Teknik Kimia

Teknik Kimia Akademi Minyak dan Gas Balongan (Siti)

Teknik Kimia Akademi Minyak dan Gas Balongan (Siti)

Halo sobat intipers! Aku Sri Nurhayati jurusan Teknik Kimia Akademi Minyak dan Gas Balongan Indramayu angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Teknik Kimia Akademi Minyak dan Gas Balongan Indramayu itu seperti apa?

Jadi di akami gas balongan ini terdapat 3 jurusan, ada teknik perminyakan, fire and safety, dan teknik kimia. Jurusan teknik kimia itu seperti pada umunya yaitu ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana proses bahan mentah atau bahan setengah jadi menjadi proses yang bermanfaat bagi yang lain. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Teknik kimia di akami gas ini spesial, karena kami mempelajari tentang proses pengolahan minyak bumi, gak hanya proses kimia saja. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Teknik Kimia Akademi Minyak dan Gas Balongan Indramayu?

Tadinya seperti yang lain aku pengen masuk teknik kimia di universitas lain, dan aku juga berpikir sebagai anak bangsa, masa gak bisa mengolah minyak sendiri, jadi saya memilih akami gas balongan. Saya perempuan tapi saya menyukai bidang teknik, dan saya menyukai kimia dari SMA saya kenal tentang kimia. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Karena kan kita ada banyak tugas kuliah dan lain-lain yang menurut saya spesial, seperti salah satunya ini proses industri minyak dan gas, itu menurut saya lebih dapet daripada teknik kimia di kampus lain, terus ada proses industri kimia, pengolahan industri kimia, limbah industri, ekonomi teknik, peralatan industri.

schooters

Untuk praktikum ada kimia dasar, kimia analitik, kimia organik, mikrobiologi, kimia fisika, mekanika fluida. Kalau di kimia organik biasanya menguji, pengujian ekstraksi di lab, itu menurut saya dapet banget teknik kimianya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Tidak ada, tapi ada satu kelompok keahlian yang menurut saya ini worth it banget yaitu english village, membantu banget mahasiswa untuk belajar bahasa inggris, apalagi untuk sekarang dunia kerja itu banyak banget orang asing yang membutuhkan sumebr daya manusia yang bisa bahasa asing. Di kampus kami mewajibkan mahasiswa mengikuti english village.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Untuk adik-adik, di akademi minyak dan gas balongan Indramayu ini ada 3 jalur yaitu prestasi, minat, dan reguler. Walaupun kami swasta, tapi kita punya beasiswa yang ditawarkan seperti KIP, Dikti, Yayasan, jadi jangan khawatir sama biaya. Untuk informasi bisa lihat di instagram pmb akami gas balongan, disana banyak banget informasi tentang akami gas balongan.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Kimia Akademi Minyak dan Gas Balongan Indramayu?

Tipsnya sih pasti banyak yang bilang di semster 2 dan 3 salah jurusan, tapi menurut saya itu enggak, karena menurut saya teknik kimia itu sebuah prospek yang menanjikan banget di dunia luar, jadi jangan pernah menilai sesuatu dari awal, karena kalau kalian udah masuk yaudah terusin, jangan pernah berhenti di tengah-tengah, karena menurut saya berhenti di tengah jalan adalah kegagalan yang gak bisa di maafkan di kemudian hari.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Karena kami kan di bidang oil and gass, jadi prospek kerja kami tidak hanya di kimia saja, tapi di oil and gass, kebanyakan juga alumni kami di oil and gass, petrokimia, kimia farma, kami bisa terjun langsung ke oil and gass. Kalau di kimia farma, kita di bidang pengujiannya.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Ada satu rencana saya, yang meurut saya ini bisa banget di masa yang akan datang yaitu saya mau kerja di bagian kelapa sawit, karena kan sekarang minyak bumi udah semakin menipis, dan banyak dari ahli sekarang beralih ke biodisel kelapa sawit, jadi saya terterik banget terkait biodisel, karena kemarin juga dapet isu itu negara luar memblock akses Indonesia buat mengembangkan biodisel. 

Q&A

  • Kalau perusahaan oil and gass di Indonesia kan masih sedikit, dan jurusan teknik kimia itu banyak di Indonesia, apa yang paling berbeda dari teknik kimia dengan Universitas yang lain?

Sebenernya jadi menurut saya oil and gass sendiri banyak, apalagi anak pertamina itu gak cuman satu tapi banyak. Teknik kimia di akami gas balongan ini spesial, kita gak belajar hanya kimia saja, tapi belajar mengenai petrokimia, oil and gass, dan semua yang berkaitan dengan kimia kami belajar.

Kode konten: C442

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *