Teknik Mesin

Teknik Mesin PNUP (Naudzatul)

Teknik Mesin PNUP (Naudzatul)

Halo sobat intipers! Aku Naudzatul Ullah Amaliya. Bisa dipanggil juga Nanda. Saya dari Teknik Mesin PNUP (Politeknik Negeri Ujung Pandang) program studi Teknik Konversi Energi angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

Gambaran tentang Teknik Mesin dan Alasan Masuk Jurusan Teknik Mesin PNUP

Banyak yang bilang bahwa Teknik Mesin hanya berurusan dengan oli, alat mekanik, dan mata kuliah tentang mesin semuanya. Nyatanya tidak. Untuk jurusan Teknik Mesin yaitu program studi Teknik Konversi Energi, kami juga mempelajari ilmu listrik dan juga tentang ilmu pembangkit seperti mekanika fluida. Seperti perpaduan antara Teknik Mesin dengan Teknik Elektro. Awalnya, saya ingin mengambil Jurusan Teknik Arsitek karena saya suka menggambar dan mendesain dan juga Jurusan Sastra Bahasa yaitu Bahasa Jepang. Karena saya takut untuk menganggur satu tahun, jadi saya mencoba untuk mendaftar di Teknik Mesin. Saya ingin mencoba sesuatu hal yang baru, yaitu yang berbau teknik.

Mata Kuliah dan Tugas yang Khas dari Teknik Mesin PNUP?

Mata kuliah Teknik Mesin yang paling struggle yaitu Gambar Teknik. Kebanyakan dari kami menguras tenaga di mata kuliah yang satu ini. Jarang tidur, selalu begadang, dan mengorbankan waktu untuk nongkrong sama teman pun selalu terjadi. Berbagai macam kertas yang kami gunakan untuk Gambar Teknik, seperti kertas A4, kertas A3, kertas A2, dan kertas A1. Saat pengerjaan tugas besar gambar teknik yang menggunakan kertas A1, beberapa dari kami tidak tidur satu hari atau dua hari demi mengejar deadline. Kami harus mendapatkan ACC dari dosen dan itu sangat susah untuk didapatkan. Jika tidak ACC, gambar kami dicoret dengan pulpen dan otomatis kami mengulang dari awal.

Mata kuliah lain yang menurut saya paling khas yaitu Mekanika Fluida. Mata kuliah ini dipelajari selama satu semester. Jadi, mata kuliah ini mempelajari tentang fluida statis dan fluida dinamis. Berbagai macam soal yang saya dapat seperti cara untuk mengukur berapa pressure dalam tangki ataupun pipa. Menurut saya, mata kuliah ini sangat bermanfaat jika semisalnya kita kerja di pembangkit sebagai maintenance.

pmb2-min

Beberapa praktikum yang kami lakukan seperti cara menggunakan alat ukur yang biasa berhubungan dengan pembangkit seperti venture meter, momen inersia, dan head losses. Saya juga melakukan praktikum yang berhubungan dengan listrik seperti transmisi dan distribusi jaringan. Bagi teman-teman yang suka dengan listrik, energi, maupun mekanik coba masuk program studi Teknik Konversi Energi. Menurut saya, program studi ini yang paling unik diantara program studi Teknik Mesin lainnya.

Foto ini diambil sewaktu kami berada di lab konversi energi. Berbagai aktivitas yg kami lakukan seperti mengerjakan laporan hasil praktikum kami dan membuat proposal tugas akhir.

Tips untuk Mahasiswa Baru di Jurusan Ini.

Kalau kuliah di Teknik Mesin, harus bisa cari teman yang bisa diajak belajar bersama dan kerja tugas bersama. Karena jujur, mata kuliahnya semua banyak yang sulit untuk dipahami dan butuh teman untuk bisa saling tukar fikiran. Dan juga, kalian harus tahan banting karena kuliah di teknik tidak gampang. Percayalah, hal ini pasti akan ada manfaatnya saat kalian nanti kerja di perusahaan apalagi dibagian pembangkit.

Prospek Kerja dan Alumni di Jurusan Ini.

Untuk prospek kerja jurusan Teknik Mesin sangat luas. Beberapa dari alumni kami, bekerja disalah satu perusahaan ternama yaitu PT. PLN Persero dan juga ada yang kerja di Bosowa.  Menurut saya, kalian cari apa yang kalian suka di Teknik Mesin. Semisal kalian suka dibagian bongkar mekanik, kalian bisa kerja diperusahaan yang berhubungan dengan bongkar mekanik juga.

Rencana dan Harapan Setelah Lulus

Rencana saya setelah lulus, saya ingin bekerja disalah satu perusahaan yang berhubungan dengan jurusan saya sambil ingin menggapai cita-cita saya. Saya sangat ingin belajar di luar negeri yaitu di Jepang dengan beasiswa agar tidak merepotkan orang tua. Saat ini, saya sedang mengerjakan tugas akhir sebagai syarat lulus tahun 2020. Dengan berbagai aktivitas WFH yang dilakukan, saya melakukan berbagai macam produktif. Seperti saya ingin mencoba ikut essai karena saya suka menulis. Saya berharap apa yang saya tulis ini bisa menjadi kenyataan dan semoga artikel ini bermanfaat. Aamiin.

Kode konten: X252

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *