin bisa nyiapin nilai 88 ketas rata rata nya untuk cari aman juga ini untuk matkul yang MIPA dek biasanya yang dilihat . Semangattt dekk:))

  6. Aldi

    Kak mau nanya, saya kelas 12 SMA rencananya mau ngelanjutin kuliah di TI, kalo di teknik industri itu ada materi tentang coding kah kak? Terus apakah ada keharusan menguasai aplikasi-aplikasi tertentu kak?. Makasih kak..

    • diah kusuma

      Kalau bisa lebih bagus dek soalnya kebanyakan itu juga dicari di era sekarang kemampuan software semangat

  7. Sisca

    Hai kak mau tanya,apakah kalau masuk jurusan TI harus bisa Autocad atau aplikasi desain lainnya??

  8. Fazri

    Permisi Kak! Numpang tanya, lebih baik teknik industri ITB atau ITS?

    • diah kusuma

      Mungkin kembali ke prespektif masing masing ya dek kalau ini pasti ada kekurangan dan kellebihan masing-masing.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *