Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Teknik Instrumentasi

Teknik Instrumentasi ITS Surabaya (Budi)

Teknik Instrumentasi ITS Surabaya (Budi)

Halo sobat intipers! Aku Nur Budi Rahayu dari Teknik Instrumentasi ITS Surabaya angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Instrumentasi ITS Surabaya seperti apa?

Instrumentasi itu lengkap kalo di industri intrumentasi itu alat, ada teknologi, tekniknya mempelajari teknologi yang menggunakan alat dan ukuran sebagai kontrol variable proses berdasarkan sifat fisika dan kimia, cabang dari teknik fisika, karena kebutuhanannya sangat ditinggi maka dari itu jurusan ini di adakan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Instrumentasi ITS Surabaya?

Ingin melanjutkan dari SMK karena kalo di industri masih sedikit dan kurang, membuat saya ingin mempelajari kembali, tidak sebatas ilmu pengetahuan dari SMK saja.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Saya vokasi D4, prakteknya lebih tinggi, belajar pengukuran, automasi, program, gambar instrumentasi, lebih banyak ke ilmu fisika. Tugas yang khas, menyusun sistem, dosen ingin kita lebih paham tentang instrumentasi pada saat maba, praktikum baru praktikum fisika secara online karena masih pandemi gini.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Keahliannya 3, pengendalian, safety sistem, dan pengukuran. Biasanya diambil yang lebih kopenten untuk nanti ketika kerja oleh HRD. Tentang konsentrasi kelihatan setelah magang, cocoknya dimana, kalo pengendalian kita bisa automasi lihat bagaimana pengendalian mesin, safety sistem fokus pada pengaman alat-alat, pengukuran hanya mengukur dan ada analisis berdasarkan rumus fisika. Saya sendiri lebih ke pengukuran, karena saya punya target industri, yokogawa dan banyak di pengukuran.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Prestasi, reguler, dan mandiri. Karena keputusan sekarang berbeda, D4 masuk ke SNMPTN 20% 24 mahasiswa baru, SBMPTN 40% 39 mahasiswa baru, mandiri 30% 65 orang. Bisa  langsung ke website resminya ITS atau webnya inilohits.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Instrumentasi ITS Surabaya?

Dasar dari sebuah teknik fisika dan kimia, saya SMK masih sedikit, untuk SMA silahkan di pelajari itu, lebih mempelajari materi TPA jangan sampai lepas, rajin lagi belajarnya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak banget, lebih utama lebih ke engener, siap dalam hubungan instrumen, saya ambi dari data survey studi 2018, banyaknya ke industri pengolahan, manufaktur, pertambangan, elektrik power plant, kontruksi, dan industri instalasi.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya ingin kerja dulu, seorang laki-laki harus bisa menafkahi, udah kerja sambil ngumpulin uang pengen lanjut S2 ke ITB. Kalo bisa wirausaha dan lanjut kuliah.

Kode konten: C327

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *