Teknik Material dan Metalurgi ITS (Shelly)

Hallo sobat Intipers! Aku Shelly Marsela dari jurusan Teknik Material dan Metalurgi ITS angkatan 2019. Kali ini aku akan sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi intipers yang ingin bertanya maupun diskusi bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya. Kalau sempat akan dibalas dan jawabannya akan otomatis masuk ke email kalian kok. Pastikan sebelum bertanya kalian baca dulu artikel ini sampai selesai ya.

Secara umum jurusan Teknik Material Metalurgi ITS seperti apa?

Di jurusan yang aku ambil ini mempelajari Material dan Metalurgi, jadi semacam logam, material, komposi, polimer, dan teknologi rekayasa lainnya. Kita tidak hanya dituntut untuk mempelajari saja, tetapi dituntut untuk tau sifat mekanik, sifat fisik, dan cara mengolah logam. Selain itu kita dituntut untuk bisa bagaimana cara mengaplikasikan material tersebut kedalam prospek kerja kita.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Selain itu masih terdapat mitos-mitos yang bertebaran di masyarakat dikatakan seperti tukang bangunan, tapi sebenarnya enggak kaya gitu. Tapi sebetulnya kita dituntut untuk bisa mencetuskan sebuah barang yang bisa dipakai di proyek tersebut.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Material Metalurgi ITS?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Awalnya saya suka sama teknik dan di rekomendasikan oleh salah satu guru SMA. Selain itu prospek kerja dari jurusan ini terbilang luas dan bergaji besar, jurusan ini tidak hanya berkutat dengan metalurgi dan material. Dan ketika dunia industri berkembang, perkembangan tersebut di pengaruhi oleh perkembangan material.

Apa saja mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Teknik Material Metalurgi ITS?

Saat ini saya baru masuk di Semester 5 dan mata kuliah praktek yang sudah saya temui yaitu Proses Manufaktur, Korosi dan Metalurgi, proses pembelajarannya karena kami masih online jadi masih menggunakan software. Kalaupun nanti sudah bisa tatap muka, kami akan mempraktekkan penelitian di laboratorium seperti praktek pengelasan, proses pengecoran. Untuk mata kuliah Metalurgi, kita melakukan proses metalografi kaya macam besi, baja, aluminium dan berbagai material lainnya untuk diketahui mikrostrukturnya. Untuk mengetahui mikrostrukturnya kita harus melalui proses pengamplasan, pada proses ini sebisa mungkin kita meminimalisir kesalahan seperti proses pengamplasan yang terlalu kuat karena dapat merusak mikrostrukturnya.

Jalur masuk di jurusan Teknik Material Metalurgi?

Untuk jalur masuk sendiri bisa melalui jalur SNMPTN atau biasa disebut dengan jalur nilai rapor, SBMPTN yaitu jalur seleksi tulis yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek dan jalur PKM atau lebih lengkapnya intipers bisa di akses ke laman www.its.ac.id/tmaterial

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja jurusan ini?

Prospek kerja dari jurusan Teknik Material Metalurgi bisa dibilang luas yah, salah satunya kita bisa masuk ke Analisis NDT karena kita mempelajari salah satu mata kuliah tentang cara kita menganalisis suatu material untuk mengetahui umur produknya itu berapa, karena kita harus menciptakan produk dengan umur yang lama. Selain itu ada juga Welding Engineer biasanya pekerjaan ini ada di perusahaan pertambangan seperti Pertamina dan Chevron, nantinya pekerjaan ini akan berhubungan dengan pengeboran dan pengelasan. Kemudian ada Material Engineer (mengolah produk yang ramah lingkungan). Selain itu pada bidang  Manufactur Engineer biasanya dilakukan pada perusahaan Uniliver, Wings, P&G pekerjaan ini berhubungan dengan mengubah bahan baku menjadi produk baru tetapi dengan proses manufaktur yang beragam.

Apa rencana setelah lulus?

Saya ingin membuat sebuah produk baru dengan kualitas yang bagus, harga yang terjangkau,dan ramah lingkungan selain itu rencananya ingin bekerja di tempat ternama agar mendapatkan gaji yang sepadan.

Konten : C784

Komen dibawah! 1

  1. user

    Halo kak, saya ingin bertanya. Kalau ingin masuk jurusan ini, mata pelajaran apa saja yang harus dikuasai diantara matematika, fisika, kimia, dan biologi?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.