Teknik Kimia

Teknik Kimia Universitas Lambung Mangkurat (Alda)

Teknik Kimia Universitas Lambung Mangkurat (Alda)

Halo sobat intipers! Aku Aldani Aprianti dari Teknik Kimia Universitas Lambung Mangkurat angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Kimia Universitas Lambung Mangkurat seperti apa?

Teknik kimia adalah cabang ilmu di fakultas teknik, mempelajari bahan mentah atau baku menjadi sebuah produk yang ada nilai gunanya. Banyak bahan di sekiling kita dari hasil bumi menjadi produk baik secara komersial maupun lingkungan. Selain bahan mentah, kami juga merancang prosesnya, atau tugas akhirnya nanti kita merancang pabrik, sekalian proses dan merancang alat-alatnya. Beberpa orang yang ga tau teknik kimia dikira mau rancang bom, hati-hati kalo lulusnya bisa rancang nuklir, padahal aslinya ga, untuk bom ada tapi ga lebih menjurus ke situ.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Kimia Universitas Lambung Mangkurat?

Awal-awal lulus SMA bingung mau ambil jurusan apa, pas searching ada setiap blok jurusan yang mempunyai prospek kerja paling luas, ada teknik kimia, teknik perminyakan, terus baca-baca lagi teknik kimia itu apa, setelah di telaah, kita dalam hidup ga bisa lepas dari bahan kimia, kaya kita skin care juga pake dengan kadar yang tidak berlebihan dan tidak bahaya, pas masuk kuliah bukan ke prospek kerjanya tapi lebih pada apa yang kita pakai ada kandungan yang ga semua orang paham, kita lebih memahi cara orang membuat sabun muka, bahan kimia, jadi alasannya ingin membuat suatu produk dan menjualnya secara besar.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Pembuatan produk tidak semata mencampurkan teung dan air menjadi kue, aku ambil contoh baru ambil mata kulaiha teknik produk, aku menjelaskan pembuatan gel, goals kita itu ingin membuat produk berskala pabrik, yang bekerja itu banyaknya mesin, kita dibelakang layar mengatur skala dll, terus ada mata kuliah termodinamika, manajamen pabrik kimia, manajemen teknik ekonomi, jadi semua kita bahas dari bahan baku, proses sampai produk. Kalo di proses lebih pada kinetika reaksi, gimana supaya pembuatan gel ini takaran perbandingannya tidak terlalu pekat, encer, padat, kita menghitung konektika reaksinya, kemudian termodinamikanya gimana, suhu nya, ketebalannya berapa. Lalu untuk perancangan pabrik kita merangkai bahan baku sekian, berapa target produk, kalo produk tidak sesuai goals cara mengolahnya lagi bagaiaman, itu ada di teknik kimia di termodinamikanya berdasarkan panas, penguapan, pencairan.

Angkatan 2017 praktikumnya dimulai dari semester 3, lalu dipres lagi karena banyak yang lama lulusnya, jadi kurikulumnya di semster 2 udah mulai praktikum PDTK atau Praktikum Dasar Teknik Kimia, ini ada PDTK 1 dan PDTK 2 pada semster 2 dan 3, di semester 4 dan 5 ada tahap selanjutnya operasi teknik kimia lebih bermain di alat yang sama di industri dengan skala lab atau lebih kecil, terus dilanjutkan dengan penelitian, contohnya aku penelitiannya mencari energi terbarukan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, kita akan dapatkan kalo sudah selesai menempuh pendidikannya. Ada enviromental science, waste water treatment, advanced material energi, polymer teknologi, dan biomaterial. Untuk setiap PTN beda-beda konsentrasinya, kalo di sini lebih ke lahan basah jadi lebih pada membran teknologi. PTN di sini bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah. Kita ada namanya teknik mengabdi, masuk ke ranah masyarakat untuk mengaplikasikan penemuan kita atau rancangan pabrik pada masyarakat dan membantu masyarakt juga. Mata kuliah yang aku ambil lebih berbasis ke waste water treatment, bisa kerja di perusahaan industri, menjaga PH agar stabil, mata air yang tercemar agar di proses menjadi produk yang bisa di konsumsi.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 3, SNMPTN, SBMPTN dan mandiri. Aku masuk nya jalur SBMPTN, jawab soal, apabila nilai memenuhi persyaratan kita bisa masuk. Jalur mandiri juga tes jawab soal. Untuk yang mau masuk, belajar lebih aja materi SMA basicnya. Terus mitos juga nih yang mau masuk teknik kimia belajar kimia aja, kita belajar kimia di semster awal aja, kita lebih banyak fisikanya, matematika, biologi. Kalo hobi sama kimia saran aku masuk di kimia murni.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Kimia Universitas Lambung Mangkurat?

Jangan Cuma dilihat prospek kerja nya aja, tapi pahami juga tugas-tugas besarnya apa untuk menjadi sarjana teknik kimia, konsentrasinya apa aja, mata kuliahnya, untuk masuk teknik kimia perlu kesabaran. Ada 3 tugas besar, kalo di yang lain ada 2. Pertama kita harus penelitian dulu, kalo misalnya tidak dapat hibah akan menggunakan biaya sendiri dan cukup besar nominalnya tergantung judul yang kita pilih. Bahannya kita sendiri yang menyediakan, terus ada kuliah praktik atau KP. Sebelum covid kita KP nya ngirim proposal ke perusahaan-perusahaan, contohnya perushaan PKT. Kalo kita milih di luar Kalimantan, otomatis biaya sendiri, harus di persiapkan dananya. Setelah KP kita fokus menyelesaikan TA atau Tugas Akhir dengan perancangan pabrik dan kita harus menguasai soft skill. Intinya persiapkan dana, mental, soft skills.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja luas, banyak kerjasama universitas kami dengan perusahaan, lembaga atau instansi. Program studi kami juga bekerja sama dengan LIPI. Jadi bagi lulusan teknik kimia ingin menjadi peneliti bisa masuk ke LIPI. Bisa jadi entrepeneur karena ilmunya tentang produk, wawasan tentang wirausaha luas, belajar ilmu ekonomi, paling besar persentasenya banyak benkerja di perusahan yang bekerja sama seperti PT Sinarmas Agro Resources and technology, frash graduate kami sudah ditunggu masuk ke sini, lalu ada PT Indofood CBP Sukses Makmur, Japfa Comfeed, dan lain sebagainya. Kemungkinan besar juga bisa bekerja di perushaan tambang dan migas, sesuai dengan mata kuliah yang kita ambil konsentrasinya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku inggin menjadi entrepreneur di bidang kosmetik, karena banyak keluhan memakai produk yang ga cocok dan ga sehat, kebayakan itu produk racikan rumah dan memakai bahan baku yang berbahaya dan tidak, tapi dengan konsentrasi yang tidak sesuai sangat berpengaruh, selain di bidang kosmetik aku juga akan mengedukasi bahan kimia. Selain itu, aku inggin bekerja menjadi anggota dewan, karena aku juga aktif organisasi dan setelah aku lihat, kenapa Indonesia masih di kategorikan negara berkembang padahal sangat kaya sekali dari bahan mentah, potensi bumi yang sangat luas, banyak tangan-tangan yang curang, aku berasal dari Kalimantan Tengah, banyak kecurangan dan tidak terekspos, kalo masuk anggota dewan ada konsetrasi yang diambil, ada kakak aku juga di situ jadi aku tahu melihat kakak aku bekerja, dari dewan lain ada yang bekerja dengan baik, dengan kita masuk lagi semoga bisa lebih baik lagi.

Kode konten: C502

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *