Teknik Informatika

Teknik Informatika Universitas Sains & Teknologi Komputer (Ade)

Teknik Informatika Universitas Sains & Teknologi Komputer (Ade)

Halo sobat intipers! Aku Ade Fenna Suryanna jurusan Teknik Informatika Universitas Sains & Teknologi Komputer angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Teknik Informatika Universitas Sains & Teknologi Komputer itu seperti apa?

Teknik informatika itu sebenernya bukan kita belajar di bidang komputer saja, tapi teknik informatika itu belajar mengenai sistem jaringan, dunia informasi, dunia pemrograman. 

Jaman sekarang teknik informatika sangat dibutuhkan untuk kemajuan jaman. Di dunia saat ini yang terus berubah begitu cepat banyak perusahaan kecil, menengah yang mulai bisnisnya dengan teknologi yang mumpuni dalam mengatur bisnis dan usahanya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Teknik informatika menurutku lebih dari sekedar memahami atau mendalami ilmu komputer gitu, ada dalam dunia jaringan, keamanan jaringan. Kebanyakan sekarang kasus hacker gitu. Kita diajarkan bahasa pemrograman tentunya, gak cuman belajar dari windows sistem operasinya, ada linux juga, ada obuntu, blank out, ada juga yang terkenal linux gitu. 

Banyak orang yang menganggap teknik informatika itu jago hacker, aslinya hacker itu orang yang bermaksud merusak jaringan dengan maksud baik, bukan merusak jaringan dengan maksud jahat, banyak orang yang beranggapan salah, dan orang yang merusak jaringan dengan maksud jahat itu disebut cracker.

schooters

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Informatika Universitas Sains & Teknologi Komputer?

Jadi dulu waktu kecil, dari SD udah belajar mulai dari otak-atik HP, dulu otak-atik nokia, itu kan dulu symbian bukan android, kemudian dibelikan komputer sama orang tua, jadilah main komputer, main game, terus waktu SMP ada mata pelajaran ilmu komputer, jadi tambah suka dan mempelajari sistem yang ada di komputer. 

Kemudian SMK masuk jurusan teknik komputer dan jaringan, alhamdulillah disitu prestasi pun ada akhirnya. Akhirnya ikut di forum seminar, jadi emang dari dulu udah suka dunia jaringan, karena kita hidup bukan di jaman purba, kita hidupd i era digital maka dari itu kita harus update terus di dunia perdigitalan. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas dari jurusan ini aslinya ada banyak. Di universitas tekkom ini memberi kesempatan kepada mahasiswanya untuk belajar dunia siap kerja. Pertama dulu awal semester udah ada pengembangan animasi, buat seneg-sensng juga, curi hati ke mahasiswa baru, visual basic, statistika, dan logika algoritma. Sebenernya in iyang paling sulit sih. Dunia pemrograman ada pemrograman mobile nya, HTML, javascrip, jss, dan lainnya.

Logika algoritma itu dicari bagaimana kita berpikir secara logika. Nah diantara individu itu berbeda pendapat dan berbeda arguman. Ada yang menurut logika nya dari A langsung ke C atau ada logika nya yang urut dari A ke b. Paling sulitnya disitu, bagaimana mengurutkan urutan yang benar, terus kebutuhan umum juga. Biasanya kalau buat aplikasikan kita gak memandang diri kita sendiri yang pakai, tapi berpikir secara umum. Nah bagaimana berpikir secara rasional, gimana banyak orang bia paham dengan aplikasi yang akan dibuat. 

Kebanyakan kalau di aplikasi perbelanjaan itu ada hal yang muncul pertama kali itu menurut dari sistem sendiri itu barang yang sering dicari, barang yang sering diliat oleh user tersebut, itulah contohnya algoritma. Jadi buat aplikasi itu tidak segampang yang dicari di google, ada banyak anak kecil sekarang mengentengkan pembuatan aplikasi, banyak orang mengentengkan security system, data costumer juga harus dijaga. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk sekarang belum ada

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Untuk sekarang baru ada yang pertama untuk universitas tekkom ada 1001 paket beasiswa untuk siswa kurang mampu, siswa berprestasi, beasiswa anak guru, atau dosen, beasiswa selebgram atau influencer, karena di universitas tekkom kuliahnya dibuat organisasi yang menyenangkan gak terlalu formal, jadi gak terlalu spaneng. 

Program beasiswa tersebut juga bekerjasama degan IKI (Ikatan Guru Indonesia) terus IKVIM (Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju), terus ada perusahaan-perusahaan teknologi. Untuk jalur mandirinya kalau ingin tau lebih lanjut dan detailnya cek aja di instagram universitas tekkom

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Informatika Universitas Sains & Teknologi Komputer?

Pertama fokus sama materi. Sudang di tingkatan mahasiswa dikurangi mainnya. Sekarang banyak punya HP spek nya tinggi, tapi penggunaannya kurang bermanfaat, kan gunakan sebaik mungkin untuk belajar fasilitas yang ada. 

Kemudian pelajari bahasa ilmu pemrograman. Pertama dasar-dasarnya aja, paling HTML, Javascrip, CSL. Jadi jangan takut kalau disini mikirnya banyak pusing, aslinya enggak, tergantung kita manjemen waktu untuk kuliah, ngerjain tugas, kebutuhan sehari-hari. Disini juga kalau ada yang mau bekerja, karena kita gak terlalu dibuat fokus. Kita dibuat mudah kuliahnya sesuai motto universitas tekkom, kuliahnya menyenangkan. Jadi selain bekerja bisa untuk istirahat, kalau pulang kuliah baru istirahat untuk belajar besok. 

Ada cerita sedikit, dulu saya mulai bekerja ada keinginan untuk bekerja karena udah lulus SMK. Semester2 saya lulus bekerja, pagi kuliah dan siangnya pulang ke kost, dan jam 3 sore mulai kerja, dan 10 malem pulang. Setelah itu baru belajar, belajar gak usah terlalu dipaksakan, belajar cukup 1-2 jam. Setelah itu baru istirahat, sampai sekarang alhamdulillah masih kerja. Sekarang ada banyak sampingan, karena kita itu kuliah untuk bisa membentuk karakter yang gak terlalu monoton, ada sosialnya juga gitu.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk lulusannya, ada di share di IG juga, di sosmed universitas tekkom, salah satunya ada yang bekerja di SAMSAT jadi bendahara, terus ada juga alumni tekkom yang bekerja di pengadilan agama, BAPPEDA salatiga. Contoh bendahara, pengolahan data pakai komputer, administrasi pake komputer, jadi dipelajari semua dari aplikasi microzoft, aplikasi-aplikasi pengolahan data. Jadi prospek kerjanya sangat luas, gak cuman di dunia jaringan dan digital.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Rencana setelah lulus pasti bekerja, yang pernting rejeki lancar, terus kebutuhan tercukupi, kalau bisa lebih biar ada tabungan juga. Rencananya kalau ada kesempatan mau buka usaha kecil-kecilan, dulu pernah ada temen punya usaha nawarin, berhubung say audah bisa dasarnya HTML pemrograman website, ada temen minta tolong buatin website, darisitu udah ada usaha kecil-kecilan.

Q&A

  • Kalau tahun depan mau masuk SMK ngambil rekayasa perangkat lunak, nanti katanya mau di kuliahin ke informatika, tapi aku takut gak passion, kasih saran dong kak?

Saran aku, kalau mau masuk dunia informatika bukan masuk ke rekayasa perangkat lunak aslinya, tapi ke komputer jaringan, jadi lebih pas gitu. Kalau rekayasa perangkat lunak itu nantinya lebih fokus ke softwarenya. Kurang tau dari SMK nya sendiri sih apakah ada dikasih untuk dunia jaringan juga. Dari nama jurusan sendiri rekayasa perangkat lunak itu lebih difokuskan ke software komputer. Kalau aku sendiri ambil TKJ aja

  • Kalau dari jurusan IPS bisa masuk teknik informatika enggak? Dan ada hitungannya enggak?

Ada kalau hitungan, dari jursan manapun gapapa, yang pasti ada niat mau belajar. Kemudian kalau hitungan ada banyak malah, jadi bukan cuman coding doang, hitunganny ada matematika diskrit, tab mating.

Kode konten: C433

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *