Teknik Industri

Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Yosua)

Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Yosua)

Halo sobat intipers! Aku Yosua Nofanolo Hulu dari Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2018 . Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta seperti apa?

Teknik industri itu sebenernya membahas tentang banyak hal. Kita membahas tentang K3, manajemen, keselamatan kerja, produksi, dan juga manajemen sumber daya manusia. Seluruhnya berhubungan dengan material, manusia, mesin, lingkungan, uang, dsb. Jadi digabungkan jadi satu sistem yang terintegrasi. Kalau dipersingkat, teknik industri itu bisa dibilang manajemen di industri. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kajiannya memang bisa dibilang luas ya karena sampai ilmu manajemen seperti finansial dan ekonomi teknik juga kita belajar. Kita bahas ekonomi, dasar pemograman, gambar teknik. Jadi banyak ilmu sih yang kita dapat kalau jadi mahasiswa jurusan ini. Kalau bisa dipersentasekan kita tuh 30% non teknik dan 70% teknik. 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta?

Jadi ceritanya tuh aku cari jurusan yang prospeknya menjanjikan. Salah satunya aku ketemu dengan jurusan teknik industri. Aku basicnya IPA dan aku menelusuri kalau teknik industri juga sains. Aku mencari tahu tentang teknik industri yang ternyata dia disiplin ilmunya banyak banget dan lapangan pekerjaannya juga banyak. Bisa diterima di industri biasa maupun manufaktur. Jadi, aku tertarik karena untuk teknik industri itu membahas ilmu matematika, fisika yang aku juga bisa. Nah itu yang semakin memantapkan aku masuk jurusan. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Biar lebih mudah, aku bahasnya per semester aja ya. Kalau di semester 1, mata kuliahnya masih dasar kaya fisika dasar, kalkulus gitu. Mata kuliah tekniknya malah dari yang menggambar teknik jadi disitu kita menggambar part part mesin gitu. Waktu awal sebelum UTS itu manual menggambarnya, setelahnya baru pakai aplikasi.

schooters

Semester 2 kita mulai belajar memproses manufaktur. Membahas tentang permesinan dan proses manufaktur. Terus, kita juga bahas tentang proses produksi. Masuk ke semester 3 kita belajar tentang perancangan rekayasa dan desain. Itu kaya disuruh untuk membuat suatu produk mulai dari rancangan atau desain yang sesuai dengan keilmuan teknik industri. Kita juga bahas tentang ergonomi sama keselamatan dan kesehatan kerja. 

Paling gereget sih mata kuliah perancangan sistem terpadu. Jadi itu kaya kita merancang sebuah produk, kita analisis pasarnya, gambar teknik, kita menganalisis ergonominya. Lanjut di mata kuliah perancangan sistem terpadu 2 kita bahas tentang perusahaannya hingga personalia. Kita buat tata pabriknya, analisis segala sistem manufaktur, baik shipping, receiving dan warehousenya. Lumayan challenging tapi menyenangkan untuk dipelajari. 

Praktikum udah ada dari semester 1 dan mungkin yang cukup menantang itu yang mata kuliah perancangan sistem terpadu. Dari praktikum ini kita harus buat laporan praktikum. Selain laporan, tugasnya ada membahas jurnal lalu presentasi. Aku sekarang juga ambil mata kuliah  simulasi industri, jadi kita tugasnya mensimulasikan sebuah sistem ke dalam aplikasi. Kita belajar PRT atau sistem manajemen proses bisnis yang ada di industri. Itu semua tidak terlepas juga dari presentasi, bahas jurnal, tugas kelompok. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, yang aku ambil itu manajemen pergudangan dan penjadwalan dan pengurutan produksi. Selain itu, ada juga peminatan lain. Kalau suka tentang menggambar teknik itu ada peminatannya. Ada peminatan ergonomi, sistem persediaan, sistem manajemen sumber daya manusia. Peminatan ini bisa dipilih di semester 5. Kita diwajibin milih cuma 2 peminatan, SKS lain diganti sama profesional learning atau merdeka belajar yang dari Kemendikbud. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Temen-temen bisa mengunjungi aman uajy.ac.id itu disitu sudah ada info pmb sarjana. Sekarang itu yang buka ada program antara online dan rapor online. Di UAJY ada kelas teknik industri yang internasional dan reguler. Untuk program reguler, teknik industri UAJY angkatan aku sendiri mahasiswa yang diterima ada kurang lebih 200 orang. 

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Industri Universitas Atma Jaya?

Pertama, mantapkan dulu passion. Kamu telusuri dulu passion kamu, kalau kamu merasa bahwa teknik industri itu jurusan kamu, yang pertama harus disiapkan adalah mental. Pasti ada banyak banget hal yang harus dikerjakan. Baik itu laporan praktikum atau tugas lainnya. Biar bisa survive jangan lupa untuk mengikuti banyak event yang berhubungan dengan teknik industri. Misalnya webinar, kursus. Itu juga penting untuk meningkatkan pengetahuan kamu tentang teknik industri. 

Kalau misalnya nanti kamu jadi mahasiswa teknik industri jangan lupa untuk memperluas pertemanan. Itu juga sangat perlu dalam dunia perkuliahan. Sama seperti aku sekarang, kampus juga sangat memfasilitasi untuk aku mengikuti berbagai kursus. Aku ikut kursus tentang Microsoft Excel dan ikut sekarang lagi kursus diklat kerja. Sampai sekarang aku udah dapet 14 sertifikat yang aku dapat. Selain dapat ilmu itu juga bisa nambah di CV. Kalau misalnya temen-temen pengen memperkuat ilmmunya gak salah untuk jadi asisten dosen. Itu bener-bener memperkuat pengetahuan kita, selain dekat dengan dosen jadi bisa diajak proyek. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya itu banyak banget karena ilmu yang dipelajarinya banyak. Jadi bisa  dibilang anak teknik industri itu kaya ilmu jadi gak bakal nyesel masuk jurusan ini. Bisa kerja di start up, industri manufaktur, perusahaan BUMN. Biasanya posisi itu bisa jadi management train, bussiness analysis, project engineer, HRD, bagian logistik planning, production planning, commercial planning. 

Kode konten: C538

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *