Perguruan Tinggi Kedinasan, Teknik Navigasi Udara

Teknik Navigasi Udara Politeknik Penerbangan Indonesia (Afrinaldy)

Halo sobat intipers! Aku Afrinaldy Ismail dari Teknik Navigasi Udara Politeknik Penerbangan Indonesia Curug angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Teknik Navigasi Udara Politeknik Penerbangan Indonesia Curug seperti apa?

Teknik navigasi udara terkenalnya dalam dunia penerbangan sebagai teknik CNSI (Comunication, navigation,  survailenc, dan automition) sesuai dengan namanya. Kalau secara teknis bakalan susah karena banyak orang yang awam dengan dunia penerbangan, jadi saya jelaskansecara singkatnya, kita mempelajari peralatan yang mengatur pesawan mulai dari terbang sampai mendarat lagi. Peralatan yang mengatur jalan, mengatur posisi, komuniaksi dengan pilot, mulai dari radar, peralatan ketika mendarat posisi 3 drajat dan ditengah landasan itu semua yang dipelajari di navigasi udara. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Teknik Navigasi Udara Politeknik Penerbangan Indonesia Curug?

Ga ada sesuatu yang spesial, saya tidak pernah terpikirkan masuk jurusan ini dan sekolah di duia penerbangan. Karena saya tidak ada pemikiran masuk penerbangan tapi tuhan malah mengarahkan saya masuk kesana. Kenapa saya mendaftar dan mengamb9il jurusan teknik navigasi udara, karena berhubungan dnegan elektro dan IT, kebetulan ketika saya SMP dan SMA masuk kedala club robotik yang berkaitan dengan elektro dan  IT. Jadi ketika saya melihat review tentang jurusan ini sesuai dengan pasion saya, karen aprinsip saya ketika memilh jurusan apapun jurusan itu mau guru, teknik sipil, pertanian selagi itu sesuai dengan pasion kita ya itu menurut saya yang tepat. Karena ngapain kita masuk jurusan yang hanya menginginkan ketenaran didalamnya tapi kita gabisa berkembang didalamnya.

Contoh kita pengen masuk kedalam fakultas kedokteran tapi kita ga punya basic terus kita ga punya kemauan untuk masuk fakultas kedokteran hanya karena ketenaran kita ga akan berkembang didalamnya. Contoh lagi, kita pengem masuk sekolah kedinasan penerbangan karena ketenaran, tapi setelah masuk kedalam kita ga bisa menyesuaikan dengan jurusan yang kita ambil, kehidupan ketarunaan dan akhirnya kita kabur. Itu sering terjadi, karena orang memilih jurusan bukan karena pasion tapi ketenaran akhirnya kita ga menghasilkan sesuatu. Untuk apa kita punya “seragam, jabatan, ketenaran” tapi kita ga menghasilkan sesuatu ngapain. Makanya saya selalu review jurusan sesuia dengan pasion, mau jadi montir atau apapun itu ga ada yang jelek.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Pada umunya sama aja seperti masuk ke teknk sipil, jurusan teknik silpil tugasnya pasti sesuai jurusannya, ga ada yang begitu rumit. Dasarnya ya tentang peralatan aja di jurusan ini. Saya orang yang awam tentang dunia penerbangan, tapi saya memilih jurusan ini karena basic dasarnya eletro dan IT jadi saya masuk kedalamnya. Penyesauinnya aga susah untuk mengenali peralatan yang ada di penerbangan, tapi karena saya memilih sesuai pasion saya merasa enjoy didalamnya. Karena membangun lingkungan dan situasi yang nyaman menjadi hal yang penting untuk kita bisa berkembang. Ketika didunia perkuliah tidak ada pelajaran umum, paling yang dasar aja kaya agama dan matematika umum, yang lainnya spesifik sesuai jurusan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Pemilihan konsentrasi dilakukan saat akhir, peralatan di dunia penerbangan ada banyak, seperti ada radar, alat untuk bisa berkomunikasi, ILS, dan banyak banget. Itu tuh pada saat akhir kuliah ada sertifikat keahlian yang bisa diperoleh dari sebuah peralatan, sehingga pada saat lulus nanti kita punya keahlian. Pada dasarnya teknisi memiliki pengetahuan basic, tapi ketiaka ada peralatan yang rusak yang akan menangani ya itu ahli yang lebih dalam sesuai dengan keahliannya. Sebelum ujian TA, setelah lulus baru bisa ambil ujian sertifikat keahlian.

Slide1

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Jalur masuk bersamaan dengan seluruh sekolah kedinasan, tapi untuk yang dibawah BPST perhubungan ada 3 jalur, saya sekolah perhubungan udara, nanti itu ada yang darat, laut, mempunyai jalur masuk reguler pola pembibitan, non leguler non pola pembibitan, dan mandiri. Bedanya itu output lapangan kerja, yang pertama reguer pola pembibitan ketika lulus nanti akan langsung jadi PNS, untuk reguler non pola pembibitan dan mandiri nanti output kerjanya menuju perusahaan-perusahaan BUMN, contohnya angkasapura, airlines, ada juga perusahan swasta seperti lintasartaa, indosat, telkomsel. Proses seleksi sama, yang membedakan untuk jalur reguler pola pembibitan tes pertamnya ada tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) yang biasa kalo mau masuk PNS di tes itu dulu. Biasanya bisa diakses di website kementrian perhubungan, kalo di kemntrian perhubungan seperti biasa setiap kedinasan mempunyai website masing-masing.

Ada tips buat mahasiswa baru Teknik Navigasi Udara Politeknik Penerbangan Indonesia Curug?

Saran saya perkuat dasar karena kalo kita ga ada dasar dan masuk akan kesusahan nanti. Belajar navigasi udara harus pintar untuk menghayal karena yang kita pelajari sesuatu yang tidak terlihat. Seperti sinyal gelombang radio itu ga bisa dilihat tapi ada diperumpamain. Kedua coba untuk mengeksplor jangan stuck di satu sisi dengan mata pelajaran umum, karena kalo kitanya stuck dipelajaran umum, ilmu kita hanya disitu aja, kalian coba mengeksplor pengetahuan kalian tentang dunia IT itu akan sangat membantu, kedepannya peralatan penerbangan itu semuanya akan berbasis IT, contohnya radar sekarang sudah memakai bantuan satelit, itu sudah sangat canggih dan memakai teknologi.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak sekali, kita bisa masuk ke perusahaan-perusahaan umum lainnya seperti telkomsel, indosat, lintasarta, sasaran utama kita airliness. Kita juga bisa masuk ke perusahaan-perusahaan peralatan, segala sesuatu yang berhubungan dnegan elektro, radio kita bisa masuk ke dalamnya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapan saya yang pertama usaha saya tambah gede, kedua mendapatkan pekerjaan yang mapan, yang ketiga menjadi pengusaha sukses.

Q&A

  • Daftar PPI Curug terus daftar matra darat bisa ga?

Kalo daftarnya sama-sama reguler pola pembibitan ga bisa, karena peraturan dr kemendagri hanya boleh memilih satu kedinasan. Tapi kalo pilihnya satunya pola pembibitan dan non pola pembibitan itu bisa.

  • Gimana caranya tidak insecure dan untuk meraih cita-cita kita

Satu yang penting untuk tidak insecure, jangan memikirkan perkataan orang lain. Kita perlu untuk menerima saran dari semua orang itu penting. Tapi jabgan sampai perkatanan sekian orang, satu orang menghambat kesukesesan kalian. Karena ga semua orang suka melihat kalian sukses. Insecure timbul dari intropeksi diri kita, nah ketika melakukan intropeksi lihat dari cakupan sebagian besar orangnya, kalo memang sebagian orang besar itu menjudje diri kalian dengan hal yang sama berarti memang ahrus yang di intropeksi, kalo cuma satu atau dua orang anggap itu angin lalu. Tapi kalo saya, jadikan judje nya orang sebagai titik kita untuk maju.  

  • Kalo masuk PTK ada TKB, itu isinya apa aja? Apa setiap PTK ada TKBnya?

TKB itu Tes kompetensi Bidang, kalo di kedinasan ga ada TKB. TKB itu khusus di CPNS. Tapi kalo aplikasi/implementasi TKB di kedinasan itu berupa tes fisikom, kesehatan, wawancara, TPA. 

  • Gimana cara menyikapi permasalahan pribadi dengan kita harus terlihat tegar di orang-orang sekitar?

Papah saya pernah menyampaikan bersikaplah seperti orang bodoh didepan orang banyak tapi tetap tegakan lah diri kamu ketika kamu merasa down, jagan sampai kalian mau kelihatan lemah karena itu akan terus dicaci maki dan diinjak oleh orang. Tegakan badanmu, terus berjalan tapi jangan angkat kepalamu. Orang akan empati ketika kita tegar bukan lemah, karena kita akan dilihat berusaha.

Kode konten: C298

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *