IPB University, Teknologi Pertanian

Teknik Industri Pertanian IPB (Widya)

Teknik Industri Pertanian IPB (Widya)

Halo sobat intipers! Aku Widya Rianne dari Teknik Industri Pertanian IPB angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Industri Pertanian IPB seperti apa?

2017 nama jurusannya teknologi pertanian, baru saja di ubah jadi teknik industri pertanian dari fakultas teknologi pertanian, di fakultas ini ada 4 jurusan yaitu teknik mesin dan bio sistem, teknologi pangan, teknik industri pertanian, dan teknik sipil dan lingkungan. Berubahnya nama jurusan ku jadi teknik karena melihat kebutuhan di lapangan sehingga mata kuliahnya ada beberapa perubahan dan lebih ke teknik.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Industri Pertanian IPB?

Aku masuk lewat SNMPTN, alasanya karena pasion aku tertarik bekerja di bidang industri, jurusan ini lebih mengarah pada industri, cara kerja, proses, dan tidak lepas dengan lingkungan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kita ga hanya belajar tentang sistem tapi kita belajar proses, apa bedanya dengan teknik industri dengan kampus lain, di IPB terkenal dengan pertanian, di dalamnya kita belajar banyak tentang pertanian. Tugasnya tidak hanya berkaitan hitungan satuan proses atau satuan oprasi, tapi temen-temen bakal belajar bio proses dan bio industri, bakal belajar tentang lingkungan juga, limbahnya bagaimana, belajar istilah produksi bersih dsb, bakal belajar dari sistem, proses dan sampai akhir atau outputnya. Bagaimana proses membuat bahan pertanian jadi bahan jadi, ada ekstrasi. Tugasnya hitungan dan ke lab, tugas praktikum.

Ada tiga mata kuliah yang paling menarik ada pengawasan mutu, bagaimana membuat produk dari bahan pertanian, Inovasi dan bisnis agroindustri, dan ekstrasi kaya minyak atsiri dan banyak yang seru lainnya.

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 7 kelompok keahlian yaitu sistem, proses, bio industri, pengawasan mutu, lingkungan, pengemesan dan penggudangan, dan terakhir bisnis Kalo aku ngambilnya sistem, kita bisa memilih di semester 6, kebijakannya dari jurusan, tapi semua rata-rata bisa di tempatkan dimana, akan tetapi mahasiswa di berikan kebebasan mau dimana.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN itu jalur raport, SBMPT jalur tes, jalur mandiri. Temen-temen bisa daftar di website IPB atau follow akun instagramnya. Jalur BUD atau beasiswa utusan daerah untuk temen-temen dari wilayah tertinggal 3T dan dibiayai oleh pemerintah setempat. Ada jalur ketua osis untuk temen-temen ketua osis dan bakalan ada pelatihan. Bisa juga dari mahasiswa internasional, jurusan ku sudah ada satu tahun di bawah ku dibuka jalur internasional.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Industri Pertanian IPB?

Jangan takut! Karena di IPB masih tingkat bersama, setelah masuk departemen rata-rata pada kaget. Mata kuliah baru dan tugas bermunculan, dinikmati jangan stres. Temen-temen bisa melewatinya, harus bisa bekerja sama dengan yang lain.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ada yang membuat industri sendiri PT Kelola Mina Laut, ada yang kerja di Mayora dan menyebar banget, cakupannya luas, kita belajar dari bahan baku, proses, sistem, bangun pabrik, dan lingkungan, untuk masuk ke berbagai bidang memungkinkan, ada yang di digital markerting, jadi temen-temen ga usah khawatir, temen-temen harus tau dan mengenal pasion untuk kedepannya mau kerja dimana.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saat ini lagi magang penelitian, rencana mau magang di BUMN, rencananya pengen kerja dulu untuk ngambil pengalaman, kalo aku S2 jadi bisa tau dulu dan bisa mendukung job aku nanti.

Q&A

  • Keahlian dan karakter apa yang menunjang sebagai dasar dalam jurusan ini?

Jawaban: pantang menyerah, jika menemukan mata kuliah sulit, ga boleh langsung down, karakternya harus postive thingking, mau bekerja sama dengan teman-teman yang lain, ketika menemukan kesulitan ayo bergabung dengan yang lain, ada yang ga ngerti ga bisa kalo aku pendem sendiri, minta ajarin sama yang lain, mau belajar bareng. Selain itu, harus bisa bagi waktu antara studi dan organisasi, soft skills akan banyak di latih di organisasi. Mau belajar dan cari pengalaman.

Untuk keahlian dari IPA sebenernya untuk masuk jurusan ini perlu campuran juga, ada kimia, biologi, fisika, jadi semua ilmu kepake, ilmu bisnis juga kepake, semua keahlian akan kepake tapi memang ga penuh semua, kalian akan belajar di berbagai keahlian yang sudah aku sebutkan juga.

Kode konten: C339

Komen dibawah! 2

  1. Idzni muadzah

    Halo ka, saya idzni dari TIN 58 izin bertanya, kalo awal masuk yang dipelajarinnya apa aja ya ka?

    • Widya Rianne F34170027

      Hallo maaf ya baru balas, iya nanti kamu bakal belajar ilmu pertanian dan pengenalan pasca panen. Lalu nanti kamu akan belajar cara pengolahannya secara proses 👍

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *