Teknik Industri, Universitas Gadjah Mada

Teknik Industri UGM (Adya)

Teknik Industri UGM (Adya)

Halo sobat intipers! Aku Adya Pramesthi dari Teknik Industri UGM angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Industri UGM seperti apa?

Isinya belajar semua yang ada di industr, kaya terkait socio technical, jadi gimana kita mempelajari hubungan antara manusia dengan mesin yang ada di industri, kaya interaksi manusia dengan mesin, energi, terus gimana kita memanage industri itu, tapi inti dari teknik industri itu gimana membuat sistem yang efisien dan efektif. Mitosnya teknik yang paling ga teknik, tapi bener juga sih, karena kita bersinggungan sama mata kuliah soshum, kaya mata kuliah psikologinya ada, dan di sisi ekonominya banyak banget kaya tiap semester ada aja yang mempelajari ekonominya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Industri UGM?

Pertama aku dari IPA pengen masuk IPS, tapi aku males ngulang jadi cari yang agak beririsan, terus bapak ku kan teknik jadi aku penegn yang teknik, aku milhatnya teknik industri kan panjang banget dan luas peluang kedepannya, jadi aku milih teknik industri.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Pertama ada desain produk, di semester ganjil pasti ada tugas besarnya, di semester 3 itu ada desain produk dimana kita mendesain, angkatan ku temanya membuat alat yang untuk meghindari Covid, kita bikin kelompok dan nanti kita dipamerin gitu bikin produknya apa. Terus nanti semester 5 ada evaluasi sistem pasar, kaya antriannya gini, gimana cara ngatasinnya. Semester 7 kita bikin sistem beneran.

Terus yang khas lagi ada namanya ergonomika, jadi kita tuh kaya banyak psikologinya, misalnya tanda di buat warna merah biar apa, habis itu gimana kita ngukur posisi duduk yang baik itu gimana, terus kalo kita mau ngangkat beban, ngangkat galon itu ada itungannya biar enak itu gimana, sama ada satu lagi riset operasi, dimana kita menentukan optimasi suatu sistem. Tugas besar ada pamerannya dan dilombain satu angkatan yang di bagi-bagi kelompok.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 4, ada proses dan sistem manufaktur, teknik produksi, riset oprasi, sama ergonomika. Jadi proses dan sistem manufaktur itu lebih ke linimasa manufaktur atau industri gitu. Kalo teknik produksi juga gimana cara kita bikin produksi yang baik. Nah, kalo riset operasi itu misalnya kita ngitung di lampu merah berapa kali orang lewat, probabilitasnya gimana, terus ngitung-ngitung antrian di bank itu gimna, optimasi antrian biar lebih cepet, linenya di tambahin atau gimana. Ergonomika itu mungkin yang terkenal itu tesla ngeluarin otomatis gitu. Nah pasti dari ergonomikanya diperhitungkan. Konsetrasi ini bisa di ambil antara tahun ke 3 atau 4. Rencananya aku masih bingung, soalnya semester awal masih belajar fisika kimia, sekarang udah menjurus, tapi kalo produksi-produksi itu ga, karena sulit.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SNMPTN kaya biasa jalur undangan, yang menarik di UGM ada PBUB bisa pakai jalur kemitraan, misalnya kalo ada Bapak atau Ibunya kerja sama sama perusahaannya bisa pake jalur kemitraan sama bibit unggul kalo misalnya ikut olimpiade atau atlet apa, SBMPTN sama ujian mandiri. Bisa di akses di web UGM aja, atau sering live di IG mendekati pendaftaran gitu.

Kalo PBUB kemitraan ada uang pangkal, biasanya pakai nilai UTBK tapi pengumumannya sebelum SBMPTN. Aku dulu masuk lewat jalur SBMPTN, SMA ku Swasta di Jogja tapi so hard banget parah buat masuk UGM, angkatan ku yang keterima cuma aku, jadi aku semati-matian itu buat masuk UGM, tapi aku tidak seambis itu, aku seambis itu cuma kelas 12 aja, pas kelas 10 dan 11 aku masih nikmatin masa SMA, nyesel ga, aku kejar di kelas 12, banyak ngorbanin main dan sebagainya, tapi jangan lupa doa dan restu orang tua.

 Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Industri UGM?

Semangat jangan ngeluh! Manfaatin apa yang ada di teknik industri, jangan akademik aja. Banyak banget yang bisa di eksplor. Mau himpunannya, mau UKM nya, mau BEM nya, digelutin aja semuanya. Pokoknya jangan nyerah dulu di awal karena di belakang masih banyak ternyata.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Bisa kerja di manapun. Aku bisa spell out aja yang jadi komedian ada, vokalis nya mas brian teknik UGM. Ada yang kerja di produsernya di dunia musik, tokopedia, kebanyakan start-up, BUMN bisa.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku pengen coba kerja 1 sampai 2 tahun di start-up atau event organizer. Terus pengen lanjut S2 dan kalo udah cukup pengen punya usaha sendiri.

Kode konten: C474

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *