Teknik Industri

Teknik Industri UNS / Universitas Sebelas Maret (Naufal)

Teknik Industri UNS / Universitas Sebelas Maret (Naufal)

Hei kamu yang sedang membaca artikelku, salam kenal yaa. Aku Naufal,mahasiswa jurusan Teknik Industri UNS atau Universitas Sebelas Maret  angkatan 2017. Aku juga anak perantauan,asli dari Padang,Sumatera Barat. Nah, di sini aku ingin berbagi cerita seputar jurusanku. Akan ada pengetahuan baru dan menarik sampai paragraf terakhir, simak terus yaa!

Yuk Mengenal Sekilas Tentang Teknik Industri!

Apa sih teknik industri itu? Sebelum kita tahu apa itu teknik industri, kita harus tahu dulu nih apa itu industri? Biar lebih gampang, kita ambil contoh industri perusahaan sepatu. Nah dalam perusahaan sepatu ada yang kita kenal dengan bahan baku sepatu seperti kulit hewan, sol sepatu, lem, benang dll. Bahan baku inilah yang nantinya akan diproses menjadi produk sepatu. Jadi bisa diartikan, industri merupakan kegiatan ekonomi yang merubah bahan mentah ataupun bahan setengah jadi menjadi barang jadi dengan tujuan untuk membuat barang yang bermutu tinggi.

Lalu apa itu teknik industri? Dalam teknik industri, kita memandang suatu hal sebagai sebuah sistem. Ada beberapa komponen dalam sebuah perusahaan, kita mengenal dengan sebutan 6M yaitu man (manusia), money (uang), machine (mesin), material (bahan), marketing (pasar) dan method (metode). Nah di sinilah teknik industri bekerja. Kita mengoptimalkan komponen-komponen ini dalam sebuah sistem. Maka banyak mitos yang beredar kalau Teknik Industri itu bisa nanti masuk kerja kemana saja dan dikenal sebagai calon direktur karena cakupannya yang cukup luas. Mau tahu apa saja yang kita akan kita pelajari di Teknik Industri? Di paragraf selanjutnya ya.

Belajar di Teknik Industri Itu Menarik Banget!

Sudah siapkah kamu berkuliah di teknik industri? Aku pengen cerita sedikit pengalamanku berkuliah di Teknik Industri UNS. Awal aku masuk teknik industri karena aku berasal dari Peminatan IPdi SMA dan merasa ga terlalu kuat banget di matematika ataupun fisika, tetapi ingin masuk Teknik. Mungkin ada yang sama pemikirannya denganku? Tapi kamu lebih beruntung dari aku karena aku bakal spoiler ke kamu. Sudah 6 semester aku berkuliah, dan pemikiran awalku itu terbantahkan. Memang di Teknik Industri kita tidak terlalu belajar tentang Matematika ataupun Fisika. Tetapi lebih dari dari itu!! Kita belajar banyak hal.

Aku penah ngerasain 5 hari kuliah dalam seminggu serasa di berbagai jurusan. Senin aku bertemu dengan Psikologi Industri dimana kita mempelajari perilaku-perilaku manusia. Selasa aku serasa jadi anak Teknik Informatika karena belajar program komputer. Rabu aku jadi anak Akuntansi karena belajar analisis bisnis. Dan banyak lagi yang kita pelajari seperti belajar postur tubuh manusia, manajemen proyek, perancangan organisasi,dll. Segitu banget belajar di Teknik Industri. Berat? Pasti semua jurusan ada kesulitannya masng-masing. Tapi di Teknik Industri kita belajar banyak hal. Karena seperti yang aku bilang di awal tadi banyak aspek dalam sebuah industri.

Di Teknik Industri UNS Ada  Praktikum dan Kelompok Keahlian Apa Aja?

Paragraf ini harus kamu simak baik-baik nih. Aku mulai cerita dari Praktikum yang ada di Teknik Industri UNS. Kita ada Praktikum Perancangan Teknik Industri (PPTI). Jadi kalau di TI UNS, tiap semester kita hanya ada satu praktikum tetapi berkelanjutan dari semester 3 sampai semester 6. Yaitu PPTI I-IV. Di praktikum ini kita belajar merancang sebuah produk mulai dari perencanaannya, desain produk, proses produksi sampai kepada marketing sebuah produk. Berbicara tentang keahlian, aku cerita dari laboratorium yang ada di TI UNS.

Di TI UNS, ada 6 laboratorium. Pertama, ada Laboratorium Sistem Produksi (LSP). Di laboratorium ini kita belajar bagaimana cara merencanakan sebuah produksi mulai dari bahannya apa,prosesnya seperti apa, waktunya berapa lama, cara mengoptimalkannya bagaimana,dll. Coba aja bayangin gimana sebuah produksi di pabrik bekerja.  Kedua,ada Laboratorium Sistem Kualitas (LSK). Nah di sini kamu akan belajar gimana cara menilai sebuah produk itu layak dipasarkan atau tidak sesuai dengan kualitasnya. Ketiga, ada Laboratorium Sistem Logistik dan Bisnis (Silogbis). Di lab ini kamu akan belajar bagaimana cara pendistribusian, memasarkan sebuah produk, analisis bisnis, marketing,dll.

Keempat yaitu Laboratorium Perancangan dan Optimasi Sistem Industri (POSI). Lab ini cocok banget buat kamu yang suka tentang dunia digital. Karena di lab ini kamu belajar tentang software-software,website, database, dll. Kelima ada Laboratorium Perancangan  Sistem Kerja dan Ergonomi (LPSKE). Nah dalam sebuah perusahaan pastilah kita melihat kenyamanan pekerja dalam bekerja mulai dari perilakunya, postur tubuhnya membahayakan atau tidak dll. Lab ini banyak belajar tentang biologinya dan psikologi karena mempelajari tubuh manusia. Terakhir ada Laboratorium Perancanaan dan Perancangan Produk. Di TI UNS kita juga ada Lab yang turun langsung ke permesinan loh. Di lab ini kamu bakal ketemu dengan mesin-mesin untuk membuat sebuah produk. Contoh mesin bubut,mesin potong,dll. Begitulah keahlian yang kamu akan dapatkan di Teknik Industri nanti. Jadi lulusan Teknik Industri bisa kemana aja karena kita belajar banyak hal.

Expo-PTN

Buat Kamu Calon Mahasiswa Baru Teknik Industri, Semangat!

Aku punya beberapa tips buat kamu calon mahasiswa baru Teknik Industri ala aku :

  1. Tingkatkan Curiosity kamu (Keingintahuan)
    Di Teknik Industri ini penting banget temen-temen. Karena di Teknik Industri banyak banget hal dan ilmu yang akan kamu pelajari. Seorang mahasiswa Teknik Industri harus memiliki curiosity yang tinggi karena kalau kamu diem-diem aja di kuliah gamau bertanya, nanti ketinggalan sama temen-temen yang lain.
  2. Harus Kuat Mental dan Perbanyak Relasi
    Jadi Mahasiswa Teknik Industri harus kuat nih, harus terbiasa dengan deadline dan tugas yang bejibun. Maklum yang dipelajari segitu banyaknya. Dan jangan jauh-jauh dari angkatan kamu, perkuat silaturrahmi karena kamu ga sendiri di Teknik apalagi Teknik Industri. Dan gacuma di angkatan, kamu harus aktif juga nyari ilmu ke luar.
  3. Jangan Cuma Kuliah, Ikut Organisasi dan Komunitas
    Nah ini jadi nilai plus banget buat kamu kuliah di Teknik Industri. Organisasi atau komunitas berguna banget buat kamu waktu masuk kerja nanti. Kamu sudah terbiasa dengan jadwal yang padat, suasana organisasi yang ga jauh beda dasarnya dengan dunia kerja nanti, planning jadwal rapat, dll. Karena Teknik Industri gajauh-jauh dari management suatu hal.

Lulus Teknik Industri, Bisa Kemana Aja!

Jangan takut lulus dari Teknik Industri. Sangat banyak prospek kerja yang akan menanti kamu. Sebelum lulus kamu harus tahu dulu kamu minat ke industri apa. Karena setiap industri berbeda karakternya. Banyak Industri di Indonesia seperti Perbankan, Consumer Good, Pertambangan, Retail, Penerbangan, Otomotif, Konveksi,Perminyakan,dll. Bahkan di Pemerintahan kamu juga bisa. Lulus Teknik Industri kamu juga bisa membangun usaha bisnis. Banyak juga lapangan pekerjaan yang ditawarkan, data analyst, business analyst, business development, human resource development, product planning, quality control, marketing, dll. Kamu boleh cari lebih lanjut di internet banyak banget prospek kerja di Teknik Industri.

Jadi jangan khawatir tamat dari Teknik Industri kamu ga dapet kerjaan. Terlepas dari banyaknya prospek kerja kamu juga harus berani untuk explore diri. Nah di Teknik Industri UNS kita punya ikatan alumni yang kuat loh, dan sudah tersebar dimana-mana. Beberapa perusahaan terkenal seperti PLN. Wu Ling, Bank Indonesia, OJK, dll. Teknik Industri UNS juga sudah berdiri sejak tahun 1998 dan sudah terakreditasi A dan juga sudah punya akreditasi internasional. Jadi, jadi mahasiswa Teknik Industri UNS gada keraguan lagi selepas lulus. Banyak perusahaan yang akan menanti kamu!

Harapanku dan Rencanaku Setelah Lulus

Enam semester bukanlah hal yang mudah untuk dilalui dan melewati banyak pencarian diri tentang apa sih sebenarnya yang aku minati karna begitu banyaknya prospek kerja di Teknik Industri. Rencana dan harapanku setelah lulus aku ingin bekerja di Perusahaan Multinasional ataupun Perusahaan Creative Digital. Dan juga punya harapan untuk bekerja di BUMN . Bidang karir yang ingin aku jalani yaitu di bidang data analyst, business analyst dan business development. Harapan lainnya ingin melanjutkan studi di luar negeri dan kembali ke Indonesia membuat sebuah perubahan. Apalagi tahun 2020-2035 Indonesia berada di Bonus Demografi. Banyak banget peluang untuk memajukan Indonesia. Nah yuk kita bareng-bareng!

Kode Konten: X213

Komen dibawah! 8

  1. rd0857

    Terima kasih Kak artikelnya membantu banget buat saya, oh ya kak mau nanya kalau menurut kaka pelajaran yang paling susah di TI itu apa kak dan alasannya kenapa?
    Terima kasih kak

    • naufaljulien

      Hai @rd0857. Sama-sama dan terima kasih sudah membaca artikel aku. Nice question!! Aku coba jawab dengan pandanganku yah.. Seperti yang aku tulis di artikel Teknik Industri cakupannya luas banget dan belajar banyak hal. Agak sedikit berbeda dengan jurusan lainnya. Aku ambil contoh misalkan Jurusan Teknik Sipil, jurusan ini sudah jelas belajar majornya yakni kurang lebih seputar konstruksi paling nanti lebih memilih minat ke jembatan atau bangunan atau yang lainnya. Sedangkan Teknik Industri, pelajaran majornya banyak sekali seperti yang aku sampaikan di artikel aku juga. Nah tentang pelajaran yang susah itu apa, butuh tahu lebih dalam lagi tentang minat,bakat dan prospek ke depan mau jadi apa. Kalau versi aku, gada yang susah ya selagi dipelajari. Yang ada hanya tidak terlalu mendalami aja. Aku kurang mendalami pelajaran yang berbaru program komputer sih dan yang berbau permesinan. Alasannya karena passion di bidang lain. Biasanya kalau di Teknik Industri passion kita mulai terlihat di semester 5/6 tapi lebih cepat lebih bagus. Tapi saranku ketika nanti kamu kuliah jangan menutup diri untuk belajar matkul apapun. Minimal matkul yang tidak passion tahu kulit luarnya. Karena di Teknik Industri kita dididik untuk tahu apapun minimal kulit luarnya. Itu sih jawaban dari aku. Semoga membantu yah.. 🙂

  2. naufaljulien

    Iya benar sekali @rd0857 , semangat terus ya..

  3. hikmathak

    Halo kak, sebelumnya makasih atas penjelasannya yang menarik banget. Mau nanya perihal praktikum, kalo praktikum di teknik Industri UNS sendiri apakah lebih sering berkutat dengan mesin seperti mengelas, membubut gitu gitu atau Hanya sekali du kali ? Makasih kaa

  4. naufaljulien

    Halo @hikmathak maaf sebelumnya aku baru bales . Untuk di Teknik Industri UNS untuk praktikum permesinan itu akan dijumpai di semester 4 di Perancangan Praktikum Teknik Industri II. Yaa selama 1 semester kamu mengerjakan itu. Semoga membantu yah:)

  5. rizqi

    kak mau tanya, apakah lulusan teknik industri bisa menjadi data analis, data science, dan desain produk industri? Apabila bisa apakah ilmu yang sudah diberikan di matkul Teknik Industri memenuhi kualifikasi karir tersebut? terimakasih

  6. Fia

    Kak saya mau nanya, kakak dulu masuknya lewat jalur apa ya kak? Kalau snm boleh tahu kak rata rata nilai kakak berapa? Kalau sbm boleh tau kak nilai utbk nya berapa? Makasih banyak kakk😊

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *