Teknik Industri

Teknik Industri Universitas Malahayati (Wahyu)

Teknik Industri Universitas Malahayati (Wahyu)

Halo sobat intipers! Wahyu Diansyah jurusan Teknik Industri Universitas Malahayati angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Teknik Industri Universitas Malahayati itu seperti apa?

Teknik industri secara umum itu adalah jurusan atau bidang keilmuwan bagaimana kita mengoptimalisasi kemampuan manusia dalam hal ini mengelola suatu produk atau jasa. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Lebih kerennya teknik industri itu jurusan yang mengintegrasikan semua elemen-elemen engineeering, jadi semua elemen seperti kelistrikan, mekanikal, kimia, dan sebagainya itu dihubungkan, itulah sedikit tentang bagaimana teknik industri. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Industri Universitas Malahayati?

Dulu saya pejuang PTN di tahun 2017, Qadarullah saat itu saya tidak lulus sampai SBM yang kedua kali. Kebetulan di provinsi lampung ada beberapa kampus yang memiliki jurusan-jurusan yang saya minati salah satunya di perguruan tinggi saya, saya memang tertarik engineering

Kebetulan dulu saya sekolah di SMK keteknikan, jadi saya ingin melanjutkan akademik saya di teknik, dan saya mencari tau jurusna teknik industri seperti apa. Keluarga saya orang-orang yang bergerak di bidang industri, jadi ada keterikatan antara akademisi dengan keluarga.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau di universitas malahayati teknik industrinya hampir sama dengan yang lain, ciri khasnya itu mata kuliah kita ada operasional research, tata letak pabrik, mekanika teknik, jadi mata kuliah yang konsentrasi nya banyak. Kita juga ada mata kuliah yang diluar teknik, yaitu ada psikologi industri, statistika dan lain sebagainya. 

Pengalaman aku pribadi ya, mata kuliah yang bisa di bilang sulit itu ada mekanika teknik, mata kuliah material, analisa perancangan kerja, nah analisa perancangan kerja ini lebih ke ergonomi, yang beratnya itu ketika praktikum, jadi kita proses praktikumnya itu membuat laporan.

Praktikum

Praktikum di teknik industri itu ada beberapa, kita ada lab sendiri. Contohnya praktikum analisa perancangan kerja, kita membuat produk dan produknya tersebut di proses, contohnya kita praktikum tamia, tamia ini kan ada bagian-bagiannya yaitu ada bannya, bodynya, nah kita itu menghitung time studynya, gimana caranya proses pembuatan tidak menghabiskan waktu banyak, misalnya pembuatan ban berapa menit atau detik. Kemudian praktikum lainnya yang di lab itu praktikum awal kuliah seperti kimia dan fisika dasar. Kemudian ada praktikum proses produksi, jadi kita belajar tentang pemotongan baja, pemotongan besi, seperti itu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 4, kalau di kampusku itu dipilih dari semester 7. Pertama ada sistem manufaktur, operational research, ergonomi, statistika. Kalau sistem amnufaktur itu bentuknya perancangan, kita diajarin buat merancang sistem manufaktur, manufaktur itu kan proses produksi, nanti temen-temen jadi tau jalan produksi, misalnya minuman itu kan dari pertama air diambil sampai di produksi dan menghasilkan produk minuman, nah itu yang disebut proses manufaktur. 

Operational research contohnya sistem antrian, misalnya sekarang banyak banget start-up antar paket, nah itu kan kita membutuhkan untuk mengolah sistem antrian yang baik, atau misalnya di rumah sakit atau di tempat-tempat yang membutuhkan antrean, itu kan membutuhkan ilmu yang bisa mengelola hal tersebut agar pengelolaannya baik agar tidak ada tumpukan, atau antrean yang lebih panjang. 

Kemudian ergonomi, itu membuat sistem yang baik, contohnya seperti kita mendesaign duduk seseorang dalam bekerja. Ada namanya antropometri, bagaimana kita bekerja dengan nyaman, cara duduk yang baik agar kita bekerja dengan nyaman. Terakhir yaitu statistika, yaitu kita bagaiamna mengelola data, basis data, untuk bisa menghasilkan sesuatu produk itu. 

Kebetulan aku kemarin kerja praktik di salah satu BUMN, di PLTU Tarakan. Kemarin aku ditempatkan di inventori kontrol (logistik), logistik itu kan bagian dari operational research. Aku tertarik dengan pengolahan logistik, atau pergudangan. Konsentrasi ini akan memfokuskan kita didalam pengambilan tema skripsi.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau di kampusku itu ada dua jalur. Pertama jalur beasiswa, yang kedua mandiri. Di kampusku ada beberapa beasiswa yang pertama beasiswa dari yayasan kampus, kemudian beasiswa rektor, beasiswa luar seperti KIP kuliah. 

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Industri Universitas Malahayati?

Yang pertama sih biasanya kalau temen-temen yang masuk teknik itu kesulitan di mata kuliah dasar seperti kalkulus, kimia dasar, fisika dasar, atau di kampus lain tuh ada proses masuk ke tingkat selanjutnya itu dasarnya harus lulus dulu, ini biasanya dialami oleh mahasiswa baru. Saran saya, perbanyak lagi membaca literatur, khususnya teknik industri. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Alumni kami kebanyakan lulusan yang manajerial, biasnaya di perusahaan produksi, manufaktur, supervisor, manajer SDM, ada juga yang di K3, HSE. Tidak menutup kemungkinan alumni teknik industri ada yang bekerja di bidang di luar teknik, seperti perbankan, pengajar. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Setelah lulus, saya ingin melanjutkan studi ngambil teknik industri lagi, aku juga pengen bekerja di teknik industri.

Q&A

  • Kak ceritain pengalaman kerja di mayora?

Jadi, aku sebelum kuliah itu sempet kerja dulu di mayora di tahun 2017, jadi aku ini gap year, aku dulu kebetulan di produksi sebagai operator creme houlder, dan aku di divisi wafer keju nama produknya zuper keju. Jadi di zuper keju itu ada line produksinya, nah aku di bagian creme houlder, yaitu yang menghasilkan keju, jadi aku yang menghasilkan creme nya. Itu salah satu alasan memilih teknik industri

Kode konten: C436

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *