Teknik Industri

Teknik Industri USU / Universitas Sumatera Utara (Suci)

Teknik Industri USU / Universitas Sumatera Utara (Suci)

Assalamualaikum Wr. Wb. Hai Intiperss, apa kabar semua? Perkenalkan nama saya Suci Amalia Frastika, saya mahasiswi semester 8 jurusan Teknik Industri Universitas Sumatera Utara, disini saya ingin membagikan pengalaman perkuliahan saya, so buat kalian yang pengen tahu atau tertarik dengan jurusan Teknik Industri, Yuk dibaca dari awal hingga akhir!

Apa sih Jurusan Teknik Industri itu Kak ?

Apa sih yang kalian bayangkan ketika pertama kali mendengar jurusan Teknik Industri? Pasti teman-teman langsung berfikir “pabrik”? Apakah benar ?  Mari kita simak, Teknik Industri berasal dari 2 kata yaitu Teknik (engineering) dan industri, teknik itu sendiri berarti pemecahan masalah, jadi secara sederhana Teknik Industri adalah suatu ilmu keteknikan yang mendesain, memperbaiki, dan mengelola suatu sistem yang terdiri dari sumber daya manusia, material (bahan), informasi, dan peralatan. Jika teknik yang lain kita langsung mengetahui apa yang dirancang seperti misalnya teknik sipil dan arsitektur pasti langsung terbayang bangunan, untuk teknik elektro pasti langsung terbayang  listrik, untuk mesin pasti langsung terfikir teknik mesin.

unisa

Nah untuk teknik industri itu sendiri yang dirancang adalah suatu sistem dimana sistem tersebut saling berkaitan satu sama lain. Misalnya kalian bekerja di suatu pabrik pembuatan botol minum, ternyata terdapat masalah yaitu terjadi penurunan produksi botol minum, misal harusnya 50 botol sehari tenyata hanya mampu memproduksi 40 botol. Di sini peran kalian sebagai lulusan teknik industri, kalian harus mampu menganalisis keseluruhan sistem pada pabrik tersebut. Apakah masalah tersebut terjadi karena kerusakan pada aspek mesin, atau ketidaknyamanan pekerja, atau malah terjadi kesalahan informasi atar pekerja, atau malah terdapat permasalahan pada perancangan tata letak pabrik tersebut, dsb. Nah teman-teman sistem tersebut tidak hanya terdapat pada pabrik ya! sekolah, bank, rumah sakit itu semua merupakan suatu sistem yang saling terintegrasi

Mata kuliah yang dipelajari di Teknik Industri USU itu Apa Aja Kak?

Teknik Industri sering disebut ‘Designer System’. Tentunya yang dipelajari beragam, mulai dari mata kuliah yang banyak menghitung seperti kalkulus, fisika dasar, statistika, sistem produksi. Matkul yang berbau sosial misalnya ilmu ekonomi, psikologi industri, perancangan organisasi, dan studi kelayakan bisnis. Selain itu jurusan ini juga mempelajari mata kuliah dari ilmu teknik yang lain. Misalnya menggambar teknik, material bahan, mekanika teknik, elektronika industri, dan teknik tenaga listrik. Seru banget kannnn? Semakin menarik dong buat kalian yang ingin masuk teknik, tapi gak melulu belajar tentang hitung-menghitung. Namun mata kuliah tersebut hanya diajarkan dasar-dasarnya saja, sehingga kalian harus belajar lagi untuk mengetahui lebih dalam mata kuliah tersebut, karena mata kuliah yang beragam, tidak heran dosen-dosen yang masuk selalu bilang teknik industri itu diciptakan untuk menjadi manajer teknik.

Nah namanya juga jurusan teknik pasti tidak lepas dari yang namanya pratikum. Pratikum disini berfungsi untuk mengaplikasikan teori yang uda kalian dapat di kelas. Teknik industri USU sendiri memiliki 8 laboratorium diantaranya Laboratorium Studio Audio Visual dan Menggambar Teknik, Laboratorium Pengukuran dan Statistik, Laboratorium Core (Inti), Laboratorium Komputasi, Laboratorium Ergonomi & Perancangan Sistem kerja, Laboratorium Sistem Produksi & RTI, Laboratorium Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, dan Laboratorium Proses Manufaktur. Nantinya setiap pratikum kalian diwajibkan membuat laporan hasil pratikum sesuai dengan format masing-masing laboratorium.

pmb2-min

Mata Kuliah Favorit Kakak Apa dong Kak ?

Selama 8 semester kakak kuliah yang menjadi mata kuliah favorit kakak adalah statistika industri, selain karena kakak suka banget dengan hitungan, statistika ini menarik banget buat kakak karena hanya di mata kuliah inilah kalian dapat belajar meramal hehe seperti menghitung berapa peluang suatu peristiwa terjadi, menguji dugaan peneliti apakah bisa diterima atau tidak, melakukan penyajian suatu data. Mata kuliah kedua yang menjadi favorit kakak adalah rancangan teknik industri, dimana disini nanti kalian akan belajar bagaimana melakukan perancangan suatu produk, dari mulai brainstorming ide produk, melakukan riset pasar,analisis biaya pembuatan produk hingga tahap pemasaran produk.

Apakah di Teknik Industri USU Memiliki Konsentrasi Jurusan ?

Jurusan Teknik Industri USU memiliki 3 konsentrasi jurusan yang disebut dengan mata kuliah pilihan yang wajib diambil mulai semester 6, yaitu: 1) Konsentrasi manufaktur mempelajari bagaimana membuat suatu kinerja sistem lebih efektif dan efisien, beberapa mata kuliah pilihan yang dipelajari : Penjadwalan Mesin, Green Supply Chain Management 2) Konsentrasi ergonomi mempelajari bagaimana membuat pekerja nyaman saat bekerja baik itu dari segi lingkungan kerjanya, postur kerjanya, ataupun kognisi pekerjanya. 3) Konsentrasi manajemen lebih banyak mempelajari berkaitan dengan ilmu manajemen seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran

Bagi Tips untuk Mahasiswa Baru Dong Kak?

Nah bagi calon mahasiswa baru jurusan teknik industri, kakak punya sedikit tips penting ni yang berguna buat kalian :

  1. Ikutin kegiatan ospek kampus dan jurusan. Gimana ni adik-adik kalau dengar kata ospek, pasti ada sebagian yang merasa ketakutan karena berfikiran senior kampus pasti galak dan gila hormat, padahal kenyataannya tidak seperti itu. Ospek sangat berguna untuk memperkenalkan mahasiswa baru dengan suasana kampus, teman-teman seangkatan, dan senior. Menjalin relasi dengan senior sangat bermanfaat karena kita bisa mendapatkan pengalaman dari senior yang berkaitan dengan perkuliahan kita.
  2. Serius belajar di kelas, jangan pernah titip Absen !

Pada awal semester biasanya mata kuliah di jurusan ini tidak terlalu padat dan hanya menjalani 1 pratikum. Usahakan untuk belajar seserius mungkin. Jangan pernah titip absen. Kerjakan tugas sebaik mungkin agar bisa mendapatkan IP yang tinggi,  karena semakin semester ke atas beban mata kuliah dan pratikum yang akan dijalani semakin berat.

  1. Ikutin organisasi

Selain itu kalian juga bisa mengikuti organisasi yang ada di kampus maupun di luar kampus. Ada banyak banget organisasi/UKM yang bisa kalian ikutin untuk menambah softskill kalian.

  1. Mencoba Beasiswa

Rajin-rajin lah mencari informasi beasiswa yang tersedia di kampus kalian. Di USU sendiri ada beberapa beasiswa yang bisa kalian ikutin. Mulai dari semester awal diantaranya yaitu : beasiswa Teladan dari Tanoto Foundation, beasiswa Unggulan Kemdikbud, beasiswa PPA/BBM.

Prospek Kerja dan Alumni Biasanya Dimana Kak?

Teknik industri mempelajari berbagai disiplin ilmu, sehingga memiliki prospek kerja yang cukup luas, mulai dari bekerja di perusahaan manufaktur seperti Astra, Toyota, Unilever dengan beragam posisi seperti Supply Chain, Quality Control, K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja), dsb. Ada juga yang berkarir di perusahaan jasa seperti pegadaian, bank dengan posisi HRD , Business Analyst, dsb. Ada juga yang memilih untuk membuka usaha. Mata kuliah teknik industri seperti rancangan teknik industri, technopreneurship, dan studi kelayakan bisnis sangat berguna sebagai bekal dalam membuka usaha.

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Semenjak semester 5 saya sudah tertarik dengan perusahaan FCMG (Fast Moving Consumer Goods) seperti Unilever, Nestle, sehingga setelah saya lulus nanti saya ingin melamar di perusahaan tersebut dengan bidang yang akan saya lamar adalah Supply Chain, atau Marketing. Saya sangat berharap ilmu yang saya peroleh selama perkuliahan bisa saya terapkan di dunia kerja nanti.

Kode Konten: X226

Komen dibawah! 8

  1. sany gracia sitompul

    ka, sebelumnya trimakasi buat info dan sarannya ya. aku sempat ragu ambil sbm teknik industri, karna kalau boleh jujur aku anak yang manja. cuma semoga si jurusan ini cocok. dan kalau boleh tau biasanya dari tahun ke tahun banyakan cowo apa cewe ya ka? terus pergaulan jurusan ini di usu gimana? rada takut soalnya ambil di usu klo teknik hehe.

    • suciamalia

      Halooo sany, kalo di industri usu itu biasanya perbandingan antara cewe dan cowo 50:50 kok. Kakak juga dulunya itu smpet ngerasa takut masuk jurusan teknik, tpi setelah ngerasain langsung wih seru bgt kok dek, apalagi awal-awal jdi maba. Semgt ya dekk

  2. Dewi nainggolan

    Kak,ada enggak ebook untuk mendukung saya sebagai maba tekind dalam mempelajari materi di semester 1?

    • suciamalia

      Halooo maaf bangeett ni bru balasss, kalo ebook biasa sih dosen yang masuk kasih rekomendasi ebook yang dapat dijadikan referensi, bahkan kadang dosen suruh buat beli buku untuk jadi pegangan belajar dek.

  3. Jenny Nurani Hutasoit

    Salam ka
    Ka Kan tadi ada “menggambar teknik” kalau boleh tau ka
    Berarti kita harus pintar menggambar gitu ya ka
    Soalnya pengen masuk jurusan ini tapi sesudah liat tadi ada “menggambar teknik” ada rasa takut gitu k
    Soalnya aku lemah dalam hal menggbar kk.
    Semoga di respon ya k.salam.

    • Suci Amalia Frastika

      Halo kakak juga dulu takut banget mata kuliah menggambar teknik tapi setelah dipelajarin gak sesulit itu kok, dan kalo di teknik industri khususnya USU mata kuliah menggambar teknik itu dipelajarin waktu semester 1, 2, dan 7. jadi tetap semangat 🙂

  4. Nadzira Putri Andani

    Hai kak mau nanya dong aku ada keinginan mau ngambil tek.industri usu juga, nah itu mapel fisikanya banyak ya kak? Susah banget ga sih kak? Soalnya aku lemah di fisika huhu
    Terus jurusan tek.industri ini banyak mke fisik gitu gak kak selama kuliah nya?
    Trimkasih kaa smoga dijawab

  5. Sisca

    Kak di Teknik industri apakah harus bisa menggunakan Autocad atau aplikasi design lainnya??
    Soalnya kan ada matkul menggambar teknik.
    Terima kasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *