Teknik Kimia, Universitas Sumatera Utara

Teknik Kimia Universitas Sumatera Utara (Hanin)

Halo sobat intipers! Aku Hanin dari Teknik Kimia Universitas Sumatera Utara angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Kimia Universitas Sumatera Utara itu seperti apa?

Pertama-tama aku bakal jelasin terlebih dahulu ya teknik kimia itu apa. Jadi teknik kimia itu sebenarnya ilmu ke teknikan dimana belajar mengenai bagaimana kita mengolah bahan mentah menjadi produk jadi, contohnya kita buat produksi sabun, shampoo seperti bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Selain itu bahan-bahan di dalam makanan itu tugasnya anak kimia, gimana sih caranya produk mentah ini dijadiin produk jadi yang bernilai.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Kimia Universitas Sumatera Utara?

Sebenarnya awalnya dulu pas zaman SMA kebingungan untuk memilih jurusan untuk kuliah. jadi kemarin punya banyak pilihan, kenapa akhirnya saya memilih jurusan teknik kimia itu karena saya suka pelajaran kimia di sekolah dari situ denger ada jurusan teknik kimia. Dan saya juga pengennya tidak hanya belajar tentang ilmu kimia aja tapi ada sisi lainnya yang ingin dipelajari. Saya juga suka bidang-bidang teknik dan akhirnya kepoin jurusannya, setelah itu masuk jurusan kimia dan ternyata banyak materi tentang fisika daripada kimia. Intinya saya suka bidang eksak.

Apa saja mitos yang ada di jurusan Teknik Kimia Universitas Sumatera Utara?

Mungkin ini kali ya seperti yang saya sudah bilang sebelumnya, kan ini jurusan teknik kimia orang umum atau orang awam memandang jurusan teknik kimia itu pelajarannya full tentang kimia. Padahal nyatanya kita dari semester awal sampai semester 6 kita belajarnya kebanyakan fisikanya dibanding kimia. Mungkin kimia ada tapi fokus utamanya itu fisika. Ada mitos-mitos lagi tentang lulusan kimia itu bisa membuat bom nuklir, tapi hal itu lebih tepat dilakukan oleh jurusan lain dan bukan di jurusan ini misalnya teknik nuklir itu lebih jago.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini ?

Mata kuliah yang khas ini misalnya pasti seluruh mahasiswa teknik kimia pasti takut sama tugas ini, mata kuliah azas teknik kimia dan kadang suka diplesetin jadi azab teknik kimia. Jadi kita itu menghitung ada nerasa masa dan lainnya, intinya ribet banget pokoknya kita mengolah dari bahan mentah menjadi produk yang bernilai jual jadi kita pikirin neraca massanya gimana masuk keluarnya ini gimana lewat alat gitu. Jadi di teknik kimia ini kita sering mendengar yang namanya reaktor jadi reaktor ini sebuah alat dimana tempat untuk mereaksikan bahan-bahan tadi, nah disitu kita menghitung berapa massa masuk dan keluarnya, biasanya di pelajari di mata kuliah azas teknik kimia. Ada juga praktikum, teknik ini terkenalnya sama praktikum jadi di semester awal sampai semester akhir selalu ada praktikumnya di setiap mata kuliah. Untuk di usu sendiri di semester awal itu kita ada laboratorium fisika dasar, kimia analisa, kimia fisika dan kimia organik. Biasanya praktikum di lab-lab semester atas agak lebih menjurus ke bidang teknik kimianya, karena di semester awal kita masih belajar ilmunya secara umum. Dari semester lima ke atas kita prakteknya di laboratorium operasi praktik kimia atau proses industri kimia dan itu berfokus dengan bidang kimianya sendiri.

intipkuliah-web1

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada sih kak biasanya kita di semester awal kita bangun pondasinya dulu nih pengetahuan kita udah bagus belum di fisika, kimia dan lain-lainnya. Konsentrasi itu dimulai di semester lima ada namanya mata kuliah pilihan, disini kita bisa milih minat kita apasih sebenarnya. Dari semester lima ini biasanya sudah konsentrasi dan kita bisa milih sendiri, misalnya ada konsentrasi teknologi minyak nabati atau teknologi oil kimia jadi kita spesifik mempelajari bidang tersebut dan tidak belajar bidang lainnya. Kemudian ada juga yang namanya petrokimia dan analisis resiko lingkungan jadi lebih spesifik lagi.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Untuk jalur masuk di S1 teknik kimia itu ada tiga yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri USU biasanya di buka di bulan Juli atau di pertengahan tahun.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Perkuat dasar aja sih tentang matematika, terus penalaran misalnya tes SBM itu ada tes itu di perkuat aja karena itu sebagai fundamental skill saat masuk jurusan teknik. Kemudia bahasa inggrinya juga perlu di tingkatin, karena ebook dalam jurusan teknik kimia menggunakan bahasa inggris dan juga kuatin mental karena saat maba banyak praktikum dan tebal banget laporannya. Dan yang terakhir yaitu jaga kesehatan karena nunggu acc dari dosen pembimbing, jangan malu bertanya dan berelasi dengan senior yang ada di jurusan.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Sesuai definisi teknik kimia kan jurusan ini mengolah produk mentah menjadi produk jadi, nah itu biasanya kita kenal di proses engineer dan kerjanya di industri sabun, oil dan gas, petrokimia. Di situ kita menyebutnya proses engineer untuk mengolah produk menjadi produk jadi dan menganalisis apakah produk ini banyak peminatnya karena kita juga tidak ingin rugi. Kita juga ada konsultan engineer biasanya disini sering prosesnya sebagai konsultan. Dan yang paling banyak di gemari itu masuk di BUMN seperti pertamina dan banyak lagi. Bisa juga masuk di manajemen sistem atau manajemen mutu fokusnya itu di ISO manajemen yang mengatur sistem yang baik di dalam pabrik itu. Ada juga teknologi biasanya agak jarang di bidang ini misalnya di bidang optimasi. Saya juga sering mendengar alumni teknik menjadi CEO meskipun bukan menjadi foundernya.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Kalau di tanya sih ada tapi ikutin aja, semoga linier dengan yang saya jalani sekarang. Pengennya melanjutkan studi aja sih, saya masih fakir ilmu pengen menggali lebih dalam kalau untuk kerjanya kalau ada kesempatan ya kenapa tidak di ambil.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.