Teknik Mesin, Universitas Diponegoro

Teknik Mesin Undip (Fachri)

Teknik Mesin Undip (Fachri)

Halo semuanya perkenalkan aku Muhammad Fachri Fadhilah biasa dipanggil fachri dari S1 Teknik Mesin Universitas Diponegoro angkatan 2016. Pada kesempatan ini aku mau sedikit berbagi kisah nih tentang teknik mesin undip.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

How About Financial Tuitition, Living Cost, and Schoolarship in DIPONEGORO UNIVERSITY

Kenapa yang pertama kali aku bahas itu soal biaya hidup, UKT, dan beasiswa? Ya karena salah satu modal terbesar bagi kami para mahasiswa untuk bisa berkuliah adalah soal uang, money is not everything but everything needs money. Jujur aku ngga ngada ngada soal ini, aku juga ngebahas ini di awal sebelum ngebahas yang lainnya karena uang menjadi salah pertimbangan besar bagi sebagian orang untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan walaupun aku termasuk orang yang berada.

Slide3

Kuliah di semarang memberikan beberapa keuntungan, diantaranya adalah biaya hidup yang lebih murah ketimbang kuliah di Jabodetabek dan sekitarnya. Hal ini sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa guys, bayangin aja buat sekali makan di warteg&burjo&naspad rata-rata cuma ngehabisin 8-10 ribu doang, belom lagi klo masak sendiri. Selain itu biaya kosan disini juga lebih terjangkau, kosan seharga 300 ribuan masih banyak cuy.

Yaa buat biaya hidup di sekitar Tembalang (daerah kampus undip) normalnya sebulan sekitar sejutaan. Tapi jangan khawatir guys buat kalian yang kurang mampu, kuliah di kampus sebesar undip tuh banyak banget beasiswanya sama kalian juga bisa part time kok semisal ngajar les, kerja di kafe/rumah makan dan lain sebagainya. Santuy, klo kita ada keinginan kuliah uang bukan hambatan cuy

Beasiswa di undip tuh banyak banget, undip adalah kampus kuota dengan beasiswa BIDIKMISI terbesar kata temen ku, Klo kalian kepo sama beasiswa BIDIKMISI bisa dicari aja ya guys di internet. Dah gitu UKT (Uang Kuliah Tunggal) semacem SPP gitu klo di sekolahan di undip termasuk yang termurah ketimbang universitas besar di Indonesia lainnya.

Apa itu Teknik Mesin Undip ?

Jadi Mechanical Engineering itu harusnya diterjemahkan menjadi Teknik Mekanika, bukan Teknik Mesin. Kesalahan penerjemahan inilah yang menyebabkan banyak orang awam khususnya dikalangan wanita yang tidak mau masuk Teknik Mesin padahal output S1 Teknik Mesin tidak menjadi montir yang berhubungan dengan oli. Secara keilmuan teknik mesin adalah pendalaman dari ilmu mekanika.

Sejarah Teknik Mesin Undip

Awalnya Teknik Mesin undip berdiri tahun 1983, berarti sekarang sudah 38 tahun ya, kalo jadi orang udah bapak bapak dia. Mahasiswa Teknik Mesin Undip adalah salah satu pelopor terciptanya “Piagam Jatidiri” pada Semarang, 1 Oktober 1993. Piagam Jatidiri berisi pembentukan Forum Mahasiswa Mesin Indonesia (FMMI). Makanya kalo kita liat logonya Mahasiswa Teknik Mesin dari sabang sampai merauke pasti selalu sama “Solidarity M Forever” dengan kekhasan huruf M besar di tengahnya. Teknik mesin undip juga telah melahirkan bermacam macam alumni yang bekerja di berbagai sektor industry.

ACCREDITATION OF MECHANICAL ENGINEERING DIPONEGORO UNIVERSITY

Oiya Teknik Mesin Undip terakreditasi A lho dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan keputusan No 392/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014 dan terakreditasi dari Asean University Network.

ACADEMIC IN MECHANICAL ENGINEERING DIPONEGORO UNIVERSITY

Matematika, fisika dan bahasa Inggris adalah modal penting dalam menghadapi perkuliahan di Teknik Mesin. Pemahaman yang baik matematika dan fisika menjadi modal penting karena 60-70% materi perkuliahannya adalah tentang perhitungan fisika. Pemahaman bahasa inggris sangat penting dikarenakan buku buku perkuliahan sebagian besar menggunakan bahasa Inggris. Kuliah di teknik mesin undip itu cenderung susah. Terdapat dua faktor penyebabnya yaitu : Pertama, fisika adalah ilmu eksak, klo kita salah perhitungan yaudah langsung salah, udah gitu teknik mesin isinya pendalaman materi fisika sma. Kedua, standar penilaian dosen yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jurusan lain. Tapi hal ini sangat bermanfaat karena lulusan Teknik Mesin Undip memiliki pemahaman yang baik terhadap bidang keilmuan Teknik Mesin.

Terdapat 4 konsentrasi bidang keilmuan di Teknik Mesin Undip :

  1. Konstruksi

Konstruksi berhubungan analisis konstruksi mesin, Perancangan dan perhitungan mesin dll.

  1. Konversi Energi

Konversi energi berhubungan dengan mesin fluida yang mengubah suatu energi menjadi energi lainnya, perpindahan panas pada mesin dll

  1. Produksi

Produksi berhubungan dengan proses manufakturing, sistem kontrol dll

  1. Material

Material berhubungan dengan penelitian dan pengembangan material dll

Teknik Mesin Undip 2016 waktu sedang menjalankan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) tahun 2019

UNDERGRADUATE MECHANICAL ENGINEERS ACTIVITY

Kaderisasi di Teknik Mesin Undip sangat menitikberatkan pada solidaritas, makanya hubungan antar sesama individu di jurusan ini sangat erat sudah seperti saudara sendiri. Hal ini juga yang bermanfaat bagi dunia kerja kedepannya.

Soal prestasi mahasiswa Mesin Undip juga bagus. Mahasiswa Mesin memiliki wadah riset di bidang otomotif, aeromodelling, robotik, dan studi club. Masing masing pernah berprestasi di kancah nasional dan internasional. Mahasiswa Mesin Undip juga memiliki wadah di bidang keolahragaan seperti basket, futsal, voli, dan badminton. Biasanya setiap ada perlombaan antar jurusan di Undip, mahasiswa mesin sering menjadi juara dan menjadi best supporter.

Prospek Kerja Teknik Mesin

Lowongan pekerjaan Teknik Mesin juga sangat luas. Coba saja liat di internet pasti banyak sekali kebutuhan akan lowongan teknik mesin di berbagai daerah di Indonesia dengan gaji yang besar ditambah lagi dengan solidaritas antar alumninya yang senantiasa memberikan informasi peluang kerja setiap saat. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari Jurusan Teknik Mesin.

LAST WORD FROM ME

Yuk masuk teknik mesin undip!!!

Kode konten: X386

Komen dibawah! 3

  1. Bachtiar

    Cewek di jurusan teknik mesin banyak gak kak??

  2. Kim Hana

    Membantu banget kak infonyaa, terimakasih!

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *