Teknik Industri, Universitas Andalas

Teknik Industri Universitas Andalas (Yaya)

Teknik Industri Universitas Andalas (Yaya)

Hallo keluarga intipkuliah.com. Kenalin nama aku Soraya Salma Zahira, biasa panggil Yaya, mahasiswa Teknik Industri Universitas Andalas angkatan 2016. Disini aku bakalan sharing tentang pengalaman aku kuliah yang sekarang udah masuk semester 9 (lama ya hahah). Ayo! simak pengalamanku. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Apasih Teknik Industri Itu?

Teknik industri adalah salah satu jurusan yang ada di fakultas teknik dikampusku, jurusan ini mempelajari hampir semua pelajaran jurusan lain, loh? Kok gitu kak? Susah dong! Eeiittss… tenang dulu, jurusan ini mempelajari pengantar jurusan lain, jadi jangan terlalu cemas. Secara bahasanya Teknik Industri adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mengoptimalisasi kegiatan manusia seperti; produksi, pengelolaan dan ekonomi. Jadi wajar kalau banyak mempelajari hal lain, akan tetapi banyak yang salah kaprah dengan jurusan Teknik Industri ini, kenapa? Karena jurusan ini tidak telihat fokusnya, contohnya ketika kita mendengar jurusan teknik lain, kita bisa langsung paham fokus jurusannya apa. Bukan hanya karena bingung dengan apa yang dipelajari dijurusan ini, tapi juga tentang pikiran orang awam yang mengatakan jurusan ini fokusnya buat bangun usaha, atau kadang orang mikir jurusan ini berhubungan hanya dengan perindustrian.

unisa

Tapi, tenang jurusan ini memiliki fokusnya sendiri kok! Nanti kita bahas ya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apasih Kak Mata Kuliah yang Paling Sulit dan Favorit Di Teknik Industri Universitas Andalas?

Nah, untuk mata kuliah sebenarnya sangat banyak yang akan kamu pelajari dari jurusan Teknik Industri, mata kuliah dijurusanku terbagi tiga, yakni mata kuliah umum, mata kuliah kejuruan, dan mata kuliah pilihan. Untuk mata kuliah umum ga beda dengan mata kuliah jurusan lain, seperti Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan lainnya. Mata kuliah kejuruan kamu mulai bisa ngerasain pelajarannya mulai semester 3, karena sangat banyak kamu bisa cek di web jurusanku ya hehehe, aku bakalan kasih tahu kamu mata kuliah yang sulit dan favorit dijurusanku.

Mata kuliah paling sulit dijurusanku biasanya yang memiliki 4 sks dan 3 ska. Kenapa? Karena untuk mata kuliah 4 sks biasanya memiliki waktu yang pelajaran yang lama, dibagi menjadi dua hari dalam satu minggu, dan kadang termasuk tugas besar didalamnya. Terus, untuk mata kuliah yang 3 sks biasanya 1 sks untuk praktikum, tutorial, atau tugas besar, jadi ada 1 sks khusus untuk itu. Mata kuliah yang 4 sks ini contohnya Ekonomi Teknik, Pengendalian dan Penjaminan Mutu, dan untuk 3 sks adalah Analisis Perancangan Sistem Kerja. Untuk tingkat kesulitan itu sebenarnya beda-beda, banyak faktor pembedanya tergantung seperti apa yang diberikan tenaga pendidik atau dosen kepada mahasiswa.

pmb2-min

Trus kak, mata kuliah favoritnya apa? mata kuliah favorit mahsiswa adalah quality control, manajemen proyek, ergonomi dan biasanya mata kuliah yang 2 sks, namanya juga mahasiswa haha. Tapi, tetap tergantung mahasiswa apa yang jadi favorit mereka, kadang mereka sangat menyukai mata kuliah ini karena labaoratoriumnya. Untuk kerja lapangan atau kerja prakek mayoritas mahasiwa memakai ilmu dari mata kuliah K3, quality control, dan ergonomi karena lebih mudah dikerjakan, serta data yang diambil tidak terlalu banyak.

Jadi, Fokus Teknik Industri Universitas Andalas Itu Apa Kak?

Fokus Teknik Industri ini sama seperti pengertian diawal yang udah aku jelasin, untuk memilih atau mengetahui fokus kamu bisa dilihat dari mata kuliah yang kamu sukai pada mata kuliah kejuruan, setelah itu kamu bisa memilih laboratorium yang kamu sukai untuk bergabung, labor ini membantu kamu dalami fokus kamu nantinya, contohnya aku, aku berfokus pada Ergonomi Industri yang berfokus di Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi (PSKE).

Dijurusanku memiliki 6 laboratorium yang bisa kamu pilih dan jadi fokus kamu kedepannya, karena tiap labor itu memiliki fokus yang berbeda pula, biasanya labor ini merangkum beberapa mata kuliah. Labor yang ada dijurusanku, yaikni Laboratorium Perencanaan dan Optimasi Sistem Industri (LPOSI), Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi (LPSKE), Laboratorium Sistem Produksi (LSP), Laboratorium Sistem Informasi dan Komputasi (LSIK), Laboratorium Tata Letak Fasilitas Pabrik (LTLFP), dan Laboratorium Manajemen Bisnis (LBM). Dari keenam labor tadi bisa kita lihat memiliki nama yang berbeda, menandakan fokusnya juga berbeda. Dari fokus yang kamu ambil atau lab yang kamu ambil nantinya akan membantu kamu dalam mengerjakan Tugas Akhir. Labor sudah mulai bisa kamu masuki sejak semester 3, tergantung labor apa yang sudah buka penerimaan anggota baru yang nantinya akan menjadi asisten di lab tersebut.

Kak, Apasih Tips Buat Kami Mahasiswa Baru Di Teknik Industri Universitas Andalas?

Tips ya? hmmm…sebenarnya sebelum kamu jadi mahasiswa baru (maba) atau saat kamu sudah lulus dijurusan Teknik Industri, lebih kurang kamu sudah paham jurusan ini dan pastinya kamu memiliki kemmapuan dalam hitungan. Kalau tips versi aku :

  1. Mental
  2. Paham hitungan
  3. Buat goals atau perencangaan kuliah, contohnya kamu ingin IP berapa, supaya doronh kamu lebih semangat
  4. Kenal atau dekat dengan senior, loh? kok gitu kak? karena senior atau kakak tingkat itu orang yang sudah lebih dulu kuliah daripada kamu, dari mereka kita bisa dapat berbagai info, mulai dari info kuliah, organisasi, dosen dan lainnya. Kadang senior bisa bantu kita dalam hal yang berhubungan dengan jurusan.
  5. Ramah dan patuh dengan dosen, nah ini sama kayak kamu dekat dengan guru, dijurusanku banyak mahasiswa yang dekat dengan dosen, sehingga dosen itu lebih kenal dan percaya kita, terlebih kalau dosen pembimbing tugas akhir kamu.
  6. Ikut organisasi, kenapa? ini jadi ajang kamu untuk explore diri kamu, belajar team work, tanggung jawab, public speaking dan lainnya. Dimana itu bisa bantu kamu nantinya saat mencari kerja.
  7. Jangan malu bertanya! dan jangan malu nambah softskill dan hardskill kamu!

Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri Apa Nih Kak?

Untuk prospek kerja banyak banget, mungkin kamu bakalan kaget kalau tahu! Bidang pekerjaan yang dapat dipilih oleh Sarjana Teknik Industri antara lain sistem informasi, produksi dan penjaminan mutu, logistik, konsultan manajemen, dan marketing. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di sektor lainnya. Kalau kalian masih bingung, berikut ini ada berapa daftar pilihan karier yang bisa kamu geluti :

  1. Product Manager
  2. Operasional dan Logistik
  3. Data Scientist
  4. Pakar Ergonomi
  5. Bagian HRD
  6. K3
  7. Bagian Quality Control
  8. dan lainnya

Lihat, banyak kan prospek kerja lulusan Teknik Industri? Dengan banyaknya ilmu yang kamu pelajari di jurusan Teknik Industri, peluang kerja kamu pun semakin banyak dan luas. Sehingga kamu bisa milih yang mana kerjaan yang sesuai sama kamu. Jadi, kamu ga usah khawatir dengan ambil jurusan Teknik Industri ini. Contoh dijurusanku, banyak alumni atau senior yang kerja dibagian K3 dan quality control, kebanyak freshgraduate jursanku langsung dilirik didunia kerja, karena banyaknya lapangan pekerjaan.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Kalau Rencana Kakak Abis Lulus, Apa Kak?

Hmm, rencana aku ya? Aku pribadi memiliki beberapa rencana setelah lulus kuliah S1 Teknik Industri ini:

  1. Kerja dibidang K3 atau Ergonomi sesuai sama hal yang aku minati
  2. Bangun usaha sendiri, dengan skill yang aku dapetin selama kuliah
  3. Ambil gelar master sampai doktor (kalau bisa), dengan jurusan yang sama
  4. Jadi dosen setelah dapetin gelar master.

Dengan ilmu yang aku dapetin aku berharap banget bisa implemantasiin itu dikerjaan aku atau aku bisa ajarkan ke orang lain agar lebih bermanfaat. Karena masih minim yang memahami jurusan Teknik Industri.

Itulah sedikit cerita aku selama dijurusan Teknik Industri, Universitas Andalas. Buat kamu-kamu yang penasaran boleh banget ajuin pertanyaan dibawah ya, jangan sungkan! Aku tunggu loh! hehehe.

Kode konten: X449

Komen dibawah! 3

  1. Rifdatul Muthiah

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh kk, nama saya muti saya mau nanya kk.
    1. Kenapa kkk milih jurusan teknik indutri?? Cara milih jurusan tu gmn sih kk??soalnya muti masih ragu dgn pilihan muti
    2. Diawal kkk udh ke terima jd maba, Menurut kkk susah ngk teknik industri tu??
    Hehe sebelum nya makasih ya kk udh berbagi infiromasi

    • sorayahendri

      Wa’alaikumussalam warrahmatullahi wabarakaatuh, hai Muti! Maaf banget baru aku bales ya komentarnya huhuhu, oke aku akan coba jawab: 1. Karena saran dari orang terdekat, dan aku juga pengen ngerasain jurusan yang beda dari jurusan semasa SMK (aku jurusan Teknik Komputer Jaringan pas SMK). Kebetulan prospek kerjanya juga banyak.
      Cara milih jurusan itu cek banget minat dan bakat kamu atau biasa disebut passion, kamu suka matpel apa, hobinya apa, harus kamu liat banget kamu punya passion itu dimana. Kalau udah tau riset jurusan yg kamu suka, baik prospek kerja, matkul apa yg dipelajari bahkan kampus dan akreditasinya.
      Kalau ragu bisa konsultasi ke orang tua dan guru BK di sekolah kamu, atau orang terdekat yg tau gimana kamu.

      2. Diawal susah, karena basic aku kurang, sebab aku dari SMK bukan SMA, tentu fisika dan MTKnya beda haahha but i did, study hard tentunya, makin lama makin suka dengan banyak nanya ke senior, dosen dan temen karena aku tau aku masih banyak kurangnya. Yang namanya belajar pasti ada susahnya mau jurusan apapun apalagi kalau salah jurusan tapi kita ga bisa ubah yg salah itu jadi enak dan nyaman. Kalau dari segi belajar Teknik Industri lebih slow atau ringan dari jurusan yg lain di teknik (univ aku) kaya Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro. So, study hard and break a leg aja!!

  2. Samuel Lowrencius

    Wah … tulisan ini sangat menarik untuk dibaca! Sejak tahun 2018 jurusan Teknik Industri (S1) telah terakreditasi ABET sehingga kualitas tenaga pengajar dan jurusan tidak diragukan lagi. Nah, sebenernya apa, sih, kak, manfaat yang dirasakan mahasiswa (baca: (sedang mahasiswa) atau alumni) dari akreditasi tersebut dalam dunia kerja nanti? Apakah setelah kakak selesai lulus dari kampus mendapatkan pengaruh dari akreditasi tersebut mengingat jurusan Teknik Industri dua tahun belakang sudah menerima akreditasi tersebut? Terimakasih!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *