Metalurgi

Teknik Metalurgi dan Material UI (Arysta)

Teknik Metalurgi dan Material UI (Arysta)

Halo sobat intipers! Aku Arysta Febriya dari Teknik Metalurgi dan Material UI angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Metalurgi dan Material UI itu seperti apa?

Jurusan ini terdiri dari 2 kata kunci yaitu metalurgi dan material. Metalurgi itu kita membahas tentang pemrosesan suatu logam dari bahan alam yang mentah, dari bahan alam kita proses menjadi logam. Material itu kita mempelajari semua material yang ada di sekitar kita antara lain polymer, metal dan keramik.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Metalurgi dan Material UI?

Ceritanya dulu pas kelas 12 belum tahu mau ke jurusan apa, terus cari jurusan saintek yang kayanya bakal cocok. Aku sendiri gak terlalu suka biologi, jadi nyoba ke jurusan teknik dan aku cari jurusan yang sekiranya peminatnya sedikit, jadi aku pilih jurusan ini. Ternyata aku pun baru tahu kalau jurusan ini banyak peminatnyam jadi bisa dibilang banyak kebetulan yang mengantarkan aku ke jurusan ini.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kita belajar banyak material-material yang gak kita sangka-sangka dan relate dengan keseharian kita. Misalnya ada matkul metalurgi fisik itu yang ngejelasin struktur kristal, bagaimana bagian terkecil dari material bisa mempengaruhi sifat dari struktur itu. Belajarnya dari dasarnya itu dari atom, sifat atomnya sampai ke pengaruhnya. Banyak praktikum juga ya dalam perkuliahan, di semester 1 itu ada kimia dasar, sebenernya jurusan ini lebih banyak belajar kimia. Semester 2 dan 3 ada fisika dasar, fisika mekanik dan fisika listrik. Semester 4 ada praktikum karakteristik kimia material. Semester 5 dan 6 kita bener-bener belajar cara pembentukan logamnya, pengujian material juga ada.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 3 konsentrasi yang bisa diambil di semester 7 dan 8. Ada extent material yang mempelajari material yang dibutuhikan di masa depan, misalnya material untuk elektronik. Korosi dan ekstraksi, kalau korosi itu prinsipnya oksidasi misalnya besi yang karat, kalau ekstraksi itu proses mengambil mineral dari alam lalu dijadikan logam. Terakhir, manufaktur yang paling banyak dipilih juga.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan Teknik Metalurgi dan Material UI?

Jalur masuk pasti gak asing lagi ya ada SNMPTN, UTBK dan Simak untuk yang reguler. Kalau yang paralel ada Simak dan PPKB, kalau program internasionalnya itu beda lagi. Untuk siswa yang di Jabodetabek bisa memanfaatkan PPKB karena kuotanya banyak.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Siapin mental, mantepin diri bener-bener mantap sama jurusan jadi jangan sampai goyah di tengah jalan, karena kalau niat dan akarnya kuat meskipun banyak ujian dan sesusah apapun nanti gak akan goyah di tengah. Terus jangan karena teknik, cewe-cewe jangan jadi minder karena sekarang banyak juga mahasiswa perempuannya.

Oh iya, semester 1 di teknik itu lumayan berat, antara akademik dan non akademik itu lagi sibuk. Jadi, siapin mental karena pas SMA dan kuliah itu beda terus banyak juga temen yang shock culture karena itu, penting juga belajar manajemen diri kalian yang bisa mengatur waktu dan membangun lingkungan yang positif.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja itu luas karena kita belajar metalurgi sama material sekaligus, jadi kita bisa masuk ke ranah keduanya. Kalau metalurgi bisa masuk ke pertambangan, bidang manufaktur juga banyak.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Sebenernya aku belum ada rencana apapun, aku lebih let it flow, belum terlalu direncanakan tapi kalau ada peluang ya bisa diambil.

Kode Konten: Y227

Komen dibawah! 2

  1. Galuh Indira

    Untuk nilai utbk supaya masuk jurusan ini berapa ya kak?

  2. Safinatun Najah

    Hai kak,aku mau tanya untuk jumlah skor utbk buat masuk ke jurusan ini berapa,sama gimana pas SMA kelas 12 kakak menyiapkan diri untuk ujian hingga bisa masuk ke Teknik Metalurgi dan material, terimakasih kak sebelumnya šŸ™

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *