Teknik Kimia, Universitas Gadjah Mada

Teknik Kimia UGM (Toni)

Teknik Kimia UGM (Toni)

Halo sobat intipers! Aku Leonardo Antoni Wijaya dari Teknik Kimia UGM angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Kimia UGM itu seperti apa?

Teknik kimia itu kita belajar tentang proses-proses di industri kimia yang menggunakan proses kimia. Ini mirip sama kimia murni secara umum, tapi kita itu ngitung berapa profitnya gitu. Dibanding belajar Kimia, kita malah lebih banyak belajar Fisika. Kimia dikit banget, cuma pertama-pertama doang.

Banyak nih temen-temenku juga dulu yang ekspektasinya kuliah di jurusan ini itu belajar banyak tentang Kimia, tapi ternyata setelah dijalani itu lebih banyak Fisika sama Matematika. Bisa sih dijalani, selama lingkungan belajarnya bagus, karena di sini lingkungannya bagus.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Kimia UGM?

Secara umum, prospek kerjanya luas karena industri kimia yang berbasis bahan kimia itu termasuk top 3 di dunia. Kebanyakan juga pake proses kimia. Aku juga nyari jurusan yang aku tuh gak bisa belajar sendiri, maksudnya kan teknik kimia banyak praktikumnya. Nah, aku gak pengen di jurusan yang bisa belajar sendiri.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Semester 1 itu Fisika. Kimia, Matematika. Lalu, semester 2 mulai lebih spesifik, ada termodinamika sama proses industri kimia. Semester 3 ke atas udah spesifik banget, ada permodelan matematis, teknik reaksi kimia, cara ngitung profit dengan kapasitas pabrik tertentu.

schooters

Teknik Kimia itu lab nya paling banyak, di UGM itu ada 12 lab. Aku udah menjalani 3 praktikum. Praktikum analisis bahan, praktikum dasar proses, sama praktikum komputasi. Kalau praktikum analisis bahan itu dasar banget, kita belajar pengaceran, cara pake alatnya dsb. Praktikum dasar proses itu kita belajar ekstraksi, distilasi, dsb. Praktikum komputasi itu kita belajar permodelan, kita belajar menyelesaikan permasalah di teknik kimia tapi coding. Beneran kita simulasi pake program gitu. Paling berkesan itu praktikum komputasi karena susah banget.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Teknik Kimia UGM?

Ada 5 konsentrasi, yang bisa dipilih di semester 5.

  1. Bioproses, kita belajar merancang proses produk yang dipakai sehari-hari, seperti makanan, minuman, alat rumah tangga. Kaya Unilever, Indofood.
  2. Material, kita belajar cara mengolah materi kaya logam, karbon aktif pengolahan dor limbah, dll.
  3. Mineral, kita belajar cara mengolah bijih logam menjadi logam.
  4. Energi, kita belajar energi terbarukan dan tak terbaruka. Oil and gas, biothermal sama batu bara gitu.
  5. Pemograman, ini permodelan, kaya praktikum coding tadi. Jadi kita membahas permasalahan di industri pake coding program.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada jalur SNMPTN, UTBK dan UTUL sama PBU. Aku sendiri pake UTUL waktu itu, 2018 tes sendiri, pokoknya semua info bisa diakses di web UGM.

Kuota penerimaan itu tiap angkatan itu beda. Angkatan 2018 ada 153 orang, 2017 ada 120 orang, 2019 130 orang. Itu gak tentu sih, tergantung perkembangan juga.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Cari banyak temen belajar sih, itu penting. Kita bisa saling melengkapi, misalnya aku bisa A temenku bisa B. Jadi saling sharing gitu. Kalau belajar sendiri itu susah banget sih, sedangkan kalau belajar bareng itu enak ngejalaninnya. Penting banget buat networking, menjalin relasi dan bersosial.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Ada 5 konsentrasi itu bisa kerjanya di 5 bidang itu, bisa jadi process engineer Unilever, PnG, Paragon. Kalau enggan di Freeport, atau jadi konsultan. Ada juga yang di bank gitu.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku pengen kerja di industri oil and gas.

Kode Konten: C128

Komen dibawah! 12

  1. Alni Syahriyalni N

    Menurut kakak bagaimana dengan orang yang gak suka fisika tapi pengen masuk jurusan teknik kimia? Teknik kimia itu ada angkat-angkat barang berat gak si kak? Daaan teknik kimia itu apakah banyak cowok nya dibanding cewek?

    • leonardoanthony

      Gapapa kok kalau nggak suka fisika, yang banyak dipelajari di teknik kimia khususnya UGM sebenarnya kalau diurutkan: matematika, fisika, kimia, terus biologi. Tapi kalau bener-bener nggak suka fisika, yaa seenggaknya kamu pengen masuk teknik kimia itu udah ada niat dan baguss.

      Teknik kimia itu secara umum nggak ada angkat-angkat berat, tapi tergantung sama industrinya sihh.. kalau di oil & gas biasanya ada kerja beratnya, kalau di FMCG, petrokimia, konsultan & jasa nggak ada yang berat. Kalau biasanya di industri-industri gitu, teknik kimia yang jadi kontrol proses industri seperti suhu, tekanan, konversi, material alat yang cocok, sama kuantitas dan kualitas bahan baku. Itu teknik kimia yang kontrol dan rancang, karena teknik kimia sendiri juga belajar senyawa-senyawa, reaksi, material, dan lainnya wkwk. Biasanya juga bikin simulasi proses di industri pake software/program komputer, jadi ada ngoding2nya buat simulasi proses gitu sihh sekitar 6 atau 8 sks.

      Iya teknik kimia lebih banyak cowok wkwk sekitar 2/3 itu cowok. tapi dibanding jurusan teknik lain, tekkim itu termasuk yang ceweknya banyak sihh kalo di UGM.

      Semangatt!

  2. Wisnu Wardana

    Kendala Kakak saat kuliah di Teknik Kimia UGM apa saja Kak? Dan cara kakak mengatasinya bagaimana?

    Jika mau mengambil konsentrasi energi, apa saja yang perlu dipersiapkan Kak?

    • leonardoanthony

      Kendalaku saat kuliah di jurusan dan kampus ini itu banyak materi baru dan harus menyesuaikan dengan materi tersebut, lingkungan baru yang bisa aku bilang semi-profesional, manajemen waktu, dan manajemen diri.

      Menyesuaikan dengan materi baru harus pintar-pintar adaptasi aja, perbanyak diskusi dan memahami materi yang ada khususnya materi baru. Caraku mengatasi, banyak bertanya dan menjawab saat di kelas, dan cari teman belajar yang nyaman untuk belajar.

      Untuk lingkungan baru juga harus adaptif dari segi komunikasi dan perbanyak mencari teman dengan hobi/ketertarikan yang sama. Bakal sulit jika di masa kuliah untuk survive seorang diri, karena kalau di teknik kimia UGM banyak kolaborasi antar mahasiswa dalam akademis maupun non-akademis, jadi jangan berpikir kalau kuliah itu sangat individualis atau hanya bergerak sendiri-sendiri, justru di masa kuliah banyak orang-orang yang satu visi dengan kamu dan bisa mendukung tiap kegiatanmu. Caraku mengatasi, cari teman yang ketertarikannya sama biar nggak jenuh sama pekuliahan juga agar nyaman saat memasuki masa perkuliahan.

      Manajemen waktu agak sulit karena di teknik kimia UGM jadwalnya cukup padat dengan kelas dan praktikum, ditambah jika mengikuti kegiatan non-akademik. Jadwal kelas di teknik kimia UGM juga kadang nggak nyaman, seperti kuliah pagi atau kelas pengganti. Jadi untuk transisi dari masa sekolah yang jadwalnya teratur dengan masa perkuliahan yang jadwalnya tidak teratur agak susah memang, tapi seiring waktu ketidakteraturan itu bisa membantu untuk manajemen waktu yang lebih baik. Kita jadi bisa bikin skala prioritas dan timeline rencana kita sendiri contohnya. Caraku mengatasinya itu buat prioritas kegiatan, dan eliminasi kegiatan yang kurang penting/urgent, aku juga membuat jadwal mingguan dan reminder.

      Manajemen diri ini juga butuh penyesuaian, apalagi di masa perkuliahan kalau ngekost harus bisa atur diri. Kalau aku mengatasi dengan berusaha lebih rajin aja sih, seperti membersihkan kamar teratur, atau mengatur keuangan bulanan.

      Sebenernya nggak banyak yang dipersiapkan juga, karena kalau di teknik kimia UGM sebenernya konsentrasi penjurusan itu bebas pilih selama masih ada slot di konsentrasi tersebut, untuk mata kuliah yang berkaitan dengan energi itu sebelum dikonsentrasikan, cuma ada di semester 3 dan 5 belajar menghitung densitas minyak bumi di salah satu mata kuliah (semester 3) dan belajar distilasi minyak bumi (semester 5). Tapi kalau teknik kimia UGM, konsentrasi nggak menentukan karir masa depan tapi bisa jadi nilai tambah buat daftar di industri yang linear dengan konsentrasi, dan juga tidak menentukan bidang tugas akhirnya, Nilai tambah yang aku maksud itu kalau misal mau berkarir di bidang energi, jika konsentrasinya energi dan dicantumkan di resume atau dibahas saat interview dan bisa jadi pertimbangan buat interviewer. Aku sendiri konsentrasinya di bioprocess engineering, tapi ambil penelitian di bidang mineral processing. Jadi kalau misal ada mahasiswa ambil konsentrasi di bidang mineral (penelitian ini semacam salah satu tugas akhir di teknik kimia), dia juga bisa penelitian/tugas akhir di bidang energi atau bidang lain. Nantinya konsentrasi dan penelitian itu bisa jadi nilai tambah buat masuk ke dunia kerja.

  3. Jimin

    Kak mau bertanya, kalau lulusan Tekkim kerja di Bank itu nanti jadi bagian apa ya? terus kalau kerja jadi konsultan itu gimana? dan kalau bekerja di yang lebih kaya keuangan-keuangan gt bisa ga ya selain di bank? makasih kak……

    • leonardoanthony

      Halo Jimin. Sebenernya aku tau beberapa lulusan tekkim yang kerjanya ga linear dengan jurusannya, ada yang di perbankan, marketing, sales, akuntan, konsultan sampai software developer. Karena kata alumni tekkim UGM sendiri dan lulusan univ lain, logika/pola pikir tekkim banyak terpakai di bidang lain, termasuk keuangan, jadi fleksibel juga sih kalau mau berkarir diluar lingkup ilmu, contohnya kalau di tekkim ada neraca massa/panas/momentum, kalau di keuangan ada neraca keuangan, itu mirip-mirip, jadi kalo ilmu tekkimnya jago kayaknya bakal fleksibel juga kalau berkarir diluar tekkim. Setahuku kalau di perbankan, lulusan tekkim itu bisa jadi MT (Management Trainee) di bank itu, tapi kalau memenuhi kualifikasi lain misal jago marketing, bisa banget ditempatkan di marketing. Kalau kerja jadi konsultan, biasanya ditempatkan di konsultan industri proses, FMCG, energi, atau yang berhubungan sama proses kimia gitu. Bisa banget kalau berkarir di bidang keuangan, tapi dengan catatan selama kamu punya kualifikasi di keuangan yaa.. Itu jawaban dari aku, maaf kalau ada salah kata. Semangattt!!

  4. Fumu fumu

    Kak aku tahun 2021 ini pingin banget masuk teknik kimia ugm,apalagi lewat snmptn. tapi kak aku kaya kurang informasi gitu tentang teknik kimia ugm. Boleh ga kak minta kalaupun ada data nilai rata-rata rapot yang keterima di tekkim ugm, atau ngga brp si kira kira nilai rapor yg lolos snmptn tekkim beberapa tahu kebelakangan ini, 2020 kalo ada

    • Leonardo Anthony Wijaya

      Hello, sorry for the late respond. Untuk nilai raport yang diterima jalur SNMPTN sayang sekali aku nggak punya karena aku sendiri dari jalur UM UGM. Tapi selain nilai, sebenarnya di SNMPTN itu banyak faktor lain seperti prestasi, akreditasi sekolah, dan yang ketiga yaitu prestasi atau kualitas alumni sekolah di jurusan tersebut. Kalau prestasi itu prestasi akademik atau non-akademik yang pernah dicapai di masa sekolah. Untuk akreditasi sekolah, semakin bagus akreditasinya (paling tinggi A) semakin besar peluang diterima SNMPTN. Sedangkan untuk alumni itu, jika sekolahmu punya alumni yang ada di jurusan yang kamu incer apalagi kalau prestasi akademik dan non-akademiknya bagus akan meningkatkan peluangmu juga untuk lolos SNMPTN. Tapi jangan mengandalkan SNMPTN aja ya, bisa juga persiapan untuk SBMPTN atau Ujian Mandiri juga ya! Semangat!!

  5. Khoirunnisa

    Hallo kak, aku gk terlalu bisa fisika, karena menurut aku rumit dan butuh logika yang banyak. Di kuliah diajarin sedetail itu gk kak supaya kita bener2 paham?
    Kalo yang logikanya gk terlalu main,, modal suka matematika dan kimia cocok gk si kak untuk ambil jurusan ini?

    • Leonardo Anthony Wijaya

      Kalau menurutku nggak masalah, karena nanti di perkuliahan juga akan diulas kembali materi fisika terutama yang penting-penting dan yang menjadi fundamental untuk kedepannya. Kalau di kuliah menurutku metode pembelajarannya lebih bagus, karena mengurangi hapalan tetapi menguatkan konsep pemahaman dan materi fisikanya nggak seabrek seperti di sekolah, hanya yang penting-penting saja bagi Teknik Kimia. Metodenya itu lebih mengandalkan pemahaman konsep dari materi, contoh kalau di sekolah dulu mungkin kita diajarkan untuk menghafalkan rumus Gaya di berbagai macam kasus, tetapi kalau di perkuliahan yang aku rasain ini kita bisa breakdown sendiri rumus yang sudah jadi itu dari awal (seperti nurunin rumus tetapi menggunakan logika dasarnya) dan menurutku cukup praktis karena kita nggak perlu menghafalkan semua kasus yang berkaitan dengan Gaya. Jadi bakal diperkuat logika dasarnya terutama untuk Fisika, Matematika, dan Kimia terutama Kimia Organik

  6. Aryo

    Halo kak, untuk di Teknik Kimia UGM sendiri, praktikum mulai dilaksanakan pada semester berapa ya? dan sistem praktikumnya bagaimana? Terlebih pada zaman kuliah daring seperti ini. Dan praktikum di Teknik Kimia UGM itu apakah berat sekali? Adakah cerita kakak mengenai itu? Terima kasih,

    • Leonardo Anthony Wijaya

      Untuk praktikum sendiri adanya di semester 2 hingga 5, per-semester ada 1 mata praktikum mulai dari dasar banget itu Praktikum Analisis dan yang paling advance itu Praktikum Operasi. Untuk saat ini hingga kedepannya kemungkinan akan hybrid terutama untuk praktikum akan diusahan offline. Beberapa mahasiswa juga sudah mulai uji coba hybrid sebanarnya. Tetapi kalau dilaksanakan secara online, mahasiswa akan banyak menganalisis data dan menjelaskan pembahasan berdasarkan data praktikum yang sudah diberikan oleh asisten praktikum. Untuk praktikum nggak berat, asal bisa bagi waktu nggak akan terasa membebani menurutku. Tetapi untuk beberapa kode praktikum memang laporannya lebih banyak tetapi asal bisa membagi waktu dan mencicil laporan menurutku akan ringan, terutama mencicil laporannya dan tidak mendekati deadline pengerjaannya karena akan cukup membebani kalau dilakukan seperti itu.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *