Institut Teknologi Sumatera, Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sumatera (Nadya)

Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sumatera (Nadya)

Halo sobat intipers! Aku Nadya Ulfa Dwiratna dari Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sumatera angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sumatera seperti apa?

Biasanya yang denger jurusan teknik lingkungan banyak yang salah kaprah dan banyak yang mengira mirip dengan kesehatan lingkungan, farmasi, biologi padahal jelas beda banget, namanya teknik yang banyak ke rekayasa yang di implementasikan untuk lingkungan itu sendiri, banyak hal yang di luar dugaan dan kaya banget sama tekniknya. Fokus kita luas banget karena kita bagian dari infrastruktur, di jurusan ini juga lebih condong ke pembangunan dan menghitung-hitung tapi itu asik. Pengimplementasiannya deket banget juga sama kehidupan kita.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sumatera?

Awal masuk kurang literasi, ga ada hitungan, belajr lingkungan tapi itu salah, tapi setelah aku masuk, aku cari-cari, setelah akau tahu aku ga nyesel, jurusan ini salah satu program studi setelah lulus bisa dapat gaji yang tinggi, dan prspek kerjanya luas banget. Buat temen-temen yang mau masuk di baca-baca dulu dan cari tahu dulu, tapi kalo udah masuk asik banget.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Banyak banget mata kuliah selain belajar uji nyali, kita ga Cuma belaja tentang lingkungan, kita ngambil mata kuliah dari prodi lain, tugas yang mekanika fluida, tiga hari tiga malam ga tidur, tapi setelah ngerjainnya banyak banget yang kita dapatin, cara bikin laporan, cara ngukur air dan yang lainnya. Buat kalian yang suka hukum tapi terlanjur ngambil saintek ini bisa banget karena nati kita belajar amdal.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Air, tanah, dan udara. Di masing-masing konsetrasi ada cabang-cabangnya lagi, air itu ada pengolahan air dan pengolahan limbah, udara ada cabangnya juga, tanah yang tercemar, pertanian, konsentrasinya luas banget, kalo kit aga suka sama satu konsetrasi kita bisa fokus sama kosentrasi yang kita suka.  Bisa kita ambil di semster 6, dan semester 5 kita bisa liat condongnya kemana, bisa dipertajam ketika ngambil TA. Mata kulaih yang menarik plambing, mata kuliah belajar perpipaan, jadi lebih ke konsetrasi air, ke sanitasi dan higenitas, implementasinya lebih kerasa ke masyarakat, sanitasi di Indonesia masih kurang.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SBMPTN, SNMPTN, mandiri di jalur SMMPTN Barat, kalo punya skill bisa lewat jalur prestasi, untuk masuk ke program studi ada aturan dari universitasnya. Informasi lebih lengkapnya di web smmptnbarat dan cari yang ITERA. Saya masuk jalur SBMPTN.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sumatera?

Perbanyak literasi tentang teknik lingkungan, sebelum masuk dan udah tau konsetrasi yang baik buat kamu itu lebih baik, banyak pembelajaran yang menarik, buat kalian yang banyak inovasi kreasi dan tertarik dengan lingkungan serta infrastruktur saya saranin kalian masuk ke teknik lingkungan, 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Luas banget, untuk industri banyak di butuhin, orang yang merekayasa lingkungan, salah satunya ke pertamina, PDAM, lembaga negeri atau swasta. Beberapa alumni yang sudah bergabung dengan lembaga negeri kaya pertamina. Teknik lingkungan salah satu prodi dengan gaji yang lumayan tinggi atau di atas rata-rata.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya penegn bergabung di proyek penyaluran air bersih, perbaikan sanitasi, pembangunan infrastruktur sanitasi, sekarang di Indonesia banyak di butuhkan insinyur yang fokus ke hal itu.

Q&A

  • Mata kuliah tersulit dan tips Camaba untuk yang masuk ke teknik?

Jawaban: Kita harus peningkatan pemahaman dan kerja sama dengan teman, biasanya dikerjakan lebih dari satu orang. Pemahaman lebih pada gambar-gambar juga.

  • Apa sih yang begitu menarik dari jurusan teknik lingkungan?

Jawaban: Pertama di teknik lingkungan kita jadi orang yang berjasa, apa yang kita lakukan terhadap lingkungan akan berdampak lagi bagi kita. Kedua apa yang terjadi di negara dan apa yang akan kita lakukan, prospek kerjanya luas banget. Yang ketiga kita mempelajari hal-hal diluar dugaan kalian, kita belajar pengolahan sampah, yang suka hukum juga bisa masuk.

Kode konten: C308

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *