Teknik Kimia

Teknik Kimia Institut Teknologi Sumatera (Agnesia)

Teknik Kimia Institut Teknologi Sumatera (Agnesia)

Halo sobat intipers! Aku Agnesia Putri Rini dari Teknik Kimia Institut Teknologi Sumatera angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Sumatera seperti apa?

Teknik kimia merupakan suatu jurusan yang mnegubah dari bahan mentah menjadi produk yang bisa digunakan. Banyak orang bilang jurusan ini banya belajar kimia, padahal di dalamnya kita lebih banyak belejar fisika dibandingkan kimia.. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Sumatera?

Awalnya saya tertarik sama dunia industri, kaya banyak banget produk sehari-hari hasil dar dunia industri, jadi saya ada keinginan atau minat untuk terjun ke dunia industri.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada mata kuliah yang jadi ciri khasnya sendiri seperti termodinamika kimia, analisis matematika teknik kimia, yang suatu mata kuliah tersebut berkaitan langsung dengan teknik kimia. Terus ada tugas besar diminta kita untuk merancang, kaya merancang pabrik, merancang alat-alat yang bakal dipakai di pabrik itu sendiri. Alatnya misalnya saya pernah merancang kolom distilasi, biasnya digunakan untuk memisahkan minyak bumi, yang biasa kita pakai seperti bensin, LPJ, kita merancang alatnya dari ukuran alat, tebal alatnya, keluaran alatnya, dan bahan apa saja yang bisa masuk ke alat itu.Banyak hal yang dilakukan untuk  mengerjakan tugas besar.

Kerja praktek biasanya di semester 6, kita berkelompok, nanti kaya daftar proposal ke pabrik yang ada, biasnaya kita ke pabrik pupuk, migas, gas bumi, pertamina, nanti kita magang di situ. Dulu waktu SMA sangat suka kimia dan ga suka fisika, semenjak masuk ternyata fisika lebih banyak dari kimia, karena hal itu lama-lama saya jadi suka, makin penasaran dan mengerjakan akhirnya bisa jadi motivasi juga.

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Teknik kimia tidak ada konsentrasi atau kelompok keahlian. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri, saya masuk jalur SNMPTN, daftar dari sekolah, terus kita masuk webresminya LTMPT. Untuk informasi lebih lanjut bisa cek di itera.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Kimia Institut Teknologi Sumatera?

Kita harus bisa suka dengan materi yang ada, biar kita bisa menjalaninya. Terus untuk mahasiswa baru ketika kita di semester awal sebisa mungkin banyakin kegiatan organisasi, karena dari semester 4-5 itu jadwal organisasi kita berkurang, banyakin pengalaman di semester awal.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya banyak kerja di dunia industri atau pabrik, bisa di pernyikana, pertambangan, bisa di dunia perbankan juga karena kita belajar ekonomi.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya ingin melanjutkan bekerja di dunia perindustrian misalnya di Kimia Farma atau Unilever

Kode konten: C593

Komen dibawah! 1

  1. Dindamayla.

    Assalamualaikum kak Agnes ,,kak aku mau tanya boleh? Kak kan aku dari SMK farmasi nih kalau nanti tahun depan ini aku rencana nya pengen ambil Teknik kimia kak,,tapi aku masih kurang yakin sih kak ,, soalnya basic aku di farmasi kalau masuk Teknik kimia cocok ngk kak? Terus mata pelajaran yang aku sukain itu matematika kak kalau kimia ngk seberapa jago kak,,bisa minta pendapat atau saran nya ngk kak dari kakak, soalnya aku mau benar” pengen masuk itera teknik Kimia kak,,🙏😁,,terus satu lagi kak ,, menurut kakak kesulitan apa di teknik Kimia dan solusi nya kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *