Teknik Lingkungan, Universitas Andalas

Teknik Lingkungan Universitas Andalas (Nanda)

Teknik Lingkungan Universitas Andalas (Nanda)

Hai intipers. Salam kenal, aku Trinanda Arzatia, mahasiswi angkatan 2018 jurusan Teknik Lingkungan Universitas Andalas. Kali ini aku ingin sharing pengalaman aku kuliah di jurusan Teknik Lingkungan yang sudah aku lalui selama 4 semester ini. Yuk, simak pengalaman aku.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

Teknik Lingkungan? Mungut sampah? Banyak cewe nya?

Mungkin banyak orang yang mengira kalau jurusan Teknik Lingkungan ini hanya berkaitan dengan sampah. Bukan sampah masyarakat yaa, hhha.  Nyatanya, Teknik Lingkungan itu pembahasannya sangat luas dan bukan hanya sekadar permasalahan sampah saja. Karena hakikatnya, Teknik Lingkungan adalah jurusan yang mempelajari tentang bagaimana memecahkan permasalahan lingkungan dengan menggunakan konsep rekayasa (teknik). Jadi, segala hal yang dirasa mencemari atau mengganggu keseimbangan lingkungan dipelajari di jurusan Teknik Lingkungan ini. Obrolan tentang sampah, septic tank, atau hal semacam itu menjadi pembahasan yang wajar bagi anak Teknik Lingkungan. Jadi, jangan salah paham yaa, karena niat nya baik kok untuk kebaikan lingkungan kita, hhhe.

Disamping itu, ada juga anggapan bahwa jurusan Teknik Lingkungan ini lebih didominasi sama kaum hawa, bener ga sih?. Jurusan Teknik Lingkungan dibeberapa kampus memang cewe lebih dominan daripada cowo. Mungkin salah satu alasannya karena Teknik Lingkungan juga mempelajari tentang kesehatan lingkungan. Tapi ga perlu khawatir, kalian bisa berkembang jadi cewe strong yang memang identik dengan anak teknik nya, hhhe.

pmb2-min

Mata Kuliah di Teknik Lingkungan Universitas Andalas apa aja sih? Tugasnya banyak?

Mata kuliah di tahun pertama itu masih tergolong dasar dan mirip-mirip dengan pelajaran waktu SMA. Di tahun pertama, mata kuliah yang diajarkan diantaranya Fisika Dasar, Kimia Dasar, Kalkulus, dan Pengantar Teknik Lingkungan. Mata kuliah di tahun kedua diantaranya Statistika Lingkungan, Mekanika Rekayasa, Mekanika Fluida, Hidrologi Lingkungan, Pencemaran Udara, dan Epidemiologi Lingkungan. Kadang sharing bareng kakak tingkat, katanya di tahun ketiga itu kita akan merasa jadi anak Teknik Lingkungan banget karena mata kuliah yang diberikan memang menunjukkan khas nya Teknik Lingkungan, seperti Plumbing, Teknik Penyediaan Air Minum (TPAM), Teknik Penyaluran Air Buangan (TPAB), Teknik Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS), Rekayasa Drainase, dan mata kuliah yang menarik lainnya.

Untuk tugas, Teknik Lingkungan hampir sama seperti teknik lainnya, ada Praktikum dan Tugas Besar. Di tahun kedua menjadi tahun yang dipenuhi dengan praktikum tulis tangan yang keos banget . Sedangkan kata kakak tingkat, di tahun ketiga akan didominasi dengan Tugas Besar yang asik (?), hmm. Tapi, jangan khawatir, akan selalu ada teman sekelompok dan angkatan yang bakal bantu dan dukung kita menyelesaikan semua tugas itu~, hhhii.

Konsentrasi/ Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Teknik Lingkungan Universitas Andalas?

KBK Teknik Lingkungan di Unand sendiri terdiri atas 4 KBK yaitu, Air, Buangan Padat, Kualitas Udara, dan Kesehatan Lingkungan. Bidang KBK Air dibagi lagi menjadi dua bidang yaitu air dan air buangan yang membahas mengenai topik tertentu diantaranya kualitas dan kuantitas air baku dan air limbah beserta teknologi pengolahannya. KBK Buangan Padat berkaitan dengan timbulan dan karakteristik sampah, pemrosesan akhir sampah, limbah B3, dsb. KBK Kualitas Udara mencakup pengendalian kebisingan dan kualitas dan polutan udara. Sedangkan KBK Kesehatan Lingkungan berkaitan dengan uji toksisitas limbah, analisis resiko dan keselamatan kerja di industri. KBK tersebut bisa dipilih untuk membantu dan mempermudah saat mengambil dan menyelesaikan Tugas Akhir (Skripsi) nanti.

Tips Untuk Mahasiswa Baru yang Kuliah di Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Andalas

Sebelumnya, selamat dulu buat adik-adik yang berhasil masuk teknik. You did it!

Beberapa tips untuk adik-adik yang baru gabung di Teknik Lingkungan:

  • Ibadah selalu dijaga. Jangan kasih alasan buat menunda ibadah (salat) cuman gara-gara ada deadline tugas. Harus ingat kalau kita sudah berada di Teknik Lingkungan ini bukan semata-mata karena usaha kita sendiri, melainkan ada bantuan dari Dia yang Maha Besar.
  • Time Management yang baik. Atur sebaik-baiknya waktu kamu. Harus bisa bagi waktu; kapan ngerjain tugas, kapan organisasi, kapan istirahat,dan kapan waktu ngumpul bareng teman.
  • Jalin hubungan baik. Karena manusia itu makhluk sosial yang butuh bantuan orang lain, penting juga bagi kita anak teknik menjalin hubungan baik dengan teman seangkatan, kakak tingkat, dosen, dan bahkan pekerja di jurusan kita.
  • Olahraga. Selain tugas-tugas yang mengeluarkan banyak keringat hhha, olahraga sangat penting dijalankan supaya kita lebih semangat buat ngerjain tugas yang lainnya lagi wkwk. Ajak teman kalian supaya olahraga kalian bisa lebih asik yaa.
  • Perbanyak pengalaman. Personally, sayang banget sih kalau embel Anak Teknik Lingkungan tidak dimanfaatin untuk menambah pengalaman. Kalian bisa ikut jadi volunteer lingkungan di daerah kalian atau gabung di organisasi kampus seperti Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) yang bisa bikin kalian tambah cinta sama lingkungan, hhhe.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Lingkungan

Salah satu alasan memilih Teknik Lingkungan karena prospeknya yang luas. Lulusan Teknik Lingkungan dapat bekerja di instansi pemerintahan seperti PDAM, PU, ESDM, LSM/NGO Lingkungan Hidup, atau Perusahaan industri migas & pertambangan, Konsultan Lingkungan, Dosen, dan Wiraswasta.

Apalagi semakin banyaknya jumlah timbulan sampah yang ada, udara yang kotor, dan lingkungan yang semakin hari semakin tercemar membuat lulusan Teknik Lingkungan akan sangat diperlukan. Jadi, semangat untuk anak Teknik Lingkungan!!

Rencana dan Harapan Setelah Lulus

Setelah lulus ini harapannya bisa dapat beasiswa untuk lanjut S2 untuk memperdalam ilmu Teknik Lingkungan. Setelah itu berharap bisa bekerja di Instansi PU atau menjadi Konsultan Lingkungan, Aamiin.

Salam Lestari!!

Kode konten: X331

Komen dibawah! 6

  1. ediya khayrani utami

    thanks for information, setelah membaca in isaya semakin tertarik dengan jurusan teknik lingkungan, dan saya sangat berminat untuk belajar tentang teknik lingkungan hanya saja saya belum tau apa saja persayratanya, bisakah kakak memberi saya informasi tentang persyaratan masuk teknik lingkungan?
    terimakasih.

    • arzatiatrinanda

      Haloo…
      Persyaratan masuk jurusan Teknik Lingkungan di Unand sendiri itu harus berasal dari IPA SMA/MA atau SMK/MAK, tidak boleh buta warna keseluruhan, dan beberapa persyaratan lainnya. Biasanya juga disesuaikan dengan universitas masing-masing. Jadi bisa cek diwebsite resmi universitas yang dituju yaa.
      Semoga membantu:)

  2. Vina

    Kak, pelajaran SMA yg harus dikuasai untuk masuk jurusan ini apa kak? Hehe trmksh kak :))

    • arzatiatrinanda

      Haloo…
      Untuk mata pelajaran diusahakan bisa dipahami semua mata pelajaran IPA-nya yaaa. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk pelajaran sosial ekonomi juga, karena nanti ada beberapa mata kuliahnya seperti ekonomi rekayasa atau hukum lingkungan yang mana membahas tentang regulasi-regulasi terkait permasalahan lingkungan.
      Semoga membantu:)

  3. Della ika saputri

    Kak
    Nilai utbk yang harus dicapai untuk masuk teknik lingkungan berapa ya kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *