Institut Teknologi Bandung, Teknik Material

Teknik Material ITB (Farid)

Teknik Material ITB (Farid)

Halo sobat intipers!, salam kenal. Aku Farid Mulia Latief dari Teknik Material Institut Teknologi Bandung angkatan 2018, biar lebih mudah panggil saja Farid ya… Pada kesempatan ini aku ingin berbagi pengalaman kuliah pada jurusan yang aku ambil. Simak baik-baik yuk.

Secara garis besar, jurusan Teknik Material ITB itu belajar apa?

Setiap saat dan setiap detik dalam hidup kita, kita akan bersentuhan dengan apa yang disebut material. Peralatan yang sering kita gunakan terbuat dari material tertentu misalnya logam, plastik atau material lainnya. Jadi sebegitu dekat keterkaitan keilmuan Teknik Material dengan kehidupan manusia sehari-hari. Secara umum Teknik Material merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang semua aspek yang berkaitan dengan struktur, sifat, dan karakteristik materi serta interaksinya. Meskipun begitu terdapat stigma yang lucu terhadap jurusanku ini, orang-orang menganggap bahwa Teknik Material mempelajari bahan bangunan. Dalam jurusan Teknik Material ITB, terdapat 4 jenis material yang dipelajari yaitu logam, polimer, keramik, dan komposit. Berdasarkan pengalamanku banyak mahasiswa yang takut ambil jurusan ini karena dianggap terlalu banyak Kimianya, padahal engga loh sobat intipers. Jurusan ini menurutku justru tidak hanya fokus pada 1 basic saja, melainkan perpaduan dari basic Fisika, Kimia, dan Matematika.

Apa alasan masuk jurusan Teknik Material ITB?

Sedikit mengenang masa lalu intipers, masuk ITB memang sudah menjadi keinginanku sejak kelas 1 SMA. Pada dasarnya aku sangat tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan pesawat terbang. Sekedar info, Teknik Mesin, Teknik Material, dan Teknik Dirgantara ITB berada dalam 1 fakultas yang sama yaitu FTMD. Setelah membaca dan mendalami mengenai pesawat terbang, aku justru tertarik pada material dasar pesawat terbang. Dalam pikiranku aku bertanya, “Kok pesawat sebesar itu bisa terbang ya, disamping hitungan gaya dan aerodinamika pasti material yang digunakan ngga sembarangan, harus ringan tapi kuat”. Akhirnya selama SMA aku berusaha dan berdoa supaya bisa keterima di ITB. Akhirnya saat kelas 3 aku pilih FTMD peminatan Teknik Material dan alhamdulillah diterima.

Perkuliahnya dan tugasnya kaya gimana di Teknik Material ITB?

Menurutku secara garis besar perkuliahan di Teknik Material ITB sangat menyenangkan. Dosen dan staffnya interaktif dan nuansa kekeluargaannya sangat tinggi. Untuk perkuliahan tergantung pada dosen, ada yang setiap minggu mengadakan kuis tapi ada yang kuisnya hanya 1 kali dalam 1 semester. Untuk ujian biasanya diadakan sebanyak 2 kali dalam 1 semester, tapi untuk beberapa mata kuliah yang beban sks-nya besar ujiannya bisa sampai 3 kali. Tugasnya juga tergantung pada dosen dan materi perkuliahan, ada yang setiap minggu ngasih tugas, ada yang tugasnya per bab, ada yang dalam bentuk tugas besar untuk dipresentasikan di akhir semester.

Apa mata kuliah favoritku?

Sebenarnya ada beberapa mata kuliah yang aku suka, tapi 3 mata kuliah ini yang benar-benar membuat aku senang untuk mendalami Teknik Material.

  1. Praktikum Pengujian Material

Sebenernya mata kuliah ini bisa dikatakan “menyebalkan”, tapi mata kuliah ini menurutku adalah mata kuliah paling mengesankan sejauh ini. Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang paling sering membuat mahasiswa ngga tidur sampai pagi. Mata kuliah ini diisi dengan tugas pendahuluan, praktikum di laboratorium, dan laporan yang terdiri dari 6 modul seperti uji tarik, uji impak, dan uji fatigue. Memang kelihatannya biasa, tapi deadline pengerjaannya yang ngga biasa. Dalam 3 hari laporan dan tugas pendahuluan untuk modul selanjutnya ,yang notabene soalnya banyak dan harus banyak baca referensi, sudah harus selesai. Lebih parahnya lagi ketika mata kuliah ini beriringan dengan UTS, laporan,tugas pendahuluan, dan beajar untuk UTS dijadikan 1.

  1. Material Logam

Pada mata kuliah ini kita akan mempelajari logam dan berbagai paduannya. Pada mata kuliah ini aspek yang berkaitan dengan struktur, sifat, dan karakteristik dari logam akan didalami. Misalnya untuk pesawat terbang yang membutuhkan struktur yang kuat namun ringan, maka logam yang biasa digunakan adalah jenis paduan Aluminum atau paduan Titanium.

  1. Material Elektronik dan Magnetik

Tidak hanya mempelajari material yang diaplikasikan pada mesin dan pesawat terbang saja, Teknik Material juga mempelajari material yang digunakan untuk perangkat elektronik seperti transistor pada hardisk komputer. Pada mata kuliah ini kita akan mempelajari sifat elektronik dan magnetik dari material. Pada mata kuliah ini kebanyakan kita akan belajar jenis-jenis dan karakteristik semikonduktor yang diaplikasikan pada LED, solar panel, transistor, dan kapasitor.

Tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Saranku dijaga semangat belajarnya. Cari teman yang supportive, yang bisa diajak belajar dan kerja bareng, dan bangun relasi sebaik mungkin. Ke 3 hal tersebut aku sarankan bukan tanpa alasan. Ketiga merupakan poin penting untuk menghadapi dunia perkuliahan dan berdampak juga pada karir setelah kuliah nanti. Imbangi kegiatan akademik dan non akademik, usahakan agar dapat aktif di organisasi, lomba, dan kegiatan non akademik lain.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Luasnya cakupan disiplin ilmu dan teknik material memberikan keluasan juga pada bidang kerja yang dapat digeluti oleh sarjana Teknik Material, antara lain:

  1. Bidang Industri Manufaktur
    Pada industri manufaktur, sarjana Teknik Material dapat berperan dalam proses produksi, pengembangan produk, pengawasan mutu dan kualitas produk, serta perawatan peralatan pada perusahaan manufaktur seperti PT. Dirgantara Indonesia, PT. PINDAD, atau PT. INKA
  2. Bidang Energi dan Sumberdaya Mineral
    Pada bidang ini, seorang sarjana Teknik Material dapat berperan sebagai insinyur pengelasan, korosi, inspeksi, dan pipeline integrity pada perusahaan yang bergerak pada sektor oil and gas.
  3. Bidang Pendidikan
    Sarjana Teknik Material yang berminat dibidang pendidikan, dapat mengambil peran sebagai pengajar di perguruan tinggi, pengisi training keahlian industri, dan sebagainya.

Apa rencana dan harapan ku setelah lulus?

Aku sendiri setelah lulus nanti berencana untuk memasuki dunia kerja, khususnya pada industri manufaktur. Setelah beberapa tahun di dunia industri, mungkin aku akan mencari beasiswa dari perusahaan untuk lanjut S2 di luar negeri.

Kode konten: X334

Yuk, komen disini untuk bertanya ke penulis. Jawaban akan dikirim ke email kamu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar