Teknik Mesin

Teknik Mesin Institut Teknologi Kalimantan (Iskandar)

Teknik Mesin Institut Teknologi Kalimantan (Iskandar)

Halo sobat intipers! Aku Muhammad Iskandar dari Teknik Mesin Institut Teknologi Kalimantan angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Kalimantan seperti apa?

Teknik mesin ada stigma bahwa semua program studi ini hanya belajar tentang mesin saja, padahal S1 teknik mesin fokusnya analisis dan manajemen, jadi segala bentuk mempermudah pekerjaan manusia kita pelajari.  

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Kalimantan?

Dulu saya sekolahnya basic di mesin, saya salah stigma bahwa S1 teknik mesin mempelajari tentang mesin motor, mesin mobil. Alasan saya karena dulunya SMK dan saya mau melanjutkan kuliah ini yang sesuai dengan basic dulu, tentunya dapat motivasi juga dari orang tua dan keluarga. Kalo SMK persentase 70% praktikum dan 30% teori, sedangkan di perkuliahan ini lebih banyak teorinya daripada praktikumnya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah ada material teknik mempelajari sifat-sifat mekanik pada material, kemudian ada mekanika fluida, yang sekarang sudah kedua, kemudian ada mekatronika untuk bidang keahlian sistem kontrol di teknik mesin, kemudian ada TPB juga, pendidikan kewarganegaraan. Untuk praktikum atau kuliah lapangan ada, cuma sekarang terkendala karena masih pandemi. Untuk magang ada di semester 7 asal SKS nya sudah mencapai setengah dari standar kelulusan, praktikumnya setiap mata kuliah ada, cuma dilihat lagi masih relevan atau tidak untuk dijalankan di tahun ini.

Praktikum saat ini yang sedang saya jalani ada dua, material teknik 2 dan mekanika fluida 2. Material teknik 2 praktikumnya ada spesimen, sampel dari suatu baja, dipreparasi, dicek struktur mikronya seperti apa, apakah baja ini perlu perlakuan khusus atau tidak. Sedangkan mekanika fluida dua mempelajari tentang kerugian-kerugian yang dialami oleh fluida atau lebih tepatnya cairan atau gas, kita belajar dari fluida masuk dan keluar itu kira-kira berapa ada pengurangan atau tidak. Ada mata kuliah mekatronika, itu salah satu bidang sistem kontrol di teknik mesin, membuat robotika, gabungan dari mekanika, elektronik, informatika, seperti robot merupakan jebolan dari sistem kontrol. Sekarang ini saya juga sedang mengerjakan projek tersebut tetapi dalam bentuk digital atau simulasi karena kita tidak memungkinkan untuk bertemu.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 5, pertama ada sistem kontrol, manufaktur, gambar mekanik atau gambar desain, konversi energi, dan material metalurgi. Konsetrasi ini diambil peralihan dari semester 6 ke 7, sebelum KP atau Kuliah Praktik, konsentrasi ini berpengaruh pada KP, kita harus cari perusahaan yang sesuai, saya sekarang lagi tertarik di sistem kontrol.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 3 selksi, ada jalur SNMPTN, SBMPTN yang harus ambil UTBK terlebih dahulu, terus ada mandiri. Kampus kami masih baru, ada prodi baru dan diwajibkan hanya untuk jalur mandiri dan tidak dibuka untuk jalur lain. Jurusan saya merupakan jursan pertama yang ada di ITK. Kalo saya masuk lewat jalur SNMPTN.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Mesin Institut Teknologi Kalimantan?

Satu memperbanyak relasi, kedua memperbesar kelompok belajar, kemudian kita pada dasarnya punya titik jenuh, jadi ketika seperti itu luangkan waktu untuk diri sendiri.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kita bisa ngambil S2 di kampus lain, kita bisa jadi dosen, guru, PNS, dan untuk jaring alumni ada yang berkerja di PLN, perusahaan minyak seprti Pertamnia, ada juga dibagian material, bidang manufaktur bisa di pembuatan sepeda, perakitan sepeda motor, mobil, sedangkan untuk konversi energi bisa di pembangkit listrik tenaga angin, instalasi perpipaan di perusahan minyak atau gas.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencana mau lanjut ke S2 kalo dapat rezeki di beasiswa lagi, kalo Tuhan berkata lain, saya usahakan di BUMN.

Kode konten: C592

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *