Teknik Komputer

Teknik komputer (Cyber Security) Universitas Amikom (Rico)

Teknik komputer (Cyber Security) Universitas Amikom (Rico)

Halo sobat intipers! Aku Rico Priadi dari Teknik komputer (Cyber Security) Universitas Amikom Yogyakarta angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik komputer (Cyber Security) Universitas Amikom Yogyakarta seperti apa?

Jurusan teknik komputer basisnya sama kaya jurusan komputer atau informayika di kampus lain, Cuma yang beda itu konstrasinya, IOT dan cyber security. IOT membahas optimalisasi sensor dsb, terus ada interaksi cyber yang membahas kaya cyber gitu. Mitos buat anak IT biasanya terlalu kuper, book oriented, sebenernya ga juga, cuma tuntutan kuliah dan sebagainya, padahal kita paling update.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik komputer (Cyber Security) Universitas Amikom Yogyakarta?

Di Indonesia sendiri, kampus dengan konsentrasi cyber security cuma ada dua. Ada di kampusku dan di Bandung. Berhubung aku tinggal di Yogyakarta jadi aku pilih di sini. Masih sedikit yang ada dan baru.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Ada beberapa mata kuliah, pertama mata kuliah kejahatan cyber dan hukum pidana. Jadi bahas terkait kejahatan cyber di dunia internet. Kita belajar hukum, terlebih undang-undang ITE, bukan tentang pencemaran nama baik tapi ada hal lain juga. Terus ada mata kuliah yang menyerang hardware komputer, alur virus bisa masuk dan nyerang HP kita, gimana kita ngatasinnya juga.

Mata kuliah terakhir itu investigasi dan digital forensik. Kita belajar hal yang di kerjain kepolisian terlebih terkait kasus-kasus yang berhubungan cyber security. Juga lingkup analisis terhadap sebuah kasus, analisi terhadap sebuah masalah. Misalnya sebuah web di hack atau perusahaan di hack, jadi ke kasus yang terjadi di masa lalu.

schooters

Tugas paling berkesan adalah audit. Kita mengaudit sebuah sistem pada seuah perusahaan. Saya dan teman-teman harus terjun ke lapangan dan mnegaudit sistem informasi mereka. Nah karena ga semua perusahaan punya sistem informasi yang maju juga, jadi itu paling berkesan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada IOT membahs optimasi sensor, sesuatu yang gampangnya akan di implementasikan di masa depan, terus cyber security lalu konsentrasi ini di ambil semester 3, 1 dan 2 masih belajar basic kaya jurusan lain di informatika. IOT ke arahnya masa depan, terlalu banyak yang ahrus di siaapn, aku pilih cyber security karena sekarang udah ada dan kasusnya udah ada juga.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada dua, jalur prestasi sama tes, menggunakan prestasi yang didapat SMA ditambah nilai ujian, jaur tes bisa yang on the spot atau bisa lewat online. Waktu pendaftaran yang jelas sebelum UTBK udah bisa daftar, buat pendaftaran nya langsung bisa lewat website atau on the spot, tapi lebih ke website ya karena lagi korona juga. Bisa cek di pmb.amikom.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik komputer (Cyber Security) Universitas Amikom Yogyakarta?

Jurusan ini itu, jurusan yang bukah hanya berat di tugas dan project, berat di tanggung jawabnya juga, terlebih setiap konsentrasi lebih ke masa depan, kalo cyber security lebih ke hukum, jangan aneh-aneh, tetep lurus aja, kalo ada tugas kerjain aja.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kerjaan mainstream IT, developer web, jaringan, yang utama itu di bagian cyber security di perusahaan besar, pemerintahan maupun kepolisian.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Di kami ada sertifikasi, yang diambill buat memenuhi standar tertentu, aku bakal ngambi beberapa sertifikat, kalo ada kesempatan mau coba apply ke perusahan e-commerce dan lain sebagainya.

Kode konten: C441

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *