Teknik Mesin, Universitas Malikussaleh

Teknik Mesin Universitas Malikussaleh (Diaz)

Halo sobat intipers! Aku Diaz dari Teknik Mesin Universitas Malikussaleh angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Mesin Universitas Malikussaleh itu seperti apa?

Secara besar jurusan Teknik Mesin ini merupakan ilmu teknik yang menggabungkan dengan fisika dan ilmu matematika dan ilmu material atau bahan yang digunakan untuk membuat atau mempertahankan sistem mekanis. Teknik mesin ini juga dikenal sebagai sistem pengolah, perencana serta penyusun dalam mesin itu sendiri. sedikit stigma di jurusan Teknik Mesin sendiri, seringkali orang awam berpandangan bahwa jurusan saya ini kalau lulus nantinya akan bekerja menjadi otomotif, faktanya lulusan teknik mesin itu sendiri saat lulus bisa menjadi seorang engineer dan desainer.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Mesin Universitas Malikussaleh?

Alasan saya pertama memilih jurusan teknik mesin sendiri yang pertama di pengaruhi oleh beberapa aspek yaitu potensi diri, saat masih SMA saya menyukai alat gerak yang berkaitan dengan fisika terapan dan akhirnya saya menyukai ilmu yang mempelajari tentang mesin. Kedua, pelung masa depan, dunia industri saat ini pasti membutuhkan teknologi khususnya di bidang mesin, sehingga kedepannya peluang karirnya juga akan berkembang pesat.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik Disini

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau di jurusan teknik mesin itu akan belajar untuk menggambar mesin, dan menggambar sendiri merupakan hal yang sulit di jurusan Teknik Mesin. Saat pengerjaan tugas ini membutuhkan perjuangan seperti kita tidak tidur semalaman, begadang untuk membuat gambaran yang rinci, karena jika salah harus diulangi dan tidak boleh di hapus jadi harus mengulang lagi. Ada juga mata kuliah termodinamika yaitu perubahan suhu, kami dituntut untuk menghitung suhu dari benda rotor satu dan benda rotor dua dan mungkin bahkan membutuhkan waktu berjam-jam untuk menemukan hasilnya. Ada juga elemen mesin yang perlu untuk ditentukan secara rinci.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Untuk konsentrasi di jurusan Teknik Mesin terdapat empat bagian yaitu konversi energi yang berfokus pada pembuatan mesin yang mengubah energi satu dengan yang lainnya, kedua yaitu manufaktur dimana berfokus pada pencakupan ilmu mendesain mesin, dimana seorang manufakturan di tuntut untuk membuat produk yang dapat bersaing di dunia industri dan laku di pasaran seperti bagaimana hasil itu jadi dan memberikan profit kepada perusahaan. Ketiga yaitu material dimana berfokus pada pengembangan material dari yang satu hingga material yang lainnya. Yang keempat ada konstruksi dimana konstruksi ini berfokus pada perancangan, pembuatan, dan pemeliharaan pada mesin. Jadi ada empat konsentrasi yang bisa dipilih saat memasuki semester empat.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jika berkaca pada tahun sebelumnya di tahun 2021 terdapat lima jalur untuk masuk jurusan ini yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Jalur Prestasi (prestasi di bidang akademik dan pendidikan) dan jalur kerja sama dimana jalur antara pemerintah di daerah kampus bersama universitas sendiri seperti sistem zonasi. Data peminatnya pada tahun 2021 ada sekitar 281 yang diterima hanya 161 orang saja

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tips dari saya karena saya masih di tengah semester mungkin hanya bisa memberikan tips jika mendapatkan kesusahan di jurusan nanti bisa saling bekerja sama atau belajar bareng teman-teman. Karena nanti ketika masuk jurusan teknik mesin akan mendapatkan kesulitan saat belajar di dalam kelas, jadi sebelum masuk jurusan ini pelajari dulu materi-materi yang berkaitan dengan jurusan Teknik Mesin. Dan tetap semangat dan berada di jalur yang sesuai dengan passion kalian.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Setiap industri pekerjaan selalu membutuhkan teknologi mesin dan juga mahasiswa yang memiliki latar belakang mesin akan selalu di butuhkan. Jadi setiap perusahaan akan membutuhkan lulusan dari Teknik Mesin dan jurusan ini luas cakupannya bisa masuk dalam pelistrikan, dunia pertambangan bahkan di perusahaan yang tidak masuk tentang mesin seperti marketing, sales, kontraktor dan sistem analis.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapan saya kalau kata pepatah berucaplah yang baik-baik, karena ucapan adalah do’a. Saya sendiri bisa berharap bisa bekerja di perusahaan yang sesuai dengan kemampuan yang saya miliki seperti di bidang gas, batu bara ataupun BUMN.

 

Q&A

  1. Bagaimana cara kakak berlatih menggambar apakah di sela-sela kegiatan belajar atau di waktu yang senggang?

Saat saya belajar menggambar yang saya latih yaitu menggambar garis lurus, saat diberi bahan oleh dosen saya belajarnya di waktu senggang yaitu di saat weekend, misalnya di minta untuk menggambar baut saya akan mempelajari bentuknya terlebih dahulu. Saya akan mengerjakan tugas tersebut kepada teman-teman dan bisa bertanya kepada teman-teman yang sudah ahli.

Kode konten: C874

 

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.