Teknik Mesin, Universitas Gadjah Mada

Teknik Mesin UGM (Amalia)

Teknik Mesin UGM (Amalia)

Halo sobat intipers! Aku Amalia Azwar dari Prodi Teknik Mesin UGM angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Mesin UGM itu seperti apa?

Di jurusan Teknik Mesin S1 ini Bahasa Inggrisnya kan Mechanical Engineering ya, jadi pada dasarnya kita itu belajar tentang Mekanika. Banyak banget perhitungan-perhitungan, yang jelas itu perhitungan atau mekanika fluida itu kita belajar tentang cairan, terus gimana gas atau cairan itu bergerak. Misalnya mekanika material jadi benda-benda solid atau padat itu mereka punya gayanya sendiri, dsb. Kalau di S1 outputnya itu desain dan perhitungan, bukan bikin mesin, tapi kalau mau bikin mesin ya  gapapa. Jadi lebih ke desain mesinnya, gimana mesin ini bekerja, atau dalam bentuk perhitungan seperti metode, simulasi, komputasi dsb.

Banyak nih yang ngira kalau masuk Teknik Mesin ini orangnya kuat atau lain sebagainya. Nah itu sebenernya mayoritas belajarnya itu tentang perhitungannya. Jadi kita gak ada angkut-angkut dan lain sebagainya gitu. Kadang banyak juga yang nanya “bisa gak benerin mesin mobil” gitu kan, padahal kita itu gak bisa, gak ngerti gimana caranya. Cuma kalau ditanya gimana sih desain sistem injeksi dalam motor atau sistem injeksi bahan bakal mobil dan lain sebagainya nah itu kita bisa bikin itu,

Slide5

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Mesin UGM?

Sebenernya aku pengen masuk Mesin itu dari kelas 5 SD, karena liat pabrik itu banyak yang gede-gede bikin pesawat, mobil dan lain sebagainya. Menurut aku itu sangat interesting. Di mata aku Teknik Mesin itu salah satu jurusan yang bisa memberikan banyak kesempatan untuk kerja di bidang non industri, jadi gak mutlak di pabrik. Salah satu yang jadi minat aku sekarang itu di bidang oil and gas, di bidang perminyakan atau pertambangan. Banyak juga yang dipelajari di Teknik Mesin bisa membantu di bidang-bidang seperti itu.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya itu banyak banget, setahu aku semua jurusan teknik itu ada mata kuliah Gambar Teknik, Perancangan, Komputasi, dsb jadi ga akan aku bahas di sini. Ada juga yang unik atau spesifik di Teknik Mesin itu ada beberapa, itu ada Elemen Mesin, Mekanika Material. Nah kalau di Elemen Mesin ini kita belajar gaya gaya sebuah material yang disebabkan oleh benda luar. Kalau di Mekanika Material kita belajar tentang gaya-gaya materialnya itu sendiri. Misalnya, ada sebuah batang nah sebenernya batang ini tuh gak diam, kalau kita pegang itu ada sebuah gaya yang bekerja di dalamnya. Jadi kita belajar gimana caranya supaya batang ini gak bengkok, dan lain sebagainya. Kemudian, ada juga mekanika fluida, mirip sama Mekanika Material, jadi setiap fluida itu punya gaya dan geraknya sendiri. Jadi, bagaimana pesawat itu bisa terbang itu dipelajari di Mekanika Fluida.

Ada lagi, mata kuliah favorit saya yaitu Manufaktur yang mempelajari tentang proses, alat yang digunakan untuk membentuk sebuah barang, dari yang tadinya raw material sampai jadi barang yang udah jadi. Hal yang bikin saya suka di mata kuliah ini adalah kita belajar tentang banyak hal-hal yang gak kepikiran cara bikinnya. Salah satunya, cara membuat lubang berukuran mikrometer atau nanometer di dalam sebuah besi panjang yang ukurannya diameternya cuma 1 milimeter. Selain itu ada banyak hal-hal lain yang terkesan tidak mungkin gitu,

Hampir semua mata kuliah yang besar itu ada praktikumnya. Praktikumnya juga gak berat ko sebenernya. Ada praktikum pemograman, motor listrik, getaran mekanis. Getaran mekanis itu kita ngeliat langsung efek getaran gitu. Ada juga praktikum manufaktur, kita belajar menggunakan berbagai mesin yang digunakan di produksi besi, dll. Misalnya mengelas, ada istilahnya bubut, dan lain sebagainya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 4 konsentrasi di Teknik Mesin UGM dan dipilih di semester 7.

  1. Konversi energi, itu kita belajar tentang berbagai jenis perubahan energi, aliran kalornya. Jadi bagaimana satu energi bisa kita ubah jadi bentuk energi lain, misalnya turbin, pembangkit listrik, dsb.
  2. Manufaktur, kita belajar tentang proses, metode, teoritis gimana caranya benda yang belum ada bentuknya bisa jadi produk yang bisa dipakai. Termasuk alat potongnya, metode yang kemungkinan digunakan, keuntungan dan kerugian menggunakan metode itu, alat pembantu apa aja yang dipakai, mesin apa aja yang dipakai, desain produk atau desain prosesnya dan desain mesinnya itu kita pelajari di manufaktur.
  3. Material, atau di universitas lain itu dipanggilnya teknik metalurgi itu kita belajar tentang bahan atau material yang ada dan gimana cara memanipulasinya. Misalnya ada besi, nah ini gimana caranya besi bisa lebih kuat atau lebih lunak. Ada istilahnya itu komposit, jadi dua material digabung jadi satu dengan karakteristik dua material itu, nah itu juga ada perhitungan dan desainnya sehingga bisa terbentuk seperti itu.
  4. Mekanika terapan mempelajari mekanik secara umum dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya gimana caranya kereta api bergerak, bikin mobil, mengurangi bising pada pabrik. Salah satu yang dipelajari di Mekanika material dan menurut saya menarik itu Akustik dan Getaran. Jadi, belajar tentang alat musik gitu, jenis kayu apa yang paling efektif untuk dibuat menjadi gitar, pola suara dari sasando, dsb.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 4 jalur, SNMPTN, UTBK dan UTUL atau ujian tulisnya UGM itu ada 2 kali terus ada satu lagi yang jarang orang tahu yaitu PBU. PBU itu singkatan dari Penelusuran Bibit Unggul ini ada beberapa pecahannya. Saya pribadi masuknya lewat PBU Kemitraan karena kebetulan perusahaan orang tua saya bekerja itu ada kemitraan dengan UGM. Lalu PBU yang lain itu ada PBOS. PBOS bisa untuk atlit, seniman, atau yang pernah ikut FLS2N. Ada lagi PBUD jadi siswa yang berprestasi di daerah bisa masuk lewat PBUD. Info lengkapnya bisa dicek di um.ugm.ac.id

Kuota penerimaannya itu setiap angkatan sekitar 150 orang, soalnya sejauh ini belum ada yang lebih dari itu. Persentase cewenya itu sekitar 10 atau 11%, jadi kalau angkatan aku dari 133 orang ada 11 cewenya.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan Teknik Mesin UGM?

Pertama, untuk survive mata kuliah itu selama kamu suka hitungan ya Matematika dan Fisika terutama kamu pasti bisa survive di Teknik Mesin.  Lainnya itu lebih ke kamunya sih, misalnya kamu supel, gampang kenal sama orang, punya empati atau simpati yang tinggi aku rasa bakal lebih dari survive di Teknik Mesin, karena emang itu yang dibina gak cuma di luar ruang kuliah tapi di kelas pun memang itu yang dibina, simpati, empati dan solidaritas.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak banget, kebanyakan di pabrik sih kaya Astra, Toyota, Daihatsu, dsb. Alumni banyak yang kerja disitu karena memang itu pekerjaan yang spesifik untuk Teknik Mesin. Banyak yang kerja di migas, kaya Pertamina, Chevron, dsb. Di pertambangan seperti Freeport, Antam, itu banyak banget. Kalau di bidang jasa-jasa manufaktur lainnya kaya di Garuda Maintance, dsb. Di luar itu juga PT KAI, PLN, banyak deh kayanya semua bidang bisa selama ada mesinnya itu bisa dimasukin lulusan Teknik Mesin.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Pengennya itu kerja di oil and gas service jadi di perusahaan migas. Selain itu pengen ambil S2, tapi mungkin agak nanti karena pengen kerja dulu. Pengennya sih di luar negeri supaya ilmunya bisa dibawa untuk Indonesia.

Q&A

  1. Kalau misalnya belum pernah magang atau tahu tentang mesin, apa bakal sulit saat kuliah?

Gapapa, aku juga sebelum kuliah belum pernah megang mesin sama sekali. Karena banyak banget hitungannya dan pada dasarnya fisika mekanika. Jadi gak masalah kalau emang belum pernah megang mesin gitu, emang di beberapa mata kuliah emang ada pelajaran yang udah didapet sama temen-temen yang SMK jadi lebih jago lah di bidang itu tapi kalau belum pernah sama sekai juga gak masalah kok.

Kode Konten: C119

Komen dibawah! 1

  1. Helmalia

    Saya dari SMAN2 MEDAN, kira kira kalau masuk UGM syarat nilainya apa saja ya kak, ataukah ketinggian bagi saya?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *