Teknik Kimia

Teknik Kimia Politeknik TEDC Bandung (Al Kautsar)

Teknik Kimia Politeknik TEDC Bandung (Al Kautsar)

Hay intipers! Kenalin saya Al Kautsar Devana Afni. Mahasiswa jurusan Teknik Kimia Politeknik TEDC Bandung angkatan 2019. Nah kepo gak sih kuliah di teknik kimia itu seperti apa? Nah disini saya mau berbagi pengalaman kuliah yang telah saya lalui. Kalau begitu, yuk simak pengalamannya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Gambaran besar jurusan Teknik Kimia Politeknik TEDC

Teknik kimia adalah jurusan yang mempelajari bagaimana caranya merubah sebuah bahan mentah menjadi sebuah produk (barang jadi/setengah jadi) dengan proses seekonomis mungkin dan menghasilkan untung sebesar-besarnya. Seorang sarjana teknik kimia juga bisa merancang sebuah pabrik industri kimia.

Slide5

Sobat Intipers! Fyi, bagi yang belum kenal dengan kampus saya yaitu Politeknik TEDC Bandung. Saya kasih informasi sedikit, Politeknik TEDC Bandung adalah politeknik swasta yang ada di Jawa Barat tepatnya di Kota Bandung. Pada tahun 2019 kampus saya mendapat 3 sekaligus penghargaan yaitu Perguruan Tinggi Vokasi terbaik ke-43 seindonesia, Manajemen Inovasi terbaik ke-2, dan pemeringkatan Klaster Penelitian menduduki peringkat Madya. Meskipun swasta, penghargaannya tidak kalah keren dari Perguruan Tinggi Negeri, bukan?

Orang-orang selalu berfikir kalau teknik kimia dan kimia murni itu sama. Nyatanya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Teknik kimia berada di fakultas teknik, sedangkan kimia murni berada di fakultas mipa. Lulusan teknik kimia merancang prosesnya, berurusan dengan sistem kerja mesin dan tahap-tahap produksi. Sementara anak kimia murni merancang produknya. Memastikan kualitas bahan baku, melakukan uji coba, lalu merumuskan reaksi yang terjadi dalam proses. Dulu saya berfikir kalau teknik kimia bakal belajar lebih dalam materi kimia nih, ternyata disini kita lebih banyak belajar fisika. Dari namanya saja teknik, lebih ditekankan kepada materi fisika.

Mata kuliah khas yang ada di jurusan Teknik Kimia Politeknik TEDC

Hal yang paling menarik di teknik kimia yaitu praktikum. Pada setiap semesternya tidak luput dari kegiatan praktikum loh. Ditahun pertama perkuliahan, mata kuliah yang dipelajari yaitu mematangkan pelajaran yang telah dipelajari di sma. Seperti fisika, kimia dasar, kimia organik, kimia analitik, dan biologi. Ditahun berikutnya mulailah pada mata kuliah khas teknik kimia seperti thermodinamika dan rancang pabrik (pilot plant).

Mata kuliah thermodinamika berfokus pada hukum termodinamika dan juga aplikasi pada alat-alat industri. Tentunya di berbagai jenis industri mata kuliah ini pasti digunakan. Mata kuliah ini belajar berbagai perhitungan. Setelah mencapai materi ini sangatlah jelas jika mahasiswa teknik bukan mempelajari cara berhitung saja. Komputer jauh lebih cepat untuk mengerjakan tugas.

Yang kedua rancang pabrik, dari namanya saja sudah terlihat bahwa disini kita belajar merancang suatu pabrik atau industri yang skalanya sedang. Cocok nih bagi yang suka desain.

Kunjungan industri

Mahasiswa baru yang sudah kuliah

Untuk mahasiswa baru ataupun teman teman yang mau masuk di jurusan teknik kimia, harus diperhatiin nih beberapa tips dibawah.

  1. Perbanyak baca buku atau jurnal

Pada umumnya di semua jurusan emang diwajibkan untuk banyak membaca sih. Tapi pada teknik kimia ini selalu melakukan praktikum, jadi harus membuat laporan dan makalah jadi kita harus mencari referensi sebanyak mungkin dari buku atau jurnal. Dan wajib membaca materi sebelum perkuliahan dimulai.

  1. Riview materi

Nah di dunia perkuliahan itu kita dituntut untuk mandiri. Tidak seperti siswa sma yang masih bisa diskusi mengenai tugas dan lainnya. Maka dari itu, kita riview materi yang sudah diajarkan dosen dan cari materi tambahan lainnya.

  1. Siapkan skill dan passion

Di dunia perkuliahan, tidak hanya mendalami materi perkuliahan saja. Mahasiswa haruslah memiliki skill dan passion dalam bidang lainnya. Hal ini sangat berguna dalam dunia kerja, karena biasanya kita bekerja tidak sesuai dengan ilmu yang dipelajari saat kuliah saja. Salah satu cara mencari skill dan passion lain itu dengan cara mengikuti organisasi, seminar, dan lain lain.

Prospek kerja dan biasanya alumni kerja dimana?

Lulusan Teknik Kimia dapat bekerja di berbagai macam jenis industri kimia seperti: industri perminyakan dan gas alam, pertambangan batu bara, industri semen, industri pupuk, industri polimer, industri pulp dan kertas, industri petrokimia, industri plastik, industri farmasi, industri makanan dan minuman, industri keramik, industri gelas dan industri pengolahan limbah. Selain di Industri kimia, seorang sarjana Teknik Kimia dapat juga bekerja di bidang penelitian, pendidikan, pemasaran, manufaktur peralatan industri jasa konsultan dan kewirausahaan.

Harapan dan rencana kamu setelah lulus

Saya berharap setelah lulus nanti, bisa memanfaatkan tantangan revolusi industri 4.0 ini supaya perindustrian di Indonesia meningkat. Dan semoga saya bisa bekerja di industri petrokimia atau industri pengolahan limbah.

Kode konten: X409

Komen dibawah! 8

  1. Siti Rani Oktaviani

    Assalamualaikum,,,
    Kak perkenalkan saya Rani. Saya mau tanya kak, apakah jurusan teknik kimia susah untuk lulus? Apa yang membuat kakak tertarik masuk kuliah jurusan teknik kimia?
    Dan minta tips untuk meyakinkan saya bahwa jurusan teknik kimia itu tidak sesulit yg saya bayangkan.
    Soalnya saya masih ragu kak, mohon untuk dibalas ya kak. Terimakasih
    Wassalamu’alaikum,,,

  2. alkautsarafni

    Wa’alaikumussalam warahmatullah Rani..
    Izin menjawab ya, kalau susah untuk lulus sih enggak, itu gimana pribadi masing masing. Kalau bisa mengikuti alur perkuliahan insya Allah mudah.
    Saya sendiri tertarik di jurusan teknik kimia karena suka farmasi sama pengolahan limbah, dan ternyata emang cocok dan teknik kimia itu termasuk jurusan yang multifungsi hehe.
    Kalau tips nih, itu paradigma rani sendiri yang membuat ragu. Sebenernya teknik kimia itu gak seserem yang dibayangkan. Ketika mindset orang-orang teknik kimia itu susah, udah belajar kimia juga teknik lagi pasti susah. Nah pas masuk ke dunia asli nya gak gitu, belajar kimianya justru cuman sedikit.
    Terus cabang bidangnya banyak, prospek kerjanya juga banyak karena sekarang indonesia bahkan dunia sedang bergelut di bidang industri.
    Jadi yakinin dulu hati rani buat masuk teknik kimia, pasti kalau udah masuk kerasa asik dengan tantangan yang ada.
    Semoga bisa dipahami yaa šŸ˜‰

  3. Aiman M Iqbal

    Hai Al-kaustar keren, tetep selalu nulis tentang wawasan teknik kimia ya. Kalau sempat kunjungi tulisan saya ya tentang teknik kimia juga www.aimaniqbalsite.wordpress.com kebetulan saya orang Cimahi dan alumni TK Polban 18, pernah bekerja di Chandra Asri Petrochemical dan skrg lanjut kuliah lagi. Semoga cita cita kamu tercapai ya kerja di petrochemical.Aamiin. Pesan saya banyak mengasah tentang evaluasi sistem proses dan pemeroses karena itu akan sangat berguna ketika kamu jadi Process Engineer

  4. Al Kautsar Devana Afni

    Hallo kak.
    Saya udah baca tulisan kakak, sangat bermanfaat kak keren menambah wawasan saya.
    Wahh kebetulan saya juga orang cimahi, semoga lain waktu bisa berbagi pengalamannya nih
    Aamiin, terima kasih banyak kak atas pesannya

    • Khoirunnisa

      Assalamu’alaikum kak, aku gk terlalu bisa fisika, karena menurut aku rumit dan butuh logika yang banyak. Di kuliah diajarin sedetail itu gk kak supaya kita bener2 paham?
      Kalo yang logikanya gk terlalu main,, modal suka matematika dan kimia cocok gk si kak untuk ambil jurusan ini?

      Kenapa kakak pilih jurusan ini?

      Katanya kalo di kuliah itu bener2 harus mandiri, nyusun laporan atau sesuatu yang harus ditulis juga gk boleh asal copy. Tekniknya diajarin gk kak?
      Terimakasih Kak

  5. Ashri Rahmawati

    waaaaa sangat bermanfaat nih kakaaaaa

  6. Khoirunnisa

    Assalamuā€™alaikum kak, aku gk terlalu bisa fisika, karena menurut aku rumit dan butuh logika yang banyak. Di kuliah diajarin sedetail itu gk kak supaya kita bener2 paham?
    Kalo yang logikanya gk terlalu main,, modal suka matematika dan kimia cocok gk si kak untuk ambil jurusan ini?

    Kenapa kakak pilih jurusan ini?

    Katanya kalo di kuliah itu bener2 harus mandiri, nyusun laporan atau sesuatu yang harus ditulis juga gk boleh asal copy. Tekniknya diajarin gk kak?
    Terimakasih Kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *